Harga Bahan Bangunan

Harga Kaca Cermin Per M2, Proses Produksi Kaca Cermin

Harga kaca Cermin Berbagai ukuran dan ketebalan

Kaca cermin adalah sebuah jenis kaca yang dilapisi dengan lapisan tipis logam seperti aluminium, perak, atau timah. Lapisan logam ini menciptakan refleksi cahaya dan gambar yang memungkinkan kita melihat bayangan diri atau objek lain saat melihat kaca cermin. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang kaca cermin:

1. Komposisi Kaca Cermin: Kaca cermin terbuat dari kaca datar biasa yang dikenal sebagai kaca float. Lapisan reflektif logam kemudian diterapkan pada salah satu sisi kaca ini. Lapisan logam tersebut biasanya tipis dan sangat reflektif, sehingga cahaya yang jatuh pada kaca cermin akan dipantulkan kembali ke mata pengamat.

2. Pembuatan Kaca Cermin: Proses pembuatan kaca cermin melibatkan beberapa langkah. Pertama, lembaran kaca float dibersihkan dan dipoles dengan cairan kimia. Kemudian, lapisan tipis logam seperti aluminium atau perak diterapkan pada permukaan kaca yang telah dipoles. Terakhir, lapisan tersebut dilindungi dengan lapisan cat pelindung.

3. Jenis Kaca Cermin: Ada beberapa jenis kaca cermin yang berbeda, termasuk:

  • Kaca Cermin Datar: Ini adalah kaca cermin standar yang kita temui di banyak rumah. Mereka datar dan biasanya digunakan untuk tujuan dekoratif dan fungsional seperti cermin dinding dan cermin meja makan.
  • Kaca Cermin Terlapis (Tempered Mirror): Kaca cermin ini telah diolah dengan proses tempering, yang meningkatkan kekuatan dan keamanan. Mereka sering digunakan di kamar mandi atau sebagai bagian dari pintu lemari geser.
  • Kaca Cermin Tinted atau Berwarna: Kaca cermin ini memiliki lapisan yang memberikan warna pada refleksi, memberikan tampilan yang berbeda.

4. Penggunaan Kaca Cermin: Kaca cermin digunakan di berbagai tempat dan aplikasi, termasuk:

  • Interior Rumah: Untuk cermin dinding, lemari, pintu lemari geser, dan dekorasi rumah.
  • Kamar Mandi: Sebagai cermin kamar mandi atau cermin makeup.
  • Konstruksi dan Dekorasi: Dalam bangunan komersial, hotel, dan restoran sebagai elemen dekoratif.
  • Kendaraan: Di mobil, truk, dan sepeda motor sebagai cermin kendaraan.
  • Industri: Dalam peralatan medis, peralatan laboratorium, dan lebih banyak aplikasi industri.
Baca Juga:  Harga Toto Sanitary, Kualitas Terbaik Standar SNI 2023

5. Perawatan Kaca Cermin: Kaca cermin relatif mudah untuk dirawat. Bersihkan dengan lembut menggunakan pembersih kaca atau air dan kain lembut. Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras yang dapat merusak lapisan reflektif. Penting juga untuk menghindari goresan atau benturan yang dapat merusak kaca atau lapisan reflektifnya.

Kaca cermin sekarang dibuat dengan cara modern bisa digunakan bahan transparan dengan menggunakan lapisan penutup yang dapat memantulkan cahaya dan lebih bersifat transmitif terhadap sinar infra red, ini dikenal dengan metode cold mirror.

Cermin modern terdiri dari lapisan tipis aluminium disalut dengan kepingan kaca dan bagian belakang cermin sering dicat hitam untuk melindungi logam dari pengikisan.

Seperti halnya kaca lainnya, kaca cermin juga disa di potong dan dibentuk berbagai ukuran. Cutting pinggirnya juga bisa di setting dengan berbagai macam bentuk dan ukuran bever.

Dipasaran harga kaca cermin biasanya ditentukan dengan satuan meter persegi. Ketebalannya juga bermacam-macam mulai 3mm-12mm. Pada penggunaan eskterior kaca cermin biasanya dilapisi kaca tempered atau treatment khusus.

Kaca cermin tempered ini memiliki kekuatan mencapai 3 hingga 5 kali dari kekuatan kaca biasa walaupun dengan ketebalan yang sama.

Kaca Tempered juga tahan terhadap angin, benturan dan perubahan temperatur sehingga kaca ini sangat cocok untuk digunakan pada gedung yang tinggi dan kendaraan lainnya seperti Pesawat Terbang, Kapal serta lainnya untuk melindungi orang yang ada didalamnya jika terjadi kecelakaan.

Harga Kaca Cermin Terbaru

Kaca CerminHARGA PER Lembar
Kaca Cermin 5 mm x 305 cm x 213 cmRp 647.450
Kaca Cermin 5 mm x 244 cm x 183 cmRp 447.500
Kaca Cermin 5 mm x 183 cm x 122 cmRp 228.450
Kaca Cermin 5 mm x 153 cm x 122 cmRp 192.450
Kaca Cermin 3 mm x 153 cm x 122 cmRp 129.450
Kaca Cermin 2 mm x 76 cm x 102 cmRp 65.500
Kaca Cermin 5 mmRp 125.000
Kaca Cermin 3 mmRp 85.000
Kaca Cermin 2 mmRp 55.500
Baca Juga:  Harga Glass Block 2023 Retail dan Per Box Berbagai Merek

 

Tips dan Panduan Memilih dan Membeli Kaca Cermin yang Tepat

Membeli kaca cermin yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat menjadi tugas yang menantang, mengingat berbagai jenis, ukuran, dan kualitas yang tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa tips dan panduan yang dapat membantu Anda dalam proses pemilihan kaca cermin:

1. Tentukan Tujuan Penggunaan:

Sebelum membeli, pertimbangkan dengan cermat tujuan penggunaan kaca cermin. Apakah Anda memerlukan cermin untuk dekorasi dinding, kamar mandi, pintu lemari geser, atau aplikasi khusus lainnya? Tujuan penggunaan akan mempengaruhi jenis kaca cermin yang Anda butuhkan.

2. Pilih Jenis Kaca Cermin:

Ada beberapa jenis kaca cermin yang berbeda, termasuk kaca cermin datar, kaca cermin terlapis, dan kaca cermin berwarna. Pilih jenis yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Kaca cermin datar adalah yang paling umum dan serbaguna.

3. Ukuran dan Bentuk:

Tentukan ukuran dan bentuk yang Anda perlukan. Ukur area di mana cermin akan ditempatkan dengan tepat. Beberapa toko kaca cermin dapat memotong cermin sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, tetapi periksa terlebih dahulu apakah layanan ini tersedia.

4. Kualitas Kaca Cermin:

Perhatikan kualitas kaca cermin. Pastikan bahwa cermin tersebut tidak memiliki cacat, goresan, atau retak. Kaca cermin berkualitas baik akan memberikan refleksi yang jernih.

Baca Juga:  Harga Besi Wiremesh Terbaru Berbagai Ukuran

5. Ketebalan:

Ketebalan kaca cermin dapat bervariasi. Ketebalan yang umum untuk kaca cermin rumah tangga adalah 3mm hingga 6mm. Pilih ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kaca cermin yang lebih tebal lebih tahan lama, tetapi juga lebih berat.

6. Pengawetan:

Untuk penggunaan di lingkungan yang mungkin basah, seperti kamar mandi, pertimbangkan kaca cermin yang memiliki perlindungan terhadap korosi dan kelembaban. Ini akan membantu memastikan keawetan kaca cermin dalam jangka panjang.

7. Pemasok dan Produsen yang Terpercaya:

Cari pemasok atau produsen kaca cermin yang memiliki reputasi baik dan pengalaman dalam industri. Baca ulasan dan minta rekomendasi dari teman atau keluarga yang mungkin memiliki pengalaman dalam membeli kaca cermin.

8. Perhatikan Harga dan Penawaran:

Bandungkan harga dari beberapa pemasok yang berbeda. Perhatikan juga ongkos kirim, diskon, dan penawaran tambahan. Jangan hanya memilih berdasarkan harga terendah; perhatikan kualitas dan layanan juga.

9. Pemasangan dan Pengiriman:

Jika kaca cermin memerlukan instalasi khusus, pastikan Anda memiliki akses ke tukang kaca yang berkualitas atau layanan instalasi yang disediakan oleh pemasok. Periksa juga opsi pengiriman, apakah mereka menawarkan pengiriman aman dan cepat.

10. Garansi:

Periksa apakah kaca cermin dilengkapi dengan garansi. Garansi dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap cacat dan kerusakan yang mungkin terjadi dalam penggunaan normal.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memilih dan membeli kaca cermin yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan anggaran Anda. Kaca cermin adalah elemen dekoratif yang serbaguna dan dapat meningkatkan tampilan dan fungsionalitas ruang Anda.

 

Top

Best Material

Mudah Diaplikasikan

Kaca cermin banyak digunakan untuk interior dan eksterior

User Rating: Be the first one !

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami