Pertukangan Bangunan

Bata Tempel, Sejarah, Manfaat dan Panduan Pemasangan

Apa Itu Bata Tempel? Bagimana Cara memilihnya?

Penggunaan bata tempel dalam konstruksi memiliki akar yang sangat dalam dalam sejarah manusia. Di berbagai belahan dunia, bukti penggunaan bata tempel telah ditemukan dalam reruntuhan kuno, menunjukkan betapa pentingnya bahan ini dalam perkembangan peradaban.

  1. Mesir Kuno: Orang Mesir Kuno menggunakan bata tempel untuk membangun piramida yang mengagumkan, seperti Piramida Giza. Bata tempel adalah salah satu bahan konstruksi utama dalam peradaban Mesir Kuno.
  2. Romawi Kuno: Romawi Kuno juga mengadopsi penggunaan bata tempel dalam arsitektur mereka. Mereka mengembangkan teknik pembuatan bata dan menggunakannya dalam berbagai struktur, termasuk aquaducts dan kolam renang.
  3. Cina Kuno: Sebagai salah satu bahan bangunan tertua di dunia, bata tempel telah digunakan di Cina selama ribuan tahun. Tembok Besar Cina, sebuah keajaiban dunia, sebagian besar terbuat dari bata tempel.
  4. India Kuno: Di India, bata tempel digunakan dalam arsitektur kuil Hindu dan bangunan bersejarah lainnya. Mereka juga memiliki peran penting dalam konstruksi Istana Amber di Rajasthan.

Jenis-Jenis Bata Tempel

 

  1. Bata Merah: Bata merah adalah jenis bata tempel yang paling umum. Mereka terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar dalam suhu tinggi. Bata merah memiliki warna merah khas dan umumnya digunakan dalam konstruksi bangunan tinggi, rumah, dan bangunan komersial.
  2. Bata Putih: Bata putih memiliki warna yang lebih cerah daripada bata merah, dan sering digunakan dalam konstruksi yang membutuhkan tampilan yang bersih dan estetis. Mereka sering digunakan dalam bangunan bersejarah dan kuil.
  3. Bata Refraktori: Bata refraktori dirancang khusus untuk tahan terhadap panas tinggi dan digunakan dalam konstruksi tungku, pemanas, dan kompor. Mereka sangat tahan terhadap suhu tinggi.
  4. Bata Permeabel: Bata permeabel adalah inovasi terbaru dalam dunia bata tempel. Mereka dirancang untuk mengizinkan air melewati material, yang membuatnya cocok untuk konstruksi yang membutuhkan drainase, seperti taman dan jalan setapak.
  5. Bata Gipsum: Bata gipsum adalah bata tempel yang terbuat dari campuran gipsum, air, dan agregat. Mereka biasanya digunakan dalam konstruksi dinding dalam sebagai alternatif untuk bata konvensional.
Baca Juga:  Harga Bata Tempel Tipe Natural, Motif dan Grade Super

Manfaat Bata Tempel

  1. Kekuatan dan Daya Tahan: Bata tempel memiliki kekuatan yang sangat baik dan tahan terhadap kerusakan. Mereka mampu bertahan selama bertahun-tahun dalam kondisi cuaca yang berat.
  2. Isolasi Termal: Bata tempel memiliki sifat isolasi termal yang baik, menjaga suhu dalam ruangan tetap nyaman. Mereka membantu mengurangi kebutuhan akan pendingin dan pemanas.
  3. Tahan Terhadap Api: Beberapa jenis bata tempel, seperti bata refraktori, tahan terhadap panas dan api. Mereka sering digunakan dalam konstruksi tungku dan perapian.
  4. Estetika: Bata tempel memiliki tampilan yang indah dan estetis. Mereka menambah sentuhan klasik dan tahan lama pada bangunan.
  5. Keselamatan Lingkungan: Bata tempel umumnya terbuat dari bahan alami seperti tanah liat, yang berarti mereka ramah lingkungan. Mereka juga dapat didaur ulang jika tidak digunakan lagi.
Baca Juga:  Konstruksi Sarang Laba-Laba, Kelemahan dan Kelebihannya

Panduan Penggunaan Bata Tempel

  1. Pemilihan Jenis Bata: Pilih jenis bata tempel yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda. Misalnya, bata refraktori harus digunakan untuk tungku dan perapian, sementara bata permeabel cocok untuk proyek yang memerlukan drainase.
  2. Pemotongan dan Pemasangan: Bata tempel dapat dipotong sesuai ukuran yang diperlukan dengan alat pemotong bata atau gergaji bata. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemotongan yang benar. Selain itu, pastikan bata dipasang dengan mortar yang kuat dan presisi.
  3. Perawatan: Bata tempel biasanya memerlukan sedikit perawatan. Namun, untuk menjaga tampilan dan kekuatan, Anda dapat membersihkannya secara berkala dan memeriksa apakah ada kerusakan.
  4. Perlindungan Cuaca Ekstrem: Jika bata akan terpapar secara langsung pada cuaca ekstrem, seperti hujan konstan atau cuaca beku, pertimbangkan untuk melindungi mereka dengan cat atau pelapis tahan air.
Baca Juga:  Dua Tipe Pondasi Konstruksi Bangunan dan fungsinya. Mana yang lebih efektif?

Bata tempel adalah salah satu elemen konstruksi yang paling bersejarah dan serbaguna. Dengan kekuatan, daya tahan, dan tampilan estetisnya, mereka terus digunakan dalam berbagai jenis proyek konstruksi, dari rumah tinggal hingga bangunan bersejarah. Dengan memahami jenis bata yang sesuai dan mengikuti panduan penggunaan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa konstruksi Anda akan berlangsung kuat dan tahan lama.

 

Harga Bata Tempel Terbaru

Harga Bata Tempel 2023-2024 Teracotta Natural

ProdukUkuranJenisHarga D/NVolumeHarga T/NVolume
REDI23 X 5,5 X 2 cmTK1130.00060 pcs140.00080 pcs
AMR23,5 x 7 x 2 cmTK2130.00060 pcs140.00070 pcs
DSN20 x 5 x 2 cmTK3140.00080 pcs150.000100 pcs
DSX21 x 8 x 1,5 cmTK4140.00070 pcs150.00090 pcs
GBE24 x 7 x 2,5 cmMFS150.00060 pcs160.00068 pcs

Harga Bata Tempel Putih Halus

ProdukUkuranJenisHarga D/NVolumeHarga T/NVolume
TK123 x 6 x 2 cmRMH160.00060 pcs190.00070 pcs

Harga Bata Tempel Teracotta Super

ProdukUkuranJenisHarga D/NVolumeHarga T/NVolume
Pasuper23,5 x 6 x 1,5 cmPSP145.00060 pcs185.00080 pcs

 

Harga Bata tempel

harga bata tempel 2023-2024 tersebut bisa jadi berbeda antar daerah. Semakin jauh akses pengiriman akan mempengaruhi harga jual.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami