Harga Jasa

Biaya Service TV LED, LCD, dan TV Tabung Berbagai Merek dan Tipe

Panduan Merawat TV Agar Awet dan Tahan Lama

Biaya Service TV LED, LCD, dan TV Tabung Berbagai Merek dan Tipe. Kerusakan TV bisa menjadi berkurangnya sarana hiburan keluarga. Saat ini telah hadir berbagai TV modern dengan menggunakan panel LED dan LCD. Komponennya terintegrasi dan makin canggih. Jika terjadi masalah dengan televisi dan Anda bukan profesional segera menghubungi jasa service terdekat.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada televisi adalah:

  • Gambar kabur.
  • Gambar hilang separo.
  • Mati total.
  • Suara Hilang.
  • Bergari-garis vertikal dan horisontal.

Sebagai sebuah estimasi berikut ini adalah perkiraan biaya service TV

Biaya Service TV

Biaya SERVICE TV
JasaHarga
Jasa Pengecekan*Rp 85.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
31 inch kebawahRp 200.000,-
32 inch – 41 inchRp 250.000,-
42 inch keatasRp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
31 inch kebawahRp 150.000,-
32 inch ke atasRp 200.000,-
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Rincian Layanan dan Biaya Service TV

Berikut rincian layanan service TV  yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Jasa Pengecekan

Pengecekan TV dilakukan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada sebuah TV. Ada berbagai macam jenis kerusakan pada TV. Mulai dari TV yang dinyalakan kemudian mati sendiri, tidak ada raster, gambar tidak penuh, hingga gambar yang menyusut ke arah kanan atau kiri.

Setiap jenis kerusakan memiliki cara pengecekan yang berbeda-beda. Apabila regulator TV tidak berfungsi, pengecekan dilakukan pada bagian tegangan optocoupler. Sementara kontras yang tidak berfungsi serta munculnya garis vertikal membutuhkan pengecekan pada bagian resistor ABL.

Jika rasternya tidak terkontrol, bagian yang harus dicek ialah regulator TV.  TV yang tidak ada suaranya perlu di cek pada bagian L021 (SIF 6,0 Mhz). Untuk TV yang mati total, bagian yang harus diperiksa ialah power supply. Bagian ini berfungsi mengalurkan arus voltase ke berbagai tempat. Misalnya seperti voltase horizontal, voltasi vertikal, voltase driver, serta voltase audio.

Baca Juga:  Harga Jasa Finishing Melamine Pintu, Kusen, Jendela 2019

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Jasa Service TV LCD & LED

Terdapat berbagai jenis kerusakan yang dapat terjadi pada TV LCD dan LED. Misalnya seperti blank putih pada layar, garis-garis putih pada layar, serta suara gambar yang hilang. Setiap jenis kerusakan memiliki penanganan yang berbeda-beda.

Untuk TV LCD dan LED yang layarnya blank berwarna putih, perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian kapasitor elektrolit PSU dan jalur koneksi PSU. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan pada bagian sekering pico yang terdapat pada bagian controller.

Jika sekering menunjukkan nilai ohm yang tinggi, maka perlu dilakukan penggantian. Kemudian, akan dilakukan juga pengecekan pada kabel NVDS yang menghubungkan mainboard ke papan controller. Setelah itu, akan dilihat juga bagian patrian timah, resset kabel ribon, serta komponen lain yang berhubungan dengan papan controller.

Garis-garis pelangi yang muncul pada TV LCD dan LED dikenal dengan istilah rainbow screen. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pemeriksana terhadap kabel LVDS dari mainboard ke controller. Hal ini bertujuan untuk mengecek apabila ada kabel yang longgar. Selain itu, dilakukan juga pengaturan ulang FPCB dari controller board ke driver board. Sambungan solder pada konektor kabel ke board juga perlu diperiksa.

Apabila tidak muncul suara dan gambar pada TV LCD dan LED, teknisi harus mengecek bagian tegangan konektor yang menghubungkan board digital kontrol dengan board power supply. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat masalah pada bagian sirkit inventer. Apabila sirkit inventer mengalami gangguan, bagian ini harus dilumpuhkan.

Baca Juga:  Biaya Service Water Heater (Pemanas Air) Berbagai Tipe

Jasa Service TV Tabung

Sama seperti TV LCD dan LED, TV tabung juga dapat mengalami berbagai macam kerusakan. Namun, penanganannya tentu berbeda dengan TV LCD dan LED. Contoh kerusakan pada TV tabung ialah perubahan warna pada layar, susah dinyalakan dan dimatikan,  serta TV dan monitor yang mati total.

Layar pada TV terkadang dapat berubah-ubah menjadi warna kuning, ungu, serta warna lainnya. Kerusakan ini disebabkan oleh timah solderan yang longgar ataupun rusak. Selain itu, kerusakan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada bagian transistor.

TV yang susah dinyalakan serta susah dimatikan biasanya disebabkan oleh lemahnya daya untuk B+ travo osilator horizontal. Travo ini menyuplai tegangan pada bagian transistor horizontal. Untuk memperbaikinya, elco yang menyuplai ositator horizontal perlu diganti.

TV dan monitor yang mati total memerlukan pengecekan pada bagian sekering. Biasanya, TV yang mati total diakibatkan oleh sekering yang putus. Selain sekering, perlu dilakukan pengecekan pada seluruh komponen di bagian power regulator.

 

Panduan Merawat TV Agar Awet

Diperlukan pengetahuan agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih banyak, bahkan beberapa kasus ada yang biaya reparasinya hampir setara dengan harga pembelian. Jika sudah begitu, lebih baik membeli produk baru daripada Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui cara merawat televisi agar lebih awet. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat televisi agar awet, yaitu.

Letakkan TV pada Posisi yang Tepat

Pahami tata cara peletakan yang benar, seperti tidak diletakkan di lokasi yang mudah terkena debu. Sebab debu bisa menutupi lubang sirkulasi udara pada TV dan berakibat suhu TV lebih panas. Sebaiknya dipasang di dinding saja, dengan memakai wall bracket, karena akan lebih aman dibandingkan Anda menaruhnya di meja.

Baca Juga:  Biaya Instalasi Listrik Borongan Non Material dan Beserta Material

Ukuran LED TV yang tipis dan ringan dikhawatirkan akan jatuh saat terdorong. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan jarak antara dinding belakang dengan TV kurang lebih sekitar 10 cm. Tindakan sederhana ini bermanfaat, karena dapat mencegah TV cepat panas.

Jauhkan dari sinar matahari secara langsung. Jauhkan TV dari barang-barang elektronik yang memiliki medan magmetik tinggi, seperti speaker aktif. Sebab alat yang memiliki medan magnet dapat menimbulkan distorsi pada kualitas gambar.

Bersihkan TV dengan Benar

Jika terlihat debu atau kotoran yang menempel maka bersihkanlah. Jangan tunggu sampai berdebu baru dibersihkan. Saat proses pembersihan LED TV tidak boleh menggunakan cairan yang mengandung alkohol, Anda dapat memakai cleaning kit atau cairan pembersih kacamata, kemudian lap dengan kain flannel, magic cloth atau kain kanebo.

Perhatikan suhu di dalam ruangan, jika terlalu panas sebaiknya segera nyalakan AC agar TV Anda tidak overheat. Pakai stavolt. Hal ini tidak hanya digunakan untuk TV saja, tapi semua barang elektronik. Saat peralatan elektronik dinyalakan bersama, akan ada perebutan listrik dan membuat listrik yang masuk ke sebuah barang elektronik tidak selalu dalam jumlah sama. Seiring waktu, hal ini akan berpengaruh pada kondisi TV.

Jika terjadi masalah pada TV Anda, jangan pernah membongkarnya sendiri, sebaiknya segera panggil tukang servis atau membawanya ke dealer resmi untuk membetulkannya.

Matikan TV saat Tidak Ditonton

Sebab hal ini dapat memperpanjang umur TV karena semakin sering digunakan, maka tampilan gambar akan meredup akibat lampu yang sudah tua.

 

 

Kata Kunci:

biaya service tv,jasa servis tv tabung th 2019

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker