Kelistrikan dan ElektrikPLTS

Inovasi Solar Panel Terkini yang Akan Menjadi Trend

Teknologi Listrik tenaga Surya Terbaru

Inovasi Solar Panel Terkini yang Akan Menjadi Trend. Listrik tenaga surya telah menjadi trend dan berkembang dengan sangat massif. Berbagai perusahaan kelas dunia yang masuk katergori Tier 1, terus berlomba dalam inovasi dan efisiensi panel surya agar semakin ekonomis dan optimal.

Beberapa teknologi dan inovasi solar panel yang menjadi trend adalah:

  • PERC – Passivated Emitter Rear Cell

  • Bifacial – Dual sided panels and cells

  • Multi Busbar – Multi ribbon and wire busbars

  • Split panels – using half cut cells

  • Dual Glass – Frameless double glass

  • Shingled Cells – Overlapping cells

  • IBC – Interdigitated Back Contact cells

  • HJT – Heterojunction cells

Berikut ini adalah penjabarannya:

 

Inovasi Solar Panel 2019

PERC (Passivated Emitter Rear Cell ) – Sel yang dipasivasi

Selama dua tahun terakhir PERC telah muncul sebagai teknologi pilihan bagi banyak produsen baik dalam sel mono dan poli kristal. PERC adalah singkatan dari ‘Passivated Emitter and Rear Cell’ yang merupakan arsitektur sel yang lebih maju menggunakan lapisan tambahan di sisi belakang sel untuk menyerap lebih banyak foton cahaya dan meningkatkan ‘efisiensi kuantum’.

Teknologi PERC yang umum adalah Al-BSF lokal atau Aluminium Back Surface Field lokal (lihat diagram di bawah) tetapi beberapa variasi lain telah dikembangkan seperti PERT (passive emitor belakang yang benar-benar menyebar) dan PERL (Passive Emitor dan Rear Localized-diffused).

PERC Teknologi solar panel

Direktur Pusat Fotovoltaik Tingkat Lanjut Australia di UNSW, Profesor Martin Green menemukan konsep PERC yang sekarang banyak digunakan oleh banyak produsen solar terkemuka di seluruh dunia.

Q Cell adalah yang pertama dalam menggabungkan teknologi PERC ke dalam sel mulitcrystalline tetapi menggunakan nama Q.antum untuk berbagai modul PERC mereka. Jinko solar baru-baru ini memecahkan rekor efisiensi surya dengan 22,04% tercatat dari sel silikon tipe-p multikristalin ukuran standar. Sel Mono PERC sekarang jenis sel yang paling populer dan efisien dengan sebagian besar produsen termasuk Winaico, Trina Solar, sel Q, LONGi Solar, Jinko Solar, Risen dan JA Solar sekarang semua menggunakan arsitektur sel mono PERC.

 

Multiple / Wire Busbars

Busbar adalah kabel tipis atau pita yang membentang di setiap sel dan membawa elektron (arus) melalui panel surya. Karena sel-sel PV menjadi lebih efisien mereka pada gilirannya menghasilkan lebih banyak saat ini dan selama beberapa tahun terakhir sebagian besar produsen telah pindah dari 3 busbar ke 5 atau 6 busbar.

Baca Juga:  Perbedaan Arus AC dan DC dalam Penggunaan Listrik Sehari-hari

Beberapa manufaktur seperti energi LG, REC, Trina dan Canadian Solar telah melangkah lebih jauh dan mengembangkan sistem multi-kawat menggunakan hingga 12 kabel bundar yang sangat tipis daripada busbar datar, dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

bus bar panel surya

Komprominya adalah busbar sebenarnya menaungi bagian sel sehingga sedikit mengurangi kinerja jika terlalu besar, sehingga harus dirancang dengan hati-hati. Di sisi lain, beberapa busbar memberikan tahanan yang lebih rendah dan jalur yang lebih pendek bagi elektron untuk bepergian sehingga menghasilkan kinerja yang lebih tinggi.

 

Modul Terpisah dengan Sel Setengah Potong

Inovasi terbaru lainnya adalah menggunakan sel setengah potong atau setengah ukuran daripada sel persegi ukuran penuh dan memindahkan kotak persimpangan ke pusat modul.

Ini secara efektif membagi panel surya menjadi 2 panel yang lebih kecil dengan kapasitas masing-masing 50% yang bekerja secara paralel. Ini memiliki banyak manfaat termasuk peningkatan kinerja karena kerugian resistif yang lebih rendah melalui batang bus (kolektor saat ini).

half cut solar panel

Karena setiap sel berukuran setengah, ia menghasilkan setengah arus pada voltase yang sama yang berarti lebar busbar dapat dikurangi setengahnya sehingga mengurangi naungan dan kerugian sel. Arus yang lebih rendah juga berarti suhu sel yang lebih rendah yang pada gilirannya mengurangi potensi pembentukan dan tingkat keparahan hot spot karena naungan lokal, kotoran, atau kerusakan sel.

Selain itu, jarak yang lebih pendek ke pusat panel dari atas dan bawah meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dapat meningkatkan output daya dari panel berukuran serupa hingga 20W. Manfaat lain adalah memungkinkan naungan parsial pada bagian atas atau bawah panel tidak mempengaruhi keseluruhan daya output panel.

REC twin peak 2 panel split telah tersedia untuk beberapa waktu dan sekarang sebagian besar produsen panel majar mengikuti dengan panel split yang dirilis oleh Trina Solar, sel-Q, Canadian Solar, LONGi Solar, JA Solar, Risen, Phono solar dan Jinko solar.

 

BiFacial Solar Modules

Teknologi surya bifacial telah tersedia selama beberapa tahun tetapi mulai menjadi populer karena biaya untuk memproduksi sel monokristalin berkualitas sangat tinggi yang dibutuhkan terus menurun.

Sel bifacial menyerap cahaya dari kedua sisi panel dan di lokasi dan kondisi yang tepat dapat menghasilkan energi hingga 27% lebih banyak daripada panel monofasial tradisional.

Baca Juga:  Biaya Instalasi Listrik Borongan Non Material dan Beserta Material

Panel surya bifacial biasanya menggunakan kaca depan dan lembaran belakang polimer bening untuk merangkum sel-sel yang memungkinkan cahaya yang dipantulkan masuk dari sisi belakang panel. Modul bifacial juga dapat menggunakan sisi belakang kaca yang tahan lebih lama dan secara signifikan dapat mengurangi risiko kegagalan, dengan beberapa produsen sekarang menawarkan jaminan kinerja 30 tahun pada model panel bifacial.

bi facial solar panel

Secara tradisional, panel surya bi-facial hanya digunakan pada instalasi yang dipasang di tanah di lokasi-lokasi unik di mana sinar matahari mudah dipantulkan atau dipantulkan dari permukaan di sekitarnya, khususnya daerah rawan salju dan garis lintang ekstrem.

Meskipun telah terbukti bekerja dengan baik ketika dipasang di atas permukaan berpasir ringan dan juga mampu mencapai output hingga 10% lebih tinggi bahkan pada atap berwarna terang saat dimiringkan. Produsen yang memproduksi panel surya bifacial termasuk energi LG, Trina solar, Jinko Solar dan Yingli Solar.

 

inovasi solar panel: Dual Glass Panel

Banyak produsen sekarang memproduksi apa yang dikenal sebagai dual glass atau panel surya kaca ganda yang tidak boleh disamakan dengan teknologi bifacial. Kaca belakang menggantikan lembar putih EVA (plastik) tradisional dan membuat sandwich kaca-kaca yang dianggap unggul karena kaca sangat stabil, tidak reaktif dan tidak memburuk seiring waktu atau mengalami degradasi UV. Karena umur panel kaca-kaca yang lebih lama, beberapa produsen seperti Trina solar sekarang menawarkan jaminan kinerja 30 tahun.

 

inovasi solar panel: Frameless Panel

Panel kaca ganda tanpa bingkai yang tidak memiliki bingkai aluminium yang dapat mempersulit pemasangan panel karena diperlukan sistem penjepitan khusus. Namun modul tanpa bingkai menawarkan beberapa keuntungan terutama dalam hal pembersihan, tanpa bingkai untuk menangkap kotoran dan debu modul tanpa bingkai ketika miring atau rata jauh lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih cenderung membantu angin dan hujan untuk membersihkan sendiri yang menghasilkan lebih besar output matahari. Namun tanpa kekuatan bingkai aluminium, panel kaca ganda, meskipun lebih tahan lama, tidak sekaku dan dapat tampak melentur atau membungkuk, terutama ketika dipasang datar atau horizontal.

Produsen yang memproduksi panel surya kaca ganda termasuk Jinko solar, LONGi Solar, Trina Solar, Yingli Solar dan JA solar.

 

Smart Panel Power Optimizer (Micro Inverter)

Sebuah teknologi yang menjadi jauh lebih populer adalah penambahan pengoptimal daya DC dalam panel surya. Pengoptimal bersama dengan mikro-inverter umumnya dikenal sebagai MLPE atau Modul Level Power Electronics, yang seperti namanya terdiri dari unit konversi daya kecil yang terpasang langsung ke panel surya individu. Pengoptimal dirancang untuk memasok tegangan optimal untuk pembangkit daya maksimum. Jika panel diarsir, kotor, atau berkinerja rendah sehingga menyebabkan tegangan atau arus rendah, optimisator dapat mem-bypass atau mengimbangi panel yang berkinerja buruk untuk memberikan tegangan optimal ke inverter.

Baca Juga:  Rekomendasi Merek Panel Surya Bagi Peminat Energi Bersih Terbarukan

teknologi micro inverter solar panel

Pengoptimal daya dari perusahaan seperti Tigo dan SolarEdge telah tersedia sebagai komponen tambahan selama bertahun-tahun, tetapi sekarang SolarEdge dan Tigo mengembangkan panel dengan pengoptimal internal di dalam kotak persimpangan di bagian belakang panel. SolarEdge berbeda dengan Tigo dalam hal pengoptimal SolarEdge harus digunakan bersama dengan inverter SolarEdge sementara pengoptimal Tigo dapat dilampirkan ke panel yang ada sebagai pengoptimal tambahan. Lihat detail pengoptimal Tigo lengkap di sini.

 

Shingled Cell

Shingled cell adalah teknologi yang muncul yang menggunakan strip sel tipis yang tumpang tindih yang dapat dirakit baik secara horizontal maupun vertikal di seluruh panel.

Shingled cell dibuat dengan laser memotong sel ukuran penuh normal menjadi 5 atau 6 strip dan melapisinya dalam konfigurasi sirap menggunakan perekat koneksi sisi belakang. Sedikit tumpang tindih dari masing-masing strip sel menyembunyikan busbar tunggal yang menghubungkan strip sel. Desain unik ini mencakup lebih banyak area permukaan panel karena tidak memerlukan koneksi busbar sisi depan yang sebagian menaungi sel, sehingga meningkatkan efisiensi panel seperti sel IBC yang dijelaskan di bawah ini.

Manfaat lain adalah bahwa sel-sel herpes zoster panjang biasanya terhubung secara paralel yang sangat mengurangi efek naungan dengan setiap sel panjang efektif bekerja secara independen. Sel-sel shingled juga relatif murah untuk diproduksi sehingga mereka bisa menjadi pilihan kinerja tinggi yang sangat hemat biaya, terutama jika shading parsial merupakan masalah.

shingled cell solar panel

Seraphim adalah salah satu produsen pertama yang merilis modul sel shingled dengan ada berbagai panel Eclipse kinerja tinggi. Seri SunPower P adalah tambahan yang lebih baru untuk rangkaian SunPower yang menawarkan opsi biaya lebih rendah terutama untuk aplikasi skala besar. Produsen lain yang memproduksi panel surya sel shingled termasuk Yingli Solar dan Znshine.

 

Komentar

comments

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker