Pertukangan Cat & FinishingTeknik Otomotif

Jenis Cat Mobil untuk Body Repair Atau Pengecatan Ulang Mobil

Urutan Pengecatan Mobil Dari Primer, Surfacer, dan Clear Coat

Jenis Cat Mobil untuk Body Repair Atau Pengecatan Ulang Mobil. Dalam dunia body repair proses pengecatan sangat mutlak diperlukan bila terjadi penyok atau insiden yang merusak bodi mobil. biasanya sebelum proses pengecatan dimulai, body mobil yang rusak dan penyok akan di repair dulu, didempul, dan diperbaiki.

Setelah permukaan mobil siap maka proses pengecatan bisa dilakukan dan proses pengecatan ini dilakukan dalam ruangan vaccum agar tidak ada partikel asing seperti debu yang akan mengganggu proses pengecatan

Dalam proses pengecatan ulang ada beberapa proses pengecatan yang dilakukan yaitu pengecatan Primer (biasa disebut proses foxy), Kemudian proses cat surfacer (pengecatan dengan cat NC atau PU), Kemudian top coat (biasa disebut proses clear Glosy/dof).

Dibawah ini merupakan gambaran umum tentang bermacam jenis cat mobil untuk body repair.

Cat Dasar Primer Mobil

Cat dasar primer berfungsi melapisi plat bodi setelah diamplas untuk mencegah karat dan menambah/meratakan daya lekat (adesi) antara metal dasar dengan lapisan cat berikutnya.

Cat dasar primer merupakan cat anti korosi yang pada dasarnya mengandung pigment yang berfungsi untuk mencegah korosi atau karat, di kombinasikan dengan resin atau binder atau perekat yang mempunyai sifat proteksi terhadap besi/baja/steel sehingga terlindung dari media luar, yaitu udara dan air.

Macam – macam cat dasar primer adalah sebagai berikut:

  • Wash Primer

cat dasar primer satu komponen yang mengandung nitrocellulose dan alkyd resin. Macam cat dasar primer ini sangat mudah mongering dan mudah penggunaannya tetapi daya tahan terhadap pencegahan karat dan karakteristik adesi tidak sebaik macam cat dasar yang lain.

 

  • Urethane Primer

Merupakan primer tipe dua komponen yang menggunakan polysocyanate sebagai hardener. Cat primer ini juga disebut sebagai cat Polyurethane. Uretane primer memberikan ketahanan karat dan karakteristik adhesi yang sangat baik. Cat dasar Polyurethane memiliki kandungan bahan berkualitas tinggi dan proses pengeringannya tidak secepat cat acrylic, sehingga dapat menghasilkan permukaan cat yang rata dan hasil yang high gloss. Cat Polyurethane lebih mudah diaplikasikan dan menggunakan thinner polyurethane extra slow.

  • Epoxy Primer
Baca Juga:  Aplikasi Cat Mobil Propan PCR dengan Cat Durogloss

Epoxy Primer merupakan bahan untuk melindungi logam dari proses oxidasi dan bersifat tahan air. Epoxy primer disemprotkan untuk melapisi permukaan plat bodi sebanyak 1 sampai 2 kali lapis penyemprotan unuk mendapatkan hasil maksimal.

Karakteristik dari Epoxy Primer adalah Melindungi dengan baik bahan yang terbuat dari logam dari karat dan Melekat sangat bagus pada logam dan menghasilkan lapisan dasar yang sempurna untuk pengecatan.

 

Cat Surfacer Mobil

Surfacer adalah lapisan (coat) kedua yang disemprotkan diatas primer, putty atau lapisan dasar (under coat) lainnya Surface berfungsi sebagai :

  • Pengisi bagian penyok kecil atau goresan kertas
  • Pencegah penyerapan pengecatan akhir (top coat)
  • Meratakan daya lekat diantara cat lapisan dasar (under coat) dengan pengecatan akhir (top coat).

Macam – macam surface adalah sebagai berikut:

1. Lacquer Surfacer

Surface satu-komponen ini bahan utamanya terbuat dari nitrocellulose dan alkyd atau acrylic resin, Lacquer Surfacer mudah penggunaannya dan mempunyai sifat cepat mengering. Akan tetapi, dalam hal karakteristik pelapisannya, material ini memiliki rate yang lebih rendah dari surface lain.

2. Urethane Surfacer

Surface dua komponen ini bahan utamanya terbuat dari polyester, acrylic, dan alkyd resin, merupakan surface tipe dua-komponen yang menggunakan polyisocyanate sebagai hardener.

Sekalipun dapat memberikan kemampuan pelapisan yang sangat baik, tetapi pengeringannya lambat, memerlukan pengeringan-paksa dengan temperatur kira-kira 60ºc (140ºF)

Seperti yang sudah dipahami, bahwa semakin cepat surface mengering, semakin rendah kemampuan pelapisannya (Adesi, Kemampuan Mengisi, Ketahanan Serap/Sealing, Ketahanan Air) jadi Urethane Surfacer termasuk macam surface yang baik.

3. Thermosetting Amino Alkyd Surfacer

Macam surface ini termasuk surface dua komponen yang bahan utamanya terbuat dari melamine dan alkyd resin, yang digunakan sebagai primer sebelum penggunaan pengecatan bake-finish. Memerlukan pemanasan hingga temperatur 90 sampai 120ºC (190 sampai 240ºF), tetapi memberikan kemampuan pelapisan yang sama sebagaimana pada mobil baru.

 

Top Coat (Clear Coat)

Top coat adalah proses pelapisan paling atas dari pengecatan mobil. Bisa juga disebut sebagai lapisan terakhir yang menentukan hasil pengecatan apakah menjadi glossy atau doff (matt).

Baca Juga:  Mengecat Kitchen Set Lama Agar Fresh dengan Cat Duco

Langkah terakhir dalam mengecat bodi mobil dan Coating terakhir adalah Coating bening. Ini adalah Coating tidak berwarna (bening) yang memperkuat warna tubuh dan melindungi Coating lain dari kerusakan. Jika Anda tidak merawat Coating beningnya, itu akan berdampak buruk pada warna mobil Anda.

Clear coat juga mengandung kandungan anti UV sehingga sinar UV tidak menembus Coating atas. Seberapa baik ketahanan coating bening terhadap sinar UV akan mempengaruhi daya tahan cat mobil secara keseluruhan. Beberapa merek clearcoat ternama adalah sikkens dan Spieshecker

 

Merek Cat Mobil yang Banyak Dipakai Bengkel Repair

  • Rust Oleum Auto Body Paint

Rekomendasi merk cat mobil pertama yang membuat bodi mobil terlihat berkelas adalah Rust Oleum Auto Body Paint. Cat mobil yang dikeluarkan oleh pabrik bernama sama ini diklaim sebagai cat mobil terbaik karena memiliki warna yang sangat solid dan terlihat mengilap.

Selain itu, cat mobil Rust Oleum juga sangat mudah digunakan lantaran memiliki kelebihan daya rekatnya yang sangat kuat saat diaplikasikan pada permukaan mobil. Daya keringnya tidak memakan waktu lama, yaitu hanya 30 menit saja!

Cat mobil Rust Oleum ini dijual bebas di pasaran dengan bentuk kemasan berukuran 388g/L. Variasi warna yang bisa Sahabat pilih ada banyak loh, mulai dari light gray, performance red, jet black, gold metallic, royal blue, antique white, dan masih banyak pilihan warna lainnya. Harga per kemasannya juga terbilang sangat terjangkau yakni sekitar Rp291.500—Rp310.000.

  • Cat Mobil Top Color

Produksi dari Danapaint yang sudah sangat populer. Cat merk ini dikenal mampu memberikan warna yang cukup menarik serta melindungi permukaan mobil dari segala hal yang membuatnya cepat rusak. Secara keseluruhan, cat mobil Top Color memiliki kualitas, daya tutup, hingga tekstur terbaik sehingga mudah diaplikasikan.

  • Nippon Paint Nippe 2000

Produk Nippon Paint yang satu ini merupakan cat lacquer auto refinish yang berbasis nitroselulosa sehingga memiliki banyak kelebihan, seperti mudah kering, memiliki daya kilap yang tinggi, pilihan warna yang banyak, dan daya tahan yang lama.

  • Cat Mobil Danagloss
Baca Juga:  Sparepart ATV dan Komponennya yang Wajib Diketahui

Danapaint kembali hadir dengan cat Danagloss-nya. Merk cat mobil ini merupakan cat jenis duco yang memiliki kualitas tinggi serta bisa digunakan untuk keperluan lain.

Danagloss sering menjadi pilihan utama bagi industri mebel duco dan otomotif sehingga memang pantas dimasukkan dalam daftar rekomendasi merk mobil, terlebih untuk pengecatan body repair, karoseri truk atau bus, alat berat, hingga mesin industri.

  • Cat Mobil SEIV

SEIV fleksibel digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mobil, motor, mesin, atap, beton, hingga baja. Warna yang dihasilkan pun sangat bervariasi dan mampu melindungi permukaan mobil dari bahaya yang mudah merusaknya.

  • Rubber paint X6

Produk dari Rust Oleum satu ini merupakan cat yang tidak hanya melapisi permukaan, tetapi juga membuat permukaan menjadi indah lantaran warnanya yang bervariasi. Tidak hanya untuk mobil, cat ini juga bisa digunakan untuk meja hingga lemari.

  • Cat Kansai Kardiac

Cat mobil produksi Kansai ini memang didesain sebagai cat pelapis dengan warna hitam pekat. Kardiac merupakan cat mobil yang tersedia dalam ukuran 1 liter.

  • Dupli-Color Perfect Match

Dupli-Color Perfect Match diklaim bisa melindungi bodi mobil dengan kualitas cat terbaiknya. Terlebih, merk cat ini mudah untuk diaplikasikan.

  • Penta Super Gloss

Penta Super Gloss juga memiliki bahan dasar berupa resin nitroselulosa dan alkid. Bahan dasar ini memberikan kualitas terbaik sehingga bisa tahan lama dan pengeringan yang cepat.

  • Nebula

Variasi warna dari Nebula banyak dan finishing-nya sangat tajam dan mengilap. Pengeringannya juga cepat dan aplikasinya cukup mudah.

  • Goldschmied

Cat ini hasil akhirnya yang memberikan efek mengilap tidak main-main, daya keringnya yang cepat, bahkan tahan terhadap goresan sehingga bodi mobil tetap terlihat cantik.

 

Kata Kunci:

jenis cat mobil,cat mobil terbaik,merek cat mobil,jenis jenis cat mobil,merk cat mobil,merk cat,cat epoxy mobil terbaik,cat duco hacker,jenis cat otomotif,merk cat mobil paling bagus

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker