PLTS dan Turbin Angin

Inverter Micro Grid Tie Vs Inverter String Terpusat, Mana yang lebih Baik?

Micro Grid Tie Inverter Vs Central Inverter

Sekelompok peneliti dari University of Limoges telah membandingkan rasio kinerja (PR) sistem PV yang dilengkapi dengan inverter mikro dengan instalasi yang mengandalkan inverter pusat atau string di beberapa lokasi di seluruh Prancis. Anehnya, penelitian ini menemukan bahwa mikro-inverter tidak berkinerja lebih baik.

PR adalah parameter yang mendefinisikan hubungan antara produksi daya aktual dan yang diharapkan dari sistem PV, dan sebagian besar tidak terkait dengan lokasi atau orientasi instalasi. Nilai ini digunakan untuk memahami seberapa efisien sistem PV beroperasi.

Para peneliti awalnya menganalisis semua keuntungan dan kerugian dari instalasi dengan inverter mikro atau inverter sentral/string, dan mengatakan bahwa inverter mikro harus menawarkan keuntungan dalam banyak hal, termasuk harga. “Kita juga harus mempertimbangkan masa pakai peralatan ini, yang sedikit kurang dari 10 tahun untuk inverter sentral dan dapat mencapai 30 tahun untuk inverter mikro,” mereka menjelaskan lebih lanjut. “Micro-inverter juga tampaknya lebih cocok untuk mengurangi dampak kerugian yang dapat terjadi pada panel surya baik karena shading atau kerusakan panel.”

Baca Juga:  Harga Perlengkapan PLTS Listrik Tenaga Surya dan Aksesosris 2022

Asumsi ini dievaluasi dengan menganalisis 200 instalasi PV yang berlokasi di Prancis. Pekerjaan tersebut mempertimbangkan produksi energi matahari mereka yang sebenarnya, serta orientasi, kemiringan, daya puncak, wilayah geografis, dan faktor lainnya. “Untuk melakukan studi statistik pada PR, 200 set data dipulihkan: 100 untuk instalasi dengan inverter mikro Enphase M210, M215, M250 dan IQ7 dan 100 dengan instalasi menggunakan inverter SMA SunnyBoy 3000, SunnyBoy 5000 dan Sunny Tripower STP 8000, ” jelas para akademisi. “Dari 100 sistem, 50 adalah SunnyBoy 3000 (daya input 3,2 kW), 25 adalah SunnyBoy 5000 (daya input 5,2 kW) dan 25 adalah Sunny Tripower STP 8000 (daya input 8, 2 kW).”

Baca Juga:  Modul Fotovoltaik, Pemahaman Dasar dan Cara Kerjanya

Kapasitas rata-rata instalasi yang mengandalkan mikro-inverter adalah 3,8 kW dan kategori kedua adalah 5 kW.

Analisis menunjukkan bahwa mikro-inverter lebih sensitif terhadap faktor lingkungan. Selanjutnya, para ilmuwan menemukan bahwa ukuran sistem PV tidak memiliki pengaruh pada kinerja inverter mikro atau inverter.

“Menurut data produksi, rasio kinerja pada akhirnya hampir identik untuk instalasi dengan inverter atau mikro-inverter,” kelompok Prancis menekankan. “PR-nya sekitar 79% untuk fasilitas rata-rata yang dilengkapi dengan inverter mikro dan rata-rata untuk fasilitas lainnya.” Ini juga melaporkan sedikit pertumbuhan PR dengan radiasi yang lebih rendah untuk perangkat mikro-inverter dan pusat/string, yang dapat bergantung pada kemiringan dan orientasi panel atau area geografis.

Baca Juga:  Harga Panel Surya, Solar Panel Berbagai Merek, Type, dan Ukuran

“Akhirnya, hasil menunjukkan homogenitas rasio kinerja antara kedua teknologi meskipun operasinya berbeda,” para akademisi menyimpulkan. “Namun, bahkan jika rasio kinerjanya identik antara inverter dan mikro-inverter, inverter mikro tetap disukai karena umur dan harganya.” Mereka selanjutnya menjelaskan bahwa mikroinverter tidak dapat diganti selama masa pakai modul 25 tahun, dan bahwa mereka memungkinkan pemangku kepentingan untuk lebih menjamin keselamatan instalasi bahkan jika terjadi kebakaran.

Temuan mereka dipresentasikan dalam makalah Performance ratio of photovoltaic installation in France Comparison between inverters and micro-inverter, yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of King Saud University – Engineering Sciences.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker