Farm & GardenInterior

Jenis Ikan Akuarium Laut, Ragam Jenis dan Karakternya

Aneka Spesies Ikan akuarium Air laut

Jenis Ikan Akuarium Laut, Ragam Jenis dan Karakternya. Spesies ikan akuarium air asin sangat populer karena keindahannya yang eksotis. Lebih dari 25 ribu spesies ikan laut hidup di alam. Tentu saja, tidak semua dari mereka adalah ikan akuarium yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang ramai. Namun demikian, Anda dapat membuat desain aquascape karang yang indah dan menikmati dunia bawah laut yang beragam, cerah dan tidak biasa.

Faktor Penentu memilih Jenis Ikan Akuarium Laut

Para pemula, yang ingin mendesain akuarium laut karang harus mengingat aturan-aturan berikut:

  • Mempertimbangkan kompatibilitas ikan dengan spesies lain – menganalisis ukuran, diet, tingkat agresi, sifat, kecepatan berenang.
  • Dalam tangki berukuran kecil akan lebih sulit untuk membangun filtrasi yang efektif dan pemberian makan setiap hari akan mempercepat pertumbuhan alga. Penting untuk merawat dan membersihkan tangki lebih sering, menghilangkan semua polusi.
  • Ikan kecil lebih bersahaja tetapi harus dipikirkan terlebih dahulu. Pilih ikan kecil yang tenang dengan ukuran tubuh hingga 5 cm. Spesies yang lincah dan predator tidak cocok untuk pemula.
  • Akuarium yang luas adalah lebih baik.
  • Jangan membeli ikan besar secara spontan karena harganya mahal dan sulit dirawat. Sebelum membeli ikan laut, lebih baik mendapat saran dari ahlinya.

 

Perencanaan Konsep Jenis Ikan Akuarium Laut

Akuarium terumbu karang dianggap sebagai yang paling indah, paling kompleks, paling bergengsi, dan paling mahal. Seperti desain aquascape lainnya, akuarium air asin terdiri dari berbagai elemen – hardscape, tanaman, dan ikan.

Akuarium terumbu karang adalah akuarium laut di mana karang dan invertebrata laut lainnya tumbuh, serta ikan yang melakukan peran mempertahankan habitat habitat karang. Akuarium jenis ini membutuhkan pencahayaan yang intensif, aliran air yang kuat, dan indikator air hidrokimia yang lebih stabil dibandingkan dengan akuarium laut, di mana hanya ikan yang hidup.

Selain itu, Jenis Ikan Akuarium Laut dan penghuni karang harus dipilih dengan sangat hati-hati dan Anda dapat memeriksa bagan kompatibilitas ikan akuarium air asin di bawah ini untuk informasi lebih lanjut. Kami akan melihat beberapa spesies ikan air asin akuarium paling populer yang akan menjadikan terumbu Anda mahakarya sejati!

 

Ragam Jenis Ikan Akuarium Laut

 

Ikan Clownfish

Clownfish (Amphiprion ocellaris) juga dikenal sebagai anemonefish adalah salah satu spesies paling populer di terumbu karang tropis. Siapa pun yang memiliki anak kecil telah melihat “Finding Nemo” di mana itu adalah karakter utama.

Jenis Ikan Clown fish akuarium air asin
Jenis ikan Clown Fish

Untuk warna-warna cerah dan kontras, ikan menerima nama mereka dan datang dalam lebih dari 20 spesies. Clownfish bervariasi dalam warna dari biru tua, oranye terang ke merah cerah atau warna lemon-kuning. Panjangnya tidak melebihi 15-20 cm, jantan selalu lebih kecil dari betina.

Clownfish akan memakan krustasea, cacing dan echinodermata, beberapa plankton dan alga. Mereka sangat mobile, tetapi mereka suka bersembunyi di banyak tempat penampungan dan biasanya hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil, di mana hirarki yang ketat memerintah. Clownfish kompatibel dengan penghuni akuarium, kecuali kuda laut dan belut moray.

 

Ikan Blue Tang atau Pacific Blue Tang

Blue Tang (Paracanthurus hepatus) juga disebut Pacific Blue Tang, dan Hepatus, Regal Tang atau Palette Surgeonfish dan memiliki warna tubuh biru elektrik yang cerah dengan tanda hitam tebal. Ini adalah Jenis Ikan Akuarium Laut yang indah dan damai dan merupakan tambahan untuk akuarium laut.

Baca Juga:  Underlayer Lantai Kayu, Fungsi Underlayer Polyfoam untuk Parket Kayu
ikan blue tang
Ikan Jenis Regal Tang atau Blue Tang

Kebutuhan lokasi persembunyian yang bagus, lebih disukai live rock. Tang biru cukup aktif dan suka berenang. Sebagian besar spesies keluarga ini tumbuh tidak lebih dari 40 cm dan bau biru biasanya mencapai sekitar 20 cm. Ini bisa menjadi agresif terhadap ikan lain dari spesiesnya sendiri.

Blue Tang memiliki piring yang tajam, yang menonjol di pangkal ekor, dan digunakan untuk tujuan perlindungan. Tangs adalah makhluk laut yang indah yang akan makan makanan berdaging bersama dengan ikan lain di akuarium tetapi mereka membutuhkan rumput laut dan ganggang berbasis laut.

 

Jenis Ikan Zebrasoma

Zebrasoma atau surgeonfish dan datang dalam varietas yang berbeda – Zebrasoma flavescens, Zebrasoma xanthurus (Yellowtail tang), Zebrasoma desjardinii, Zebrasoma gemmatum, Zebrasoma veliferum dan masing-masing varietas memiliki warna dan pola tersendiri.

Jenis ikan Zebrasoma akuarium karang
Ikan Zebrasoma

Tang Kuning (Zebrasoma gemmatum) mungkin yang paling populer karena warnanya yang kuning cerah. Ikan ini damai dan ingin tahu. Mereka menjelajahi dasar terumbu untuk menemukan ganggang di dalamnya.

 

Ikan Blue Damselfish (Chrysiptera Cyanea)

Blue Damselfish (Chrysiptera Cyanea) adalah ikan kecil asli laut, dengan penampilan cerah dan mata besar. Warnanya biru safir tetapi dapat bervariasi tergantung pada cahaya. Sementara betina benar-benar biru, jantan memiliki ekor oranye dan juga disebut Orangetail Blue Damselfish atau Blue Devil Damselfish Ketika terancam mereka akan bersembunyi di sebuah gua dan warna mereka akan berubah menjadi hampir hitam.

Ikan laut Damselfish
Blue Damselfish

Mereka dapat menjadi agresif terhadap perwakilan spesies mereka sendiri sehingga mereka merupakan pilihan yang baik untuk tangki yang lebih besar. Pemula yang berencana membeli beberapa damselfish harus menyediakan tempat persembunyian yang cukup sehingga ikan dapat menetap di wilayah.

 

Ikan Royal Gramma (Gramma loreto)

Royal Gramma (Gramma loreto), juga populer sebagai The Fairy Basslet adalah ikan kecil yang luar biasa indah. Bagian depan tubuh dan kepala berwarna ungu cerah hingga ungu kontras dengan kuning cerah ke arah posterior. Dalam kondisi alami, ukuran ikan mencapai 8 cm, dalam kondisi akuarium ukurannya sedikit lebih kecil – sekitar 6 cm.

Ikan Royal Gramma Loreto
Ikan Royal Gramma Loreto

Ini adalah ikan yang bagus untuk pemula dan akuarium nano karena ikannya tidak banyak menuntut. Tata bahasanya cenderung agresif teritorial dan perlu diselesaikan hanya dengan spesies ikan yang kompatibel. Tidak disarankan untuk menempatkan beberapa varietas Gramma dalam satu tangki pada satu waktu dan meskipun mereka cenderung damai terhadap spesies lain di dalam tangki, beberapa varietas, seperti Royal Gramma Basslet misalnya, harus ditempatkan sendiri-sendiri.

 

Ikan Sixline atau Sixstripe Wrasse

Sixline atau Sixstripe Wrasse (Pseudocheilinus hexataenia) adalah ikan yang indah, langsung dikenali untuk keenam garis biru horisontal yang berbeda yang dilapiskan ke tubuh oranye dan akan menambah warna pada setiap aquascape karang. Ini adalah ikan aktif yang berenang di antara karang dan batu.

Sixline atau Sixstripe Wrasse
Sixline atau Sixstripe Wrasse

Seperti kebanyakan spesies ikan karang, Sixlines membutuhkan banyak tempat persembunyian serta bebatuan hidup di mana mereka akan mencari makanan – krustasea, bulu babi, cacing pipih, dll. Disarankan untuk menempatkannya di akuarium yang luas dengan tempat perlindungan dan tempat bebas.

Baca Juga:  Trend Furniture 2019, Kenali Gaya Furniture yang Akan Menjadi Hits

Sixlines dapat menjadi agresif untuk Wrasses lain dan teman tangki lainnya, terutama jika tidak diberi makan dengan benar. Makanan mereka harus termasuk makanan beku, makanan sayur, udang beku, serpihan dan makanan pelet.

 

Ikan Lion Fish, turkeyfish, tigerfish, dragonfish, scorpionfish

Lion Fish (Pterois volitans) populer dengan banyak nama – turkeyfish, tigerfish, dragonfish, scorpionfish, dan cod kupu-kupu dan merupakan ikan yang terlihat spektakuler. Ini adalah predator, bersembunyi di bagian bawah dan bergerak langsung meraih tetangga yang tidak waspada.

Ikan Lion Fish
Ikan Lion Fish

Ikan singa membutuhkan tangki yang luas dengan dasar kerikil dan banyak tempat berlindung. Ingatlah bahwa racun dalam paku mungkin berakibat fatal, jadi jika Anda berencana untuk menyimpannya di akuarium Anda, Anda harus menyimpan beberapa ikan saja.

Lionfish lebih suka menangkap makanan mereka sehingga ikan hidup kecil adalah pilihan utama untuk diet mereka, tetapi beberapa spesies beralih ke makanan beku dengan cepat terutama ketika muda.

 

Marine Angelfish Jenis Ikan akuarium laut Dalam

Marine Angelfish adalah tambahan yang bagus untuk akuarium air asin atau terumbu. Mereka datang dalam berbagai spesies dan elegan dan anggun, dengan warna-warna yang indah dan bersemangat. Mereka rata dan mudah menyelinap di antara bebatuan dan celah karang.

Ikan Angelfish
Ikan Angelfish

Secara umum, spesies Angelfish cenderung teritorial dan para ahli menyarankan agar Anda hanya menyimpan satu spesimen di akuarium. Karena spesies yang berbeda membutuhkan jenis perawatan yang berbeda, Anda perlu memeriksa informasi untuk asal, habitat, perilaku dan diet untuk varietas yang telah Anda pilih. Angelfish datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran dan dapat dibagi dalam tiga kelompok utama – kecil (kerdil), sedang dan besar.

Varietas kecil, yang ukurannya bervariasi antara 5 hingga 15 sentimeter meliputi:

  • Flame Angelfish (Centropyge loriculus)
  • Coral Beauty Angelfish (Centropyge bispinosus)
  • Japanese Angelfish (Centropyge interrupta)
  • Malaikat Bertopeng (Genicanthus personatus)
  • Swallowtail Angelfish (Genicanthus melanospilos)
  • Fishers ‘Angelfish (Centropyge fisheri)
  • Potters Angelfish (Centropyge potteri)
  • Lemonpeel Angelfish (Centropyge flavissimus)
  • Bicolored Anagelfish (Centropyge bicolor)

Spesies berukuran sedang termasuk spesies Genicanthus, Chaetodontoplus dan Apolemichthys. Mereka mencapai ukuran rata-rata dari 15 hingga 25.

 

Ikan One Spot Foxface (Siganus unimaculatus)

One Spot Foxface (Siganus unimaculatus), populer sebagai Blotched Foxface dan Foxface Lo (Siganus vulpinus) juga dikenal sebagai Foxface Rabbitfish sangat mirip dalam penampilan. Perbedaannya adalah “tempat mata” yang berbeda pada tubuh Blotched Foxface.

Ikan Fox face
One Spot Foxface (Siganus unimaculatus)

Kedua spesies ini sangat damai tetapi akan agresif terhadap ikan rabbit lainnya. Tidak masalah untuk menampung mereka dengan spesies ikan lain dan predator tidak berbahaya karena ikan Foxface memiliki duri punggung berbisa. Diet harus termasuk sayuran segar dan ganggang. Ketika tidak diberi makan dengan benar, mereka akan menggigit polip karang lunak.

 

Ikan Naga Atau Dragon Fish

Ikan naga hadir dalam warna, pola, dan penangkap mata yang nyata di setiap akuarium air asin. Kelompok Naga meliputi:

  • Green Mandarin Goby, Red Mandarin Goby (Synchiropus splendidus)
  • Yellow Target Mandarin Goby, Spotted Mandarin Goby (Synchiropus picturatus)
  • Scooter Blenny, Scooter Dragonet (Synchiropus ocellatus)
  • Skuter Merah Blenny, Skuter Blenny Sterry, Skuter Merah Dragonet, Sterry Dragonet (Synchiropus stellatus)
Baca Juga:  Perawatan Lantai Vinyl Agar tetap Awet dan Tahan Lama

Dragon sering diklasifikasikan sebagai ikan gobi, yang tidak benar. Ini adalah karnivora yang hidup tenang dan hidup di bawah dan tidak akan mengganggu spesies lain di dalam tangki. Namun jantan akan bertarung satu sama lain sehingga Anda hanya perlu menyimpan satu spesimen atau menyimpannya di akuarium besar.

Ikan Dragon Fish Jenis mandarin
Ikan Dragon Fish Jenis mandarin

Naga jarang menjadi objek serangan oleh teman-teman tank karena mereka beracun. Sejauh menyangkut makanan, Dragonets hanya akan makan krustasea atau polong hidup yang kecil, yang berarti bahwa memberi makan mungkin merupakan tantangan bagi pemula di aquascaping karena Anda akan membutuhkan populasi copepoda yang terus-menerus berkembang biak atau menyediakan polong tambahan.

 

Ikan Spotted Sweetlips Jenis Ikan akuarium laut

Spotted Sweetlips (Plectorhinchus chaetodonoides), juga dikenal sebagai Clown Sweetlips dan Harlequin Sweetlips adalah ikan lain yang menarik untuk akuarium karang. Sementara lembing, ia memiliki tubuh coklat dengan titik-titik putih besar dan berubah menjadi tubuh hitam dengan titik-titik putih saat jatuh tempo.

ikan Spotted Sweetlips
ikan laut Spotted Sweetlips

Para ahli menyarankan Anda perlu memiliki pengalaman sebagai ahli aquarist untuk merawat Bintik Manis karena mereka hanya akan memakan makanan hidup. Selain itu mereka dapat tumbuh cukup besar dan bahkan menyerang teman tank kecil.

 

Ikan Pajama Cardinalfish

Pajama Cardinalfish (Sphaeramia nematoptera) menawarkan warna yang benar-benar darah – dengan wajah hijau-kuning, mata oranye, dan tubuh keperakan. Ini adalah ikan yang akan menonjol di akuarium terumbu dan akan hidup damai di komunitas tangki.

Ikan Pajama Cardinalfish
Ikan Pajama Cardinalfish

Ini adalah ikan perenang lambat yang suka menyembunyikan tempat di antara rumput laut atau tanaman lainnya. Pajama Cardinalfish lebih suka udang, makanan serpihan, makanan pelet, daging laut, cacing darah, dll.

 

Ikan Auriga Butterflyfish Jenis Ikan Akuarium Laut

Auriga Butterflyfish (Chaetodon auriga), populer sebagai Threadfin atau Cross-Stripe Butterflyfish adalah pilihan yang cocok untuk pemula. Ini adalah ikan yang pemalu dan jika diberi banyak tempat persembunyian, itu akan menjadi tambahan yang indah untuk komunitas yang tidak agresif dalam sebuah tangki.

Ikan Auriga Butterflyfish
Ikan Auriga Butterflyfish

Memberi makan bisa menjadi tantangan karena mereka perlu dilatih untuk makan makanan tangki. Udang mysis beku dan makanan yang mengandung daging seperti ikan, krustasea harus dalam diet.

 

Kuda Laut (Sea horses)

Akhirnya – salah satu penghuni akuarium air asin yang paling peri dan magnetis – Kuda laut! Ini adalah makhluk luar biasa yang datang dalam berbagai macam dan telah memesona orang selama ratusan tahun. Nama mereka berasal dari bentuk kepala mereka yang sangat menyerupai kepala kuda. Mereka berenang tegak dan turun tidak seperti spesies ikan lainnya.

Kuda laut
Kuda Laut

Kuda laut membutuhkan waktu, upaya, kesabaran dan pengabdian dan mereka dikatakan memiliki kepribadian individu. Lingkungan kuda laut yang disukai adalah terumbu karang berbatu dan rumput mengambang bebas. Ada sangat sedikit spesies lain yang dapat mengikuti kuda laut di akuarium tidak hanya karena mereka adalah predator tetapi karena mereka diserang oleh spesies lain seperti pemancing, rockfish, krustasea dan Tetraodontids.

Komentar

comments

Tags
harga ikan akuarium laut harga ikan dragon harga kuda laut ikan akuarium laut Ikan Blue Tang ikan clownfish jenis ikan akuarium air laut kuda laut pacific Blue Tang

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker