Harga Bahan Bangunan

Harga Cetakan Paving Manual Semua Tipe dan Ukuran

Harga Cetakan paving 2024 Termurah dan Terbaik

Paving adalah salah satu elemen penting dalam desain lanskap modern yang memberikan manfaat estetika dan fungsionalitas. Ketika berbicara tentang paving, salah satu aspek kunci yang sering diabaikan adalah cetakan paving. Cetakan paving adalah alat yang digunakan untuk menciptakan berbagai desain dan pola di permukaan lantai berbatu.

Kami akan membahas berbagai jenis cetakan paving, teknik pemasangan, keunggulan, serta berbagai proyek inspiratif yang telah mengambil keuntungan dari inovasi dalam cetakan paving.

Sejarah Cetakan Paving

Sejarah cetakan paving berakar pada penggunaan batu dalam konstruksi, yang dapat ditelusuri kembali hingga zaman Mesir kuno. Pada masa itu, batu digunakan sebagai bahan bangunan utama dan diatur dengan tangan untuk membentuk jalan, pelataran, dan ruang publik. Namun, cetakan paving modern yang kita kenal sekarang ini belum ada pada saat itu.

Pada abad pertengahan, teknik cetakan paving sederhana mulai digunakan di Eropa. Ini melibatkan penggunaan kayu, logam, atau bahan lain yang digunakan untuk membentuk batu atau bata agar sesuai dengan pola tertentu. Meskipun teknik ini masih sangat primitif, itu menjadi langkah awal menuju penggunaan cetakan paving yang lebih canggih yang kita lihat hari ini.

Pada abad ke-19, industri konstruksi berkembang pesat, dan kebutuhan akan metode konstruksi yang efisien dan estetis semakin meningkat. Inilah saatnya cetakan paving mulai mengalami revolusi. Inovasi dalam teknologi dan material memungkinkan pengembangan cetakan paving yang lebih canggih, dan mereka mulai digunakan secara luas dalam proyek-proyek konstruksi. Pola dan desain cetakan paving menjadi semakin beragam, memungkinkan para arsitek dan perancang lanskap untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih baik.

Jenis-jenis Cetakan Paving

Ada banyak jenis cetakan paving yang digunakan dalam industri konstruksi modern. Berikut adalah beberapa jenis cetakan paving yang paling umum:

  1. Cetakan Beton:
    • Cetakan beton adalah yang paling umum digunakan dalam konstruksi paving.
    • Mereka tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk cetakan segi empat, segi enam, lingkaran, dan banyak lagi.
    • Cetakan beton dapat memberikan berbagai tekstur dan pola sesuai dengan preferensi desainer.
  2. Cetakan Karet:
    • Cetakan karet sering digunakan untuk membuat cetakan paving berpola alami, seperti batu alam atau kayu.
    • Mereka fleksibel dan memungkinkan penciptaan cetakan dengan detail tinggi.
  3. Cetakan Plastik:
    • Cetakan plastik adalah yang paling terjangkau dan ringan.
    • Mereka umumnya digunakan untuk membuat cetakan paving yang lebih sederhana dan pola dasar.
  4. Cetakan Kayu:
    • Meskipun sekarang jarang digunakan dalam konstruksi modern, cetakan kayu masih digunakan dalam proyek-restorasi untuk menciptakan efek estetika tertentu.
  5. Cetakan Logam:
    • Cetakan logam digunakan untuk menciptakan cetakan paving dengan detail tinggi dan kekuatan yang lebih besar.
    • Mereka sering digunakan dalam proyek-proyek yang memerlukan tahan lama dan tahan lama.
Baca Juga:  Harga Plitur Kayu Solvent Based dan Water Based Lengkap

Teknik Pemasangan Cetakan Paving

Proses pemasangan cetakan paving melibatkan beberapa tahap, dan ini adalah kunci untuk menciptakan lantai berbatu yang kokoh dan indah. Beberapa tahapan utama dalam pemasangan cetakan paving adalah:

  1. Persiapan Permukaan:
    • Tahap awal adalah mempersiapkan permukaan di mana paving akan dipasang. Ini melibatkan penggalian dan persiapan permukaan tanah, serta pengaturan kerikil atau pasir untuk memberikan dasar yang stabil.
  2. Pemasangan Cetakan Paving:
    • Setelah permukaan dipersiapkan, cetakan paving ditempatkan secara hati-hati di atasnya. Cetakan tersebut biasanya dilapisi dengan pelumas atau bahan pemisah agar tidak menempel pada beton atau bahan paving yang akan digunakan.
  3. Pengecoran Beton atau Bahan Paving:
    • Beton atau bahan paving dicor di dalam cetakan. Pastikan bahan tersebut merata dan dipadatkan dengan baik untuk menghindari gelembung udara atau celah.
  4. Penghilangan Cetakan:
    • Setelah bahan paving mengeras, cetakan paving diangkat dengan hati-hati untuk mengungkapkan pola yang diinginkan.
  5. Penyelesaian dan Perawatan:
    • Setelah penghilangan cetakan, permukaan paving mungkin perlu dilapisi dengan segel atau pelindung untuk menjaga keindahan dan ketahanan lantai berbatu.

Keunggulan Cetakan Paving

Cetakan paving memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam konstruksi lanskap. Beberapa keunggulan ini meliputi:

  1. Kreativitas Desain:
    • Cetakan paving memungkinkan desainer untuk menciptakan berbagai pola dan desain yang kreatif. Hal ini memungkinkan penggunaan paving sebagai elemen estetika dalam lanskap.
  2. Ketahanan dan Kekuatan:
    • Cetakan paving dapat menciptakan permukaan lantai yang sangat tahan lama dan tahan terhadap beban berat, sehingga ideal untuk lalu lintas kendaraan atau pejalan kaki.
  3. Perawatan yang Mudah:
    • Paving yang dibuat dengan cetakan paving umumnya mudah dirawat. Mereka tahan terhadap noda dan kerusakan, dan jika ada kerusakan, penggantian hanya memerlukan penggantian unit yang rusak.
  4. Pilihan Material yang Luas:
    • Cetakan paving dapat digunakan dengan berbagai jenis material, termasuk beton, batu alam, bata, dan banyak lagi, memberikan fleksibilitas dalam desain.
  5. Efisiensi Biaya:
    • Proses pemasangan cetakan paving umumnya lebih efisien dan ekonomis daripada metode lain, seperti pengaturan batu alam secara manual.
Baca Juga:  Harga Alat Pemotong Kaca, Panduan Memotong Kaca yang Tepat

Proyek-Proyek Inspiratif

Ada banyak proyek inspiratif yang telah memanfaatkan cetakan paving untuk menciptakan desain lanskap yang menarik dan unik. Berikut adalah beberapa contoh proyek yang memanfaatkan cetakan paving dengan baik:

  1. Taman Publik dengan Motif Budaya:
    • Beberapa taman publik di seluruh dunia telah menggunakan cetakan paving untuk menciptakan motif yang mencerminkan budaya lokal, seperti motif etnis, seni rakyat, atau simbol-simbol sejarah.
  2. Taman Air Bertema Alam:
    • Taman air yang dirancang dengan cetakan paving sering menggunakan cetakan berpola alami, seperti batu alam, untuk menciptakan suasana alami dan tenang.
  3. Jalur Sepeda dengan Pola Unik:
    • Jalur sepeda yang dirancang dengan cetakan paving dapat menciptakan pola-pola yang unik dan menarik yang memberikan pengalaman bersepeda yang lebih menarik.
  4. Lapangan Olahraga Interaktif:
    • Cetakan paving telah digunakan dalam proyek-proyek lapangan olahraga yang interaktif, dengan pola dan warna yang menciptakan elemen permainan yang menarik.
  5. Lantai Berbatu Rumah Tropis:
    • Rumah-rumah tropis sering menggunakan cetakan paving untuk menciptakan lantai berbatu yang memungkinkan aliran udara dan mengurangi panas.

Kebutuhan Paving dan batako terus saja meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi didukung dengan program dana desa yang terus digulirkan oleh pemerintah sehingga infrastruktur desa dipacu kualitasnya dengan pleapisan paving block.

Tentu saja ini peluang bisnis yang cukup prospektif. Selain, berinvestasi pada mesin paving. Hal lain yang diperlukan adalah cetakan paving. Cetakan paving diperlukan untuk membentuk berbagai ukuran dan motif paving.

Ade berbagai tipe mesin cetak paving, mulai manual, semi manual, hingga full otomatis. berbagai cetakan paving tentu menyesuaikan kebutuhan tiap mesin. Sehingga harga cetakan paving juga berbeda tiap jenisnya.

Mesin paving otomatis biasanya sudah mempunyai desain cetakan build up dari pabrikan. Sementara yang bersifat manual biasanya bisa diganti dengan beragam tipe dan ukuran. Lebih jelasanya berikut ini adalah daftar harga cetakan paving.

Baca Juga:  Harga Pipa Rucika Berbagai Tipe dan Ukuran Pipa PVC 2023

 

Harga Cetakan Paving Block Manual Manual

JenisUkuranHarga
Cetakan paving segi 420 x 10 x 6 cmRp. 190.000
Cetakan paving segi 420 x 10 x 8 cmRp. 225.000
Cetakan paving segi 420 x 20 x 6 cmRp. 350.000
Cetakan paving segi 420 x 20 x 8 cmRp. 380.000
Cetakan paving segi 620 x 20 x 6 cmRp. 200.000
Cetakan paving segi 620 x 20 x 8 cmRp. 250.000
Cetakan paving segi 4 Double20 x 10 x 6 cmRp.350.000
Cetakan paving Grassblock40 x 10 x 6 cmRp. 480.000
Cetakan paving Grassblock40 x 40 x 6 cmRp. 740.000

Harga Cetakan Paving Block Manual Motif 2022

JenisUkuranHarga
Cetakan paving segi 4 Motif 1Rp. 275.000
Cetakan paving segi 4 Motif 2Rp. 325.000
Cetakan paving segi 4 MotifRp. 300.000

 

Jenis mesin Paving yang Beredar

Mesin cetak paving Manual

Alat cetak batako ini adalah yang paling sederhana dan paling manual karena berupa plat besi yang menyesuaikan bentuk paving maupun batako, pengoperasiannya pun cukup simple dengan memasukan bahan adonan kedalam cetakan (molding) lalu ditutup setelah itu dipukul-pukul untuk memadatkan adonan

Mesin Cetak Paving Gravity Drop Vibration

Mesin yang berfungsi untuk mencetak batako dan paving clock menggunakan sistem Gravitation Drop & Vibrator, adonan semen dicetak dengan molding dan dipadatkan beban molding atas yang dibantu dengan gaya gravitasi, setelah itu adonan akan digetarkan menggunakan diesel ataupun motor listrik sehingga adonan di dalam molding akan merata da padat, batako dan paving block yang dihasilkan memiliki memiliki kualitas yang tinggi dengan tingkat kekuatan sekitar tergantung dengan komposisi bahan dan teknik pengoperasiannya

 

Mesin cetak paving press Hidrolis

Mesin yang berfungsi untuk mencetak batako dan paving block menggunakan sistem press hidrolik, adonan semen dicetak dengan molding dan dipadatkan dengan tekanan tinggi berupa mesin press dengan kekuatan tekanan (pressure) hidrolik dari 10ton – 40ton tergantung kekuatan hidrolik mesin tersebut, batako dan paving block yang dihasilkan memiliki memiliki kualitas yang tinggi dengan tingkat kekuatan K300, K400 sampai +K480 keatas

Kualitas Bagus

Mudah Dikerjakan

Mudah Diaplikasikan

Alat Cetak paving bisa menghasilkan pavin berkualitas

User Rating: Be the first one !

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami