Teknologi dan Inovasi

Drone untuk Proyek Konstruksi, Manfaat dan Fungsinya

Drone untuk Proyek Konstruksi, Manfaat dan Fungsinya. Drone, atau kendaraan udara tak berawak (UAV), bertindak sebagai mata di langit yang menyediakan video dan foto yang memukau untuk penggemar; dalam industri konstruksi, gambar dan rekaman dapat digunakan untuk menyediakan data vital yang dapat dirujuk selama proyek berlangsung. Drone menawarkan banyak keuntungan, termasuk menangkap gambar real-time di lapangan, dan dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi dan keselamatan di seluruh lokasi konstruksi.

Drone untuk Proyek Konstruksi: Survei dan inspeksi

Drone telah mengubah cara surveiĀ  pada proyek konstruksi dan dengan cepat mengganti metode pengawasan lahan tradisional. Sebelum sebuah proyek dimulai, sebuah gambaran terperinci tentang tanah harus diperoleh, dan sebuah drone dapat melakukan ini lebih cepat dan akurat daripada manusia.

Drone diisi dengan berbagai sensor untuk mengumpulkan data dan dapat membantu mengotomatiskan seluruh alur kerja bidang-ke-rencana, sehingga menghilangkan kesalahan manusia. Data penerbangan dapat digunakan untuk melakukan pengukuran dan menghasilkan survei dan peta kontur yang akurat berdasarkan data cloud titik resolusi tinggi yang dikumpulkan dari tempat tinggi.

Kumpulan data ini dapat membantu menghidupkan proyek, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cerdas dengan menggabungkan data dengan membangun model informasi, dan meningkatkan organisasi sepanjang masa proyek.

Baca Juga:  Sektor Konstruksi Belum Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0?

Drone juga dapat digunakan untuk inspeksi pemeliharaan struktur besar seperti atap, jembatan dan menara. Inspeksi semacam itu bisa mahal, memerlukan pengaturan akses yang harus dibuat dan personel bekerja sangat tinggi; drone dapat menghilangkan masalah ini dan merupakan cara yang lebih cepat dan lebih mudah untuk memeriksa struktur, memberikan rekaman definisi tinggi untuk insinyur / surveyor di lapangan.

 

Drone untuk Proyek Konstruksi: Pemantauan

Pemantauan mingguan atau bulanan merupakan bagian penting dari proyek konstruksi – para pemangku kepentingan ingin melihat kemajuan apa yang sedang dibuat – daripada mengirim seseorang di sekitar lokasi setiap minggu untuk mengambil gambar, drone dapat digunakan.

Penerbangan reguler di sekitar lokasi konstruksi menawarkan cara cepat dan efisien untuk merekam dan memvisualisasikan kemajuan dalam video HD dan foto udara. Selain itu, inspeksi dapat mencakup area yang lebih luas lebih banyak sumber daya, dan dapat dilakukan lebih cepat dan lebih sering dengan drone.

Baca Juga:  Building Information Modeling (BIM), Pengertian dan Fungsinya

Drone menawarkan pemantauan sepanjang waktu, dan pengamatan rutin semacam itu juga dapat membantu meningkatkan perencanaan situs dengan memberikan snapshot real-time dari situs pada saat itu; lokasi kendaraan yang bergerak dan derek dapat ditunjukkan, serta melihat area risiko potensial di seluruh situs secara keseluruhan.

Mereka juga dapat digunakan untuk mencari bintik-bintik dingin di dalam gedung, atau bintik-bintik panas di sekitar keluaran listrik menggunakan kamera pencitraan termal; informasi ini dapat memberikan informasi penting kepada insinyur dan surveyor ketika mencoba mengidentifikasi dan memperbaiki cacat.

 

Drone untuk Proyek Konstruksi: Kesehatan dan keselamatan

Lokasi proyek adalah tempat sibuk dan berbahaya dan setiap operasi tempat proyek. DroneĀ  untuk memvisualisasikan risiko potensial – kendaraan yang bergerak, crane, area penggalian aktif – secara real time, streaming rekaman dalam pandangan orang pertama (FPV). Ini memberi gambaran spesifik lokasi dengan risiko yang relevan dengan lokasi itu, dan mudah-mudahan mengurangi risiko kecelakaan dan cedera di setiap lokasi individu.

Drone memiliki potensi untuk menghilangkan berbagai bahaya dan bahaya keselamatan sambil meningkatkan keselamatan di tempat kerja. Misalnya, mereka dapat meningkatkan kesehatan dan keselamatan di lokasi dengan merekam rekaman atau mengambil gambar di tempat-tempat yang sulit dijangkau dan area berisiko tinggi dari area aman di lokasi tanpa menempatkan karyawan apa pun dalam risiko.

Setelah proyek selesai, drone juga dapat digunakan dalam membangun survei, mengakses atap misalnya, yang bisa sulit untuk sampai dan membutuhkan perancah, pemetik ceri atau tangga yang keduanya mahal dan memakan waktu. Menggunakan drone tidak hanya menghemat waktu dan uang, tetapi mengurangi risiko kesehatan dan keselamatan yang terlibat dengan kegiatan tersebut. Drone untuk proyek konstruksi akan terus mengalamai eskalasi penggunaan mengingat manfaatnya luar biasa.

Kata Kunci:

manfaat drone dalam bidang konstruksi,proyek konstruksi

Baca Juga:  Manfaat Drone untuk Instalasi Listrik Tenaga Surya dan Turbin Angin

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker