Kelistrikan dan Elektronika

Jenis Sekering dan Fungsinya Pada Intalasi Listrik dan Elektronika

Tipe Fuse dan Sekering beserta kegunaannya

Jenis Sekering dan Fungsinya Pada Intalasi Listrik dan Elektronika. Sekering (dari bahasa Belanda zekering) atau fuse adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek.

Cara kerja fuse, jika dalam sebuah sistem rangkaian elektonik atau rangkaian listrik terjadi arus lebih maka sekering (fuse) akan putus sehingga arus listrik tidak lagi mengalir dalam sistem tersebut untuk mengamankan komponen elektronika lain.

Kelebihan arus tersebut dapat disebabkan karena adanya hubung singkat atau karena kelebihan beban output. Banyak terjadi kebakaran karena hubung singkat akibat sekering tidak berfungsi, rusak, atau bahkan karena tidak dipasang sama sekali.

Baca Juga:  Baterai Lithium Titanate Oxide (Baterai LTO), Baterai Canggih untuk Masa Depan Energi

Alat pengaman listrik (sekering) ini adalah suatu peralatan proteksi kerusakan yang disebabkan oleh hubungan singkat (shortcircuit), beban berlebih (overload) dan tegangan lebih dimana penyebab tersebut mengakibatkan arus berlebih yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup dan memutuskannya menjadi rangkaian terbuka dengan meleburkan elemen didalamnya.

 

Jenis dan Tipe Sekering

Berdasarkan bentuknya dan fungsinya, sekering terdiri dari dua jenis, yaitu fuse cartridge type (glass) dan fuse blade type (wedge). Dan untuk penjelasaanya adalah sebagai berikut.

  • Fuse Cartridge Type (Sekering Tabung)

Sekering cartridge type (glass) ini memiliki bentuk seperti tabung yang memiliki lapisan kaca pelindung di bagian luarnya. Jenis sekering ini banyak dipakai pada alat elektronik rumah tangga.

  • Fuse Blade Type (Sekering Pisau)
Baca Juga:  Multimeter Auto Range, Cara Menggunakan dan Kelebihannya

Sekering blade tipe (pisau) memiliki kontruksi yang lebih ramping dan kuat dibanding tipe tabung. Jenis sekering ini banya digunakan pada rangkaian listrik kendaraan, seperti pada relay lampu motor dan mobil.

contoh jenis fuse blade sekering pisau

Jenis sekering tipe blade memiliki warna-warna yang dapat dijadikan simbol nilai kapasitas besarnya sekeringnya. Dan warna-warna pada sekering blade yaitu :

  1. Warna Orange : 5A
  2. Warna Coklat : 7,5A
  3. Warna Merah : 10A
  4. Warna Biru : 15A
  5. Warna Kuning : 20A
  6. Warna Putih : 25A
  7. Warna Hijau : 30A
  • Fusible Link

Pada dasarnya fuse dan fusible link memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pengaman rangkaian listrik. Tetapi, fusible link ini memiliki rangka yang lebih besar dari sekering.

fusible link

pada fusible link yang juga dapat dijadikan ukuran untuk melihat nilai kapasitas besarnya arus. Dan warna-warna fusible link antara lain :

  • Warna Pink : 30A
  • Warna Hijau : 40A
  • Warna Merah : 50A
  • Warna Kuning : 60A
  • Warna Hitam : 80A
  • Warna Biru : 100A

 

 

Baca Juga:  Jenis Pipa untuk Instalasi Listrik Rumah dan Gedung

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker