Kelistrikan dan Elektrik

Cara Tes Kapasitas Baterai Lithium 18650 dengan Akurat

Cara Akurat Menguji kapasitas baterai

Cara Tes Kapasitas Baterai Lithium 18650 dengan Akurat. Banyak sekali baterai lithium ion yang beredar dipasaran dengan spesifikasi yang fantastis. bahkan ada yang mengklaim sampai 10.000 mah. Bisa dipastikan klaim tersebut sangat jauh dari kenyataan. Sebagai contoh berbagai merek berkualitas seperti LG (yang menyupply baterai untuk mobil tesla) maupun Panasonic rata-rata memproduksi dengan kapasitas 2200-3000 mah.

Cara Tes Kapasitas Baterai memang bukan hal yang mudah karena harus ada proses Charge (pengisian daya) lalu di Discharge (Pengurasan Daya) sehingga diketahui kapasitas riil baterai yang diuji.

Banyak peralatan yang beredar dipasaran baik berupa modul maupun yang berbentuk Charger. Biasanya kita mengetest baterai hanya dengan melihat voltasenya melalui multimeter, namun ini tidak menjamin kapasitas baterai sebab multimeter hanya mengukur tegangan saja. Bisa saja ketika di uji voltase diatas 3,7 volt namun kapastas baterai sudah sangat drop dibawah 500 mah.

Baca Juga:  Lampu Led COB atau HPL (High Power Led), Panduan untuk Pemula

 

Cara Tes kapasitas Baterai dengan Liitokala Lii 500 Engineer

Salah satu alat ukur yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk uji kapasitas baterai adalah Charger Liitokala Lii 500. Liitokala sudah mempunyai reputasi tinggi sebagai alat charger dan discharger. Ada berbagai varian dan jenis, namun yang bisa digunakan untuk menguji baterai adalah seri Liitokala Lii-500 atau engiiner series.

alat tes kapasitas baterai

 

Liitokala Li-500 mempunyai 4 slot baterai namun tiap slot bekerja secara independen dan simultan. Setiap slot bisa di cek meskipun dalam posisi sedang charge maupun pada posisi tes baterai. Ini adalah fitur yang sangat menarik.

Cara tes kapasitas baterai bisa dilakukan dengan dua metode jika kita menggunakan Liitokala.

Metode Fast Test Liitokala Li-500

Metode ini menampilkan pengujian cepat kapasitas baterai. Yaitu:

  • Masukkan Baterai pada slot maka akan terlihat fungsi charging di layar.
  • Tekan tombol mode agak lama sampai layar berkedip
  • Tekan tombol mode lagi dan pilihlah fast test
  • Saat layar masih berkedip tekan current (pilih antara 300-1000 ma) semakin kecil current akan semakin lama pengujian namun hasil lebih akurat.
  • Biarkan 8 detik layar tampilan akan stabil dan memperlihatkan proses pengujian kapasitas baterai.
  • metode pengujian fast test adalah baterai akan dikuras habis kemudian di charge sampai penuh lalu akan ditampilkan hasil kapasitas baterai.
Baca Juga:  Baterai Listrik Tenaga Surya untuk Rumah Tangga? Perhatikan Ulasan Ini

 

Metode Nor Test Liitokala Lii-500

Metode pengujian kapasitas baterai ini dianggap paling akurat namun membutuhkan waktu paling lama. Sebab baterai akan di cas dulu sampai full, Kemudian Dikuras samapai habis, lalu di cas lagi sampai penuh, baru kemudian ditampilkan kapasitas baterai. Berikut ini langkahnya:

  • Masukkan Baterai pada slot maka akan terlihat fungsi charging di layar.
  • Tekan tombol mode agak lama sampai layar berkedip
  • Tekan tombol mode lagi dan pilihlah Nor test
  • Saat layar masih berkedip tekan current (pilih antara 300-1000 ma) semakin kecil current akan semakin lama pengujian namun hasil lebih akurat.
  • Biarkan 8 detik layar tampilan akan stabil dan memperlihatkan proses pengujian kapasitas baterai.
  • metode pengujian Nor test adalah baterai akan Di cas lalu dikuras habis kemudian di charge sampai penuh lalu akan ditampilkan hasil kapasitas baterai.
Baca Juga:  Panduan Membeli Panel Surya yang Murah dan Berkualitas untuk Rumah

Dengan sistem seperti itu akan diketahui dengan pasti kapasitas baterai. Biasanya tiap pengujian memakan waktu hingga 8 Jam. Tergantung Current Ampere yang dipilih. Nah…jangan mudah tergiur dengan baterai murah tapi berkapasitas besar, jangan sampai membeli baterai abal-abal Guys!.

Kata Kunci:

cara menggunakan fast discharge tool,test kapasitas baterai 18650 berapa lama

Komentar

comments

Tags
alat tes baterai akurat cara menggunakan liitokala lii500 cara tes ampere baterai lithium cara tes kapasitas baterai cara tes kapasitas baterai dengan akurat tes baterai dengan liitokala tes mah baterai

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker