Kelistrikan dan ElektrikPLTS

Inverter Terbaik untuk PLTS, Daftar Merek Inverter Top Dunia

Merek Inverter Terbaik Dunia

Inverter Terbaik untuk PLTS, Daftar Merek Inverter Top Dunia. Inverter surya adalah bagian paling canggih dari sistem pembangkit listrik tenaga surya dan juga bagian yang paling mungkin memiliki masalah. Alat ini berfungsi mengkonversi arus DC dari Panel surya menjadi listrik ac yang siap digunakan untuk peralatan rumah tangga.

 

Jenis Inverter Surya

Inverter Off Grid (Stand-Alone Solar Inverter)

Inverter ini adalah jenis solar inverter yang difungsikan untuk merubah arus DC, yang berasal dari panel surya atau baterai, menjadi arus AC. Jenis inverter ini banyak digunakan untuk sistem Off Grid dan dapat berfungsi tanpa harus terkoneksi dengan jaringan listrik lainnya.

Walaupun juga terdapat opsi pilihan untuk dapat bekerja bersamaan atau bergantian, berdasarkan prioritas, dengan sumber pembangkit lain, seperti genset atau pembangkit tenaga air.

Baca Juga:  Harga Inverter Pure Sine Wave dan Modified Sine Wave Berbagai Merek

 

Grid-Tie Solar Inverter

Inverter ini memiliki fungsi yang sama dengan Stand-Alone Solar Inverter, namun sumber utama arus DC nya adalah hanya solar panel dan hanya dapat berfungsi hanya jika terhubung dengan jaringan listrik utama (PLN). Inverter jenis ini harus memiliki proteksi anti-islanding dan tidak didesain untuk terkoneksi dengan baterai
secara langsung.

Cara kerjanya adalah panel surya memproduksi daya listrik yang kemudian diteruskan langsung ke inverter ini, untuk kemudian dapat dialirkan kembali ke jaringan pengguna. Listrik tersebut langsung dapat dikonsumsi pengguna atau jika ada kelebihan, maka kelebihan tersebut akan dikembalikan ke jaringan. Untuk dapat digunakan pengguna pada lain waktu. Di Indonesia, sistem ini dapat dimanfaatkan dengan sistem net metering

Baca Juga:  Multimeter, Fungsi Multimeter dan Cara Menggunakan Avomater

 

Inverter Hibrid

Inverter hibrida surya generasi baru menggabungkan inverter surya dan baterai bersama dalam satu unit sederhana. Inverter ini menjadi lebih kompetitif terhadap inverter surya seiring kemajuan teknologi inverter hibrida dan baterai menjadi lebih murah dan lebih menarik.

 

Inverter Mikro (Micro Inverter)

Inverter mikro, juga dikenal sebagai micros adalah inverter surya yang sangat kecil yang terpasang langsung ke panel surya individu. Karena setiap inverter mikro dan panel beroperasi secara independen, mereka merupakan opsi yang bagus untuk tata letak atap yang kompleks dan lokasi dengan masalah naungan. Meskipun biayanya sedikit lebih tinggi, micros sangat populer di Amerika Utara karena dan banyak keuntungan yang mereka tawarkan dibandingkan dengan string inverter.

Baca Juga:  Baterai Panel Surya, Panduan Sebelum Memilih Baterai Tenaga Surya

 

Merek Inverter Terbaik

Lebih detil silahkan klik link pada masing-masing produk untuk menuju halaman produsen.

1.   Fronius – Primo and Galvo

2.   SolarEdge – SE and HD wave

3.   SMA – Sunny boy

4.   Sungrow – SG-KLT

5.   ABB – UNO

Best Commercial Inverters (3 phase)

1.   Fronius – Symo and Eco

2.   SMA – Sunny Tripower & Core 1

3.   SolarEdge – SE 3-phase

4.   Sungrow – SG-KTL range

5.   ABB (FIMER) – Trio, PRO and PVS

 

Kata Kunci:

merek inverter terbaik untuk solar

Komentar

comments

Tags
harga inverter inverter fronius inverter sma inverter sungrow inverter terbaik merek inverter terbaik

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker