Energi HijauKelistrikan dan Elektrik

Empat Jenis Sistem Daya Panel Surya untuk Rumah Tangga

Empat jenis sistem daya panel surya untuk rumah tangga. Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan daya panel surya tentu lebih mudah untuk memilih sistem mana yang sesuai untuk kebutuhan energi listrik perhari.

Setiap sistim panel surya berbeda-beda dalam jumlah panel yang dibutuhkan, tentunya semakin besar energi listrik yang dibutuhkan semakin banyak pula panel surya yang harus dipasang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Empat jenis sistem daya berikut dapat dijadikan panduan untuk mengetahui sistim daya mana yang dibutuhkan oleh rumah tangga. Tiap rumah tangga tentu berbeda-beda kebutuhannya sehingga penting untuk mengetahui sistim daya ini.

Sistem Daya (kW) Rata-rata energi yang dihasilkan (kWh) Perkiraan jumlah panel yang dibutuhkan
3kW 4200 12 Panel Surya
5kW 7000 20 Panel Surya
7kW 9000 28 Panel Surya
10kW 14000 40 Panel Surya
Baca Juga:  Perbedaan Arus AC dan DC dalam Penggunaan Listrik Sehari-hari

Perlu diingat bahwa jumlah daya yang dapat dihasilkan oleh panel surya tergantung pada seberapa banyak sinar matahari yang diterima. Perhitungan diatas mengasumsikan bahwa atap dan pemasangan panel surya menghadap ke arah matahari, yaitu atap menghadap ke timur dan barat sehingga dapat menangkap sinar matahari sepanjang hari sampai matahari terbenam.

Empat Jenis Sistem Daya Panel Surya untuk Rumah Tangga 02

Apakah atap rumah mampu menampung minimal 12 panel surya?, disini perlu dijelaskan bahwa panel surya mempunyai beberapa tipe tergantung material yang dipakai oleh panel surya tersebut seperti monokristalin yang mempunyai efektifitas tinggi dibanding polykristalin.

Maka untuk menyiasati keterbatasan ruang dapat dipilih panel surya yang mempunyai efektifitas tinggi dalam menghasilkan energi listrik.

Baca Juga:  Panduan memilih sistem panel surya untuk hemat listrik

Monokristalin dapat menjadi pilihan utama, hal tersebut dikarenakan ukuran panel monokristalin meski lebih kecil dari panel surya polikristalin namun efektifitasnya jauh lebih tinggi.

Cara terakhir untuk memilih jenis sistem daya panel surya adalah dengan membiasakan untuk menghitung berapa kebutuhan listrik per masing-masing alat rumah tangga yang menggunakan listrik, seperti: lampu penerangan, televisi, Kulkas, AC ruangan, computer, kompor listrik, dan semua alat yang membutuhkan listrik serta sering digunakan sehari-hari.

Komentar

comments

Tags
cara memilih sistem panel surya harga panel surya sistem daya panel surya

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker