Harga Bahan Bangunan

Harga Bondek dan Floordeck 2020, Bekisting Unggul Hemat Waktu

Harga Bondek 2020 Berbagai Ukuran dan Tipe

Harga Bondek dan Floordeck 2020, Solusi Bekisting Unggul Hemat Waktu. Bondek adalah bahan galvanis yang dibentuk menyerupai “seng gelombang” tapi bukan sebagai fungsi material penutup atap seng. Bondek adalah material pelapis bawah cor lantai beton sebagai penganti bekisting kayu (triplek) karena itu biasa disebut juga floordeck.

Bondek juga sekaligus di desain untuk mengkonversi penggunaan besaran diameter besi dan mengkonversi ketebalan cor beton. Sistem tekuk (gelombang plat) di desain sekaligus membantu kekuatan struktur beton cor plat lantai.

Bentuknya ialah berupa lembaran baja ringan yang telah diterima secara luas oleh industri bangunan dan konstruksi untuk menawarkan efisiensi waktu, biaya dan kecepatan konstruksi.

Baik spandek dan bondek sama-sama penting. Meskipun digunakan dalam aplikasi yang berbeda. Dalam hal ini, bondek lebih banyak digunakan sebagai bekisting permanen dengan penyangga minimal.

 

Keunggulan Bondek dan Floordeck

  • Plat bondek jika digunakan sebagai pengganti bekisting maka jika cor beton lantai sudah kering (usia kering beton 28 hari) tidak perlu dilepas karena sudah menjadi satu sebagai unsur kekuatan struktur.
  • Jika menggunakan bekisting kayu (triplek) maka akan membutuhkan tiang-tiang dan balok penyangga (perancah/steger) yang banyak, dengan bondek akan mengurangi hal tersebut.
  • Hasil cor beton akan lebih rapi dan tidak terjadi cor beton keropos akibat dari bekisting bocor.
  • Mengurangi jumlah waktu kerja tenaga dalam pemasangan bondek dibanding bekisting kayu (triplek) dengan kata lain lebih efisien dan ekonomis.
  • Berkurangnya volume cor beton kurang lebih 15% sampai dengan 25%.
  • Berkurangnya jumlah diameter besi tulangan cor beton karena sebagian dikonversi dengan pemakain plat bondek.
  • Sebagian bangunan yang menggunakan aplikasi bondek maka langit-langit kadang tidak ditutup plafon, dibiarkan terekspos, hanya di finishing cat karena plat galvanis bondek tidak berkarat.
  • Akan lebih cepat waktu lagi jika besi cor beton batangan (konvensional) diganti dengan besi “wire mesh”.
  • Bondek dapat digunakan dengan 2 (dua) cara, yaitu sistem balok lantai di cor terlebih dahulu lalu bondek numpang diatasnya lalu lantai di cor, atau cara lain yaitu balok lantai di cor secara bersamaan dengan plat lantai.
  • Bangunan dengan konstruksi baja akan sangat pas jika menggunakan aplikasi bondek, cepat dan hasil lebih rapi, dan langsung dapat di finishing cat dinding dibawahnya.
Baca Juga:  Harga Semen Dynamix Berbagai Ukuran dan Kemasan

 

Harga Bondek dan Floordeck 2020

Bondek Galvalum menjadi pilihan favorit para kontraktor bangunan dikarenakan bondek ini sangat kuat. Dimana bahan yang digunakan untuk pembuatan bondek galvalum adalah 55% aluminium dan 45% seng. Bondek galvalum anti karat sehingga tidak heran jika harga bondek cor Galvalum lebih mahal dari harga bondek Galvanis. Berikut ini Harga Bondek Galvalum.

Ukuran Bondek GalvalumHarga Bondek Galvalum

Bondek Galvalum 0.75Rp. 112.000,-
Bondek Galvalum 0.70Rp. 105.000,-
Bondek 0.65Rp. 94.000,-

Bondek cor galvanis terbuat dari material seng dan aluminium. Dimana komposisinya adalah 98% aluminium dan 5% seng. Biasanya bondek galvanis ini digunakan untuk ruang bertingkat. Harga Bondek Galvanis lebih murah dibandingkan dengan harga bondek galvalum.

Baca Juga:  Harga Plat Aluminium 2020 Lembaran Berbagai Ukuran Terbaru
Ukuran Bondek GalvanisHarga Bondek Galvanis
Bondek Galvanis 0.75Rp. 110.000,-
Bondek Galvanis 0.70Rp. 100.000,-

 

Kelemahan Bondek dan Floordeck

  • Plat bondek tidak mudah dipotong karena itu ketika akan diaplikasikan dilapangan sebaiknya di ukur dengan tepat kebutuhannya tiap panjangnya, kemudian kita beli sudah dalam keadaan sudah terpotong dan siap pakai saja.
  • Bondek dalam pemasangannya membutuhkan alat bantu “las listrik” untuk menyambungkan antar masing-masing bondek agar terjadi saling tarik menarik.
  • Pemasang bondek dibutuhkan pekerja tukang yang telah berpengalaman memasangnya, tidak semua tukang bangunan mampu.
  • Tidak cocok diaplikasikan pada plat lantai cor beton untuk area tepi (plat yang tidak ditopang balok) seperti; plat kantilever dan plat kanopi.
  • Plat bondek tidak dapat disambung oleh karena itu akhir (potongan) tepi plat galvanis bondek harus duduk tepat diatas balok lantai.
Baca Juga:  Harga Kayu Meranti Reng, Usuk, dan Balok untuk Bangunan

Kata Kunci:

bondek lebih murah,bondek terbuat dari bahan gavalum atau seng,harga borong pasang floordeck bahan,ngecor pake seng

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker