Harga Produk Elektronika

Harga Fitting Lampu Broco 2023 Berbagai Tipe

Info harga terbaru Fitting Lampu Broco

Fitting lampu, yang juga dikenal sebagai lampu holder atau socket lampu, adalah komponen penting dalam sistem pencahayaan yang berfungsi sebagai tempat meletakkan dan menghubungkan lampu ke sumber daya listrik. Fitting lampu biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas dan listrik, seperti plastik, keramik, atau logam, tergantung pada jenis lampu yang digunakan. Berikut adalah beberapa informasi dasar tentang fitting lampu:

Fungsi Fitting Lampu

  • Tempat Meletakkan Lampu: Ini adalah tempat di mana lampu ditempatkan dan diperbaiki dengan aman. Fitting dirancang untuk menahan lampu dengan baik dan menghindari lampu jatuh atau goyah.
  • Menghubungkan Lampu ke Sumber Daya Listrik: Fitting lampu memiliki kontak listrik yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan kabel atau soket listrik ke lampu. Ini memungkinkan arus listrik mengalir dari kabel ke lampu, sehingga lampu dapat menyala.

Jenis-Jenis Fitting Lampu

  • Fitting Sekrup (Screw Fitting): Jenis fitting ini adalah yang paling umum. Ada dua tipe yang sering digunakan, yaitu fitting dengan kontak sekrup yang digunakan untuk lampu pijar, dan fitting dengan kontak bajonet yang digunakan untuk lampu bohlam. Misalnya, fitting E26 dan E27 adalah contoh fitting sekrup yang digunakan di Amerika Utara dan Eropa.
  • Fitting Pin (Pin Fitting)**: Fitting ini memiliki pin sebagai kontak listriknya dan digunakan untuk lampu jenis tertentu, seperti lampu neon kompak dan lampu fluoresen. Contoh fitting pin adalah G13 yang sering digunakan untuk lampu neon kompak T8.
  • Fitting Bi-pin**: Jenis fitting ini digunakan untuk lampu yang memiliki dua pin yang ditempatkan secara paralel satu sama lain. Contohnya adalah fitting G4 yang sering digunakan untuk lampu LED rendah tegangan.
  • Fitting GU**: Jenis fitting ini adalah varian dari fitting pin yang digunakan untuk lampu halogen atau lampu LED tertentu. Contoh fitting GU10 atau GU5.3 yang biasanya digunakan untuk lampu sorot.
Baca Juga:  Harga Microwave Terbaru Semua Merk dan Jenis-Jenisnya 2023

3. **Ketahanan Panas**: Beberapa lampu, seperti lampu pijar, menghasilkan panas saat menyala. Oleh karena itu, fitting lampu harus tahan panas untuk menghindari deformasi atau bahaya kebakaran. Fitting yang terbuat dari keramik sering digunakan untuk lampu yang menghasilkan panas.

4. **Kode Warna**: Fitting lampu sering dilengkapi dengan kode warna yang menandakan jenis lampu yang sesuai dengan fitting tersebut. Misalnya, fitting dengan kode warna biru biasanya cocok untuk lampu pijar, sedangkan fitting dengan kode warna merah mungkin cocok untuk lampu LED.

5. **Pemasangan**: Pemasangan fitting lampu melibatkan menghubungkan kabel listrik yang datang dari sumber daya listrik ke kontak listrik pada fitting. Ini biasanya melibatkan mengencangkan sekrup atau memasukkan pin lampu ke dalam fitting dengan benar.

6. **Aplikasi**: Fitting lampu digunakan di berbagai lingkungan dan aplikasi, termasuk dalam rumah tangga, industri, komersial, dan luar ruangan. Mereka juga digunakan dalam berbagai jenis lampu, seperti lampu pijar, lampu neon kompak, lampu LED, lampu fluoresen, dan lainnya.

Fitting lampu adalah komponen sederhana tetapi penting dalam sistem pencahayaan. Penting untuk memilih fitting yang sesuai dengan jenis lampu yang digunakan dan untuk memasangnya dengan benar agar sistem pencahayaan berfungsi dengan baik dan aman.

Ada beberapa jenis fitting lampu yang bisa Anda gunakan untuk instalasi listrik di rumah.

Baca Juga:  Harga Produk Air Humidifier Murah Berkualitas Bagus 2023

Setidaknya, ada 4 jenis fitting lampu yang umum digunakan berdasarkan ukurannya, yaitu:

  • Fitting E12. Jenis fitting ini biasanya digunakan untuk dop lombok kecil yang ukurannya pun sangat kecil.
  • Fitting E14. Jenis fitting ini digunakan untuk dop lombok tanggung.
  • Fitting E27. Ini adalah jenis fitting yang umum digunakan. Fitting E27 biasa digunakan untuk lampu hemat energi.
  • Fitting E40: jenis fitting ini untuk lampu hemat energi, tetapi dengan watt yang lebih besar.

Berdasarkan bentuknya, fitting lampu dapat dibedakan atas 3 jenis, yaitu fitting plafon. Jenis ini biasa digunakan untuk pemasangan lampu yang terletak di plafon. Lalu, ada yang disebut fitting gantung. Jenis ini dipakai untuk lampu yang digantungkan di sebuah kabel. Ada juga fitting colok. Ini adalah jenis fitting lampu yang biasa digunakan dengan cara dicolokkan di stop kontak.

harga fitting lampu broco

Berdasarkan bahannya, jenis fitting lampu dapat dibedakan atas 2 jenis, yaitu fitting keramik dan fitting plastik. Jenis lainnya adalah fitting saklar dan colok. Ini adalah jenis fitting yang menggabungkan metode colokan dan saklar. Jenis fitting ini sangat praktis karena lampu bisa dinyalakan atau dimatikan tanpa mencabutnya dari stop kontak.

Strategi pertama untuk memilih fitting yang tepat adalah selalu mempertimbangkan segi keamanan. Strategi yang kedua adalah mempertimbangkan segi kepraktisan. Jika lampu yang digunakan harus dipindah-pindah, maka fitting colok tentu lebih tepat. Sebaliknya, untuk lampu yang tetap menempel di dinding, fitting plafon lebih tepat.

Baca Juga:  Harga Dehumidifier Terbaik untuk Ruangan Lebih Sehat

Harga Fitting Lampu Broco 2023

Tipe Fitting Lampu BrocoSpesifikasiHarga
Broco 210L (B) Fitting Plafon OriginalKode produksi 210 L, fitting plafon E27 bulat hitam, Warna hitam, dibuat dari material pilihan dan diproduksi dengan kualitas SNI dan LMK serta sertifikat Standard Internasional CE dan ISO 9001Rp3.900 – Rp6.000
Broco 216L (B) Fitting GantungDibuat dari material pilihan dan diproduksi dengan kualitas SNI dan LMK serta sertifikat Standard Internasional CE dan ISO 9001, model fitting gantungRp4.057 – Rp6.900
Broco 226 (B) Fitting KombinasiFitting kombinasi 226 6A 250 V, warna hitam, ukuran 45 mm x 45 mm x 80 mmRp7.350 – Rp12.000
Broco 1212 (B) Fitting Plafon Bulat300 W 250 V, fitting E27, ukuran lebar 10 cm, ukuran tinggi 5 cm, ukuran lebar bawah 5,5cmRp8.700 – Rp12.970
Broco 1210 (B) Fitting Plafon BesarModel fitting plafon segi 4 (tempel), warna cream, terdaftar SNI, ISO 9001, LMK, ukuran 8,8 cm x 8,8 cm x 5,2 cm, 4A 250VRp9.000 – Rp14.000
Broco 1211 Fitting Plafon BesarFitting lampu E27, cocok untuk semua jenis lampu dengan ulir E27, terbuat dari bahan berkualitas yang kuat sehingga tidak mudah pecah, mudah dalam pemasangan, lidah terminal dan drat ulir lampu dari bahan kuningan, dimensi produk 9 cm x 9 cm x 5 cm, berat 59 gramRp9.442 – Rp14.500
Broco 12101 (B) Fitting Plafon Besar Lux Original4A 250V E27, bentuk bundar, warna putih, sudah dilengkapi dengan bautRp26.000 – Rp39.500

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami