Farm & GardenInterior

Elemen Dasar Aquascape dan Pertimbangan Membuat Aquascape

Bagian-Bagian Aquascape yang Harus Kita Tahu

Elemen Dasar Aquascape dan Pertimbangan Membuat Aquascape. Seperti yang kami sebutkan, dalam aquascape, imajinasi dan kreativitas sama pentingnya dengan proporsi, keanekaragaman, dan penerapan prinsip-prinsip ilmiah. Tentu saja, seperti dalam lansekap taman, aquascape didasarkan pada beberapa elemen dasar – pencahayaan, filter, karbon dioksida, bahan hardscape, dll.

 

Elemen Dasar Aquascape: Aquarium

Elemen pertama dari aquascaping adalah wadah (akuarium) dan ukuran serta kedalamannya harus dipertimbangkan dengan cermat. Ide khusus untuk desain aquascape akan menentukan ukuran akuarium. Para ahli menyarankan agar pemula harus memulai dengan ukuran yang lebih kecil dan mempraktekkan desain yang berbeda, kombinasi dan penempatan elemen dan mengingat bahwa setiap proyek memerlukan investasi dalam elemen substrat dan dekoratif.

Selain itu, wadah yang lebih kecil lebih mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dan tidak memerlukan konstruksi pendukung khusus. Masalah utama akuarium kecil adalah ketidakstabilan ekosistem karena jumlah air yang kecil dan kemungkinan pengaruh eksternal. Kedalaman sangat penting ketika Anda ingin bereksperimen dan mempelajari teknik-teknik menciptakan ilusi visual dengan bantuan cahaya, bayangan, dan detail. Akuarium yang lebih dalam akan memungkinkan Anda untuk menciptakan perspektif dengan menggunakan berbagai teknik untuk memanipulasi persepsi visual.

Baca Juga:  Harga Tabung CO2 Aquascape Berbagai Merek & Ukuran 2021

 

Elemen Dasar Aquascape: Lampu dan Pencahayaan

Pencahayaan adalah elemen dasar dan sangat penting dari peralatan aquascape lainnya. Ini memiliki efek besar pada pertumbuhan tanaman dan sering dianggap sebagai “jantung akuarium”. Sebagai contoh, tanaman qicker di akuarium tumbuh, semakin besar konsumsi karbon dioksida dan nutrisi dan proses ini dapat dikendalikan oleh cahaya. Jenis pencahayaan apa yang digunakan – ini adalah pertanyaan paling umum yang ditanyakan oleh pemula.

Lampu LED Aquascape

Saat ini, lampu LED semakin populer karena menawarkan banyak keuntungan – konsumsi daya yang lebih sedikit, intensitas cahaya yang besar, ukuran kecil, daya tahan, dll. Para ahli menyarankan bahwa pilihan pencahayaan akuarium terbaik adalah pencahayaan yang ditangguhkan dengan ketinggian yang dapat disesuaikan yang memberikan peluang untuk mengatur kekuatan cahaya. Mereka yang baru memulai proyek aquascaping pertama mereka harus mulai dengan cahaya yang lebih lemah dan menggunakan spesies tanaman bersahaja dan bersabar sampai Anda melihat hasil pekerjaan Anda.

 

Karbon Dioksida (CO2)

Karbon dioksida adalah komponen aquascaping berikutnya yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Tidak ada tanaman yang tumbuh tanpa karbon dioksida dan jika Anda ingin mengembangkan keterampilan Anda dan Anda tertarik pada aquascaping, Anda perlu membeli sistem CO2 yang baik.

Baca Juga:  Konsep Vertical Garden, Ini Pengertian dan Cara Membuatnya

Sistem ini bisa sangat mahal tetapi mereka akan memungkinkan tanaman untuk tumbuh secara maksimal dan mengingat bahwa ini adalah investasi satu kali, disarankan agar Anda tidak mengabaikan komponen ini. Selain itu, sistem ini dapat digunakan di akuarium yang berbeda dan akan melayani Anda selama bertahun-tahun. Salah satu alasan utama alga dalam akuarium adalah kurangnya karbon dioksida yang dibutuhkan untuk sistem yang seimbang dan stabil.

 

Filtrasi

Filtrasi adalah elemen lain yang sangat penting untuk keberhasilan aquascape. Tujuan utama penyaringan adalah untuk menghilangkan sisa makanan, gulma ikan, bahan kimia dan bahan organik yang terurai. Ada berbagai metode untuk penyaringan air – mekanis, biologis dan kimia dan biasanya, pasar menawarkan sistem yang menggabungkan dua (atau tiga) metode.

 

Substrat, Pupuk, dan Bahan Hardscape

Substrat adalah lapisan dasar aquascape dan karena tanaman perlu diberi makan melalui akar dan juga melalui daun, dasar organik adalah yang paling penting. Jenis substrat yang tepat akan tergantung pada jenis tanaman yang ingin Anda tanam di akuarium – tanaman yang tumbuh rendah atau tumbuh tinggi – dan dasar yang tepat akan memastikan bahwa tanaman Anda akan berkembang dengan cara yang benar dan akan memiliki warna yang cerah.

Pupuk tanaman Aquascape

Pupuk adalah vitamin dan mineral yang membantu organisme air menjadi sehat. Tergantung pada sistem cahaya dan CO2 di akuarium ada dua jenis pupuk yang meningkatkan kesehatan: unsur makro dan unsur mikro. Kedua jenis harus diberi dosis dengan hati-hati untuk menciptakan lingkungan yang cocok.

Bahan Hardscape – kayu, batu, kerikil – adalah elemen dasar dari desain dan tata letak yang memberikan tampilan unik akuarium. Ketika diatur dengan cara asli mereka membuat aquascape lebih menarik dan menarik.

Kata Kunci:

konstruksi bangunan aquascape,material aquascape

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker