Harga Bahan Bangunan

Harga Pengeras Beton, Bahan Aditif Memperkuat Pengersan Beton

Harga Aditif Pengeras beton Berbagai Merek

Bahan Aditif Memperkuat Pengersan Beton. Cairan pengeras beton merupakan salah satu bahan additive atau additive mixture yang bertujuan untuk meningkatkan kadar bonding dan mempercepat pengeringan beton. Bahan tambah mineral (additive) yang ditambahkan pada beton dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja beton.

Beton yang kekurangan butiran halus dalam agregat menjadi tidak kohesif dan mudah bleeding. Untuk mengatasi kondisi ini biasanya ditambahkan bahan tambah additive yang berbentuk butiran padat yang halus. Penambahan additive biasanya dilakukan pada beton kurus, dimana betonnya kekurangan agregat halus dan beton dengan kadar semen yang biasa tetapi perlu dipompa pada jarak yang jauh.

Ada beberapa fungsi atau tujuan penggunaan cairan pengeras beton ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat waktu pengeringan plesteran dan acian
  • Menghemat waktu kerja dan penggunaan tukang, terutama di musim hujan tanpa mengurangi kualitas beton yang dikerjakan
  • Beton lebih solid
  • Adukan beton lebih plastis hingga mudah dikerjakan
  • Lebih kedap air
  • Beton tahan terhadap cuaca, khususnya pada bagian yang terpapar hujan maupun panas
  • Beton menjadi lebih kuat sehingga bisa mengurangi ketebalan beton yang digunakan
  • Lebih menghemat penggunaan material

Tips Memilih Bahan Pengeras Beton yang Tepat

Memilih bahan pengeras beton yang sesuai adalah kunci untuk mendapatkan permukaan beton yang kuat, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih bahan pengeras beton yang tepat:

1. Pertimbangkan Jenis Proyek dan Trafik yang Diharapkan: Pertama-tama, identifikasi jenis proyek yang Anda kerjakan. Apakah itu jalan raya, lantai pabrik, trotoar, atau halaman rumah? Selanjutnya, pertimbangkan tingkat trafik yang akan ditemui oleh permukaan beton tersebut. Proyek-proyek komersial mungkin memerlukan bahan pengeras beton yang lebih tahan terhadap beban berat dibandingkan dengan proyek-proyek rumah tangga.

2. Pilih Antara Sealant dan Hardeners: Ada dua jenis bahan pengeras beton umum yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu sealant (penutup permukaan) dan hardeners (pengeras permukaan). Sealant cenderung memberikan lapisan pelindung yang tahan terhadap cairan dan noda, sementara hardeners memperkuat permukaan beton dan membuatnya lebih tahan terhadap aus. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Pertimbangkan Keamanan dan Lingkungan: Beberapa bahan pengeras beton mengandung bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan atau mengancam kesehatan. Pastikan Anda memilih produk yang ramah lingkungan dan aman bagi pengguna.

Baca Juga:  Harga Besi Wiremesh Terbaru Berbagai Ukuran

4. Konsultasikan dengan Ahli: Jika Anda tidak yakin tentang bahan pengeras beton yang tepat untuk proyek Anda, berkonsultasilah dengan seorang ahli konstruksi atau seorang insinyur sipil. Mereka dapat memberikan saran berdasarkan pengalaman mereka dan mempertimbangkan faktor-faktor unik proyek Anda.

5. Evaluasi Biaya Jangka Panjang: Ketika Anda memilih bahan pengeras beton, jangan hanya memperhatikan biaya awal pembelian. Pertimbangkan juga biaya jangka panjang, termasuk biaya pemeliharaan dan penggantian. Bahan pengeras beton yang lebih tahan lama dan tahan terhadap aus mungkin memerlukan pengeluaran awal yang lebih tinggi, tetapi dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

6. Pertimbangkan Penampilan Estetik: Jika penampilan estetik adalah faktor penting dalam proyek Anda, pertimbangkan produk yang dapat meningkatkan tampilan permukaan beton. Beberapa bahan pengeras beton tersedia dalam berbagai warna dan pola yang dapat meningkatkan estetika.

7. Perhatikan Kecepatan Pengeringan: Beberapa bahan pengeras beton memerlukan waktu untuk mengering dan mengeras sepenuhnya. Pertimbangkan jadwal proyek Anda dan pastikan Anda memilih bahan yang cocok dengan waktu yang Anda miliki.

Memilih bahan pengeras beton yang tepat adalah langkah penting dalam mencapai hasil akhir proyek yang berkualitas. Dengan mempertimbangkan jenis proyek, tingkat trafik, keamanan lingkungan, konsultasi dengan ahli, dan faktor-faktor lain yang disebutkan di atas, Anda dapat memastikan bahwa permukaan beton Anda akan kuat, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Harga Pengeras Beton 2024

Jenis dan Merk Cairan Pengeras BetonHarga
Beton Mix 1 KgRp 26.400
Beton Mix 5 KgRp 120.000
Cairan Pengeras Beton Rapidar 5 KgRp 157.000
Cairan Pengeras Beton AKS 5 KgRp 260.000
Cairan Pengeras Beton ADT 30 LiterRp 1.300.000
Cairan Pengeras Beton ADT 20 LiterRp 900.000
Damdex 5 KgRp 260.000
CBM Additive CementRp 75.000
Am 78 Concrete Additive 1 KgRp 32.000
Chormen Obat Cor 1 KgRp 62.000
Damdex 1 LiterRp 51.500
Power Men Obat Cor 1 LiterRp 21.800
Pengeras Beton Mega 1 KgRp 35.000
Super Plastizer 1 KgRp 40.000
Obat Cor Super CordaxRp 28.905
Sika Sikament LN Obat Beton 20 KgRp 433.800
Obat Pengeras Beton Bestmittel 1 KgRp 27.500
Baca Juga:  Harga No Drop Terbaru, Metode Penggunaan dan Aplikasinya

 

Panduan Perawatan Beton untuk Ketahanan dan Keindahan Jangka Panjang

Beton adalah bahan konstruksi yang kuat dan tahan lama, tetapi memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaga keindahannya dan mencegah kerusakan jangka panjang. Berikut adalah panduan perawatan beton yang dapat membantu Anda merawat permukaan beton dengan baik:

Langkah 1: Penjagaan Rutin

1.1. Bersihkan Debu dan Kotoran: Gunakan sapu atau semprotan air tekanan rendah untuk membersihkan debu, kotoran, dan daun yang menumpuk di permukaan beton secara teratur. Debu dan kotoran dapat mengikis permukaan beton seiring waktu.

1.2. Periksa Retak dan Kerusakan: Inspeksi rutin untuk memeriksa apakah ada retak atau kerusakan pada permukaan beton. Retak kecil sebaiknya ditangani segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Langkah 2: Cuci dan Bersihkan

2.1. Cuci Permukaan Beton: Gunakan semprotan air tekanan rendah atau selang air untuk membersihkan permukaan beton secara menyeluruh. Deterjen ringan atau pembersih beton khusus dapat digunakan jika diperlukan. Bilas dengan baik dan biarkan permukaan mengering.

2.2. Mengatasi Noda: Noda seperti minyak, noda tinta, atau noda lainnya harus segera diperlakukan. Anda dapat menggunakan deterjen atau pembersih khusus untuk noda tertentu. Gosok dengan lembut menggunakan sikat berbulu lembut.

Langkah 3: Pemeliharaan Tahunan

3.1. Re-Aplikasi Pelapis (Sealant): Bahan pelapis beton, seperti sealer atau pengeras permukaan, dapat membantu melindungi beton dari penetrasi air, minyak, dan noda. Periksa pelapis setiap tahun dan re-aplikasikan jika diperlukan.

Baca Juga:  Harga Pipa Besi Hitam dan Pipa Galvanis Berbagai Ukuran 2023

3.2. Perbaikan Retak dan Kerusakan: Retak besar atau kerusakan yang lebih serius harus diperbaiki oleh seorang profesional. Retak kecil dapat diperbaiki dengan menggunakan bahan perbaikan beton.

Langkah 4: Perlindungan Musiman

4.1. Musim Dingin: Saat musim dingin tiba, perhatikan tindakan pengamanan terhadap es dan garam. Garam dapat merusak permukaan beton, jadi pastikan untuk membersihkan dengan cermat dan segera menghilangkan jejak garam.

4.2. Musim Panas: Pada musim panas, hindari mengekspos beton terlalu lama dalam sinar matahari langsung. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan retak dan menguras warna dari permukaan beton yang dicat.

Langkah 5: Perlindungan dari Beban Berat

Hindari menempatkan beban berat atau peralatan yang dapat merusak permukaan beton secara langsung. Gunakan pelat atau penahan untuk mendistribusikan beban secara merata.

Kesimpulan

Perawatan beton yang baik dapat memperpanjang umur dan menjaga keindahan permukaan beton Anda. Dengan membersihkan secara teratur, merawat noda, menerapkan pelapis, dan melakukan pemeliharaan rutin, Anda dapat memastikan bahwa beton tetap kokoh, tahan lama, dan berfungsi dengan baik dalam proyek konstruksi Anda

Meluasnya pemakaian dan inovasi bahan tambah merupakan suatu indikasi bahwa produk ini mampu memberikan keuntungan fisik dan ekonomi  sehubungan dengan produksi beton sebagai bahan bangunan.

Namun perlu dicatat bahwa pemakaian bahan tambah tidak akan mampu memperbaiki mutu beton yang sudah terlanjur buruk, atau kesalahan dalam hal transportasi beton dari batch ke site, pengecoran, maupun pemadatan.

*) Disclaimer! Kami tidak menjual bahan pengeras beton, Info harga Pengeras Beton kami tampilkan sebagai referensi pembaca untuk membuat budgeting.

 

 

Top

Best Material

Mudah Diaplikasikan

Pengeras beton untuk mempercepat pengerasan beton dan memperkuat kinerja beton

User Rating: 0.15 ( 1 votes)

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami