Audio & VideoKelistrikan dan Elektronika

Jenis Speaker Woofer, Sub Woofer, Midrange, & Tweeter

Mengenal berbagai jenis Speaker dan bahan Konstruksinya

Jenis Speaker Woofer, Sub Woofer, Midrange, & Tweeter. Speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.

speaker atau sistem speaker merupakan sebuah transduser  elektroacoustical yang mengubah sinyal listrik ke suara. Istilah loudspeaker dapat dijadikan acuan sebagai transduser individual (diketahui sebagai pengarah) atau
sistem lengkap yang terdiri dari suatu
enclossure yang melengkapi satu atau lebih pengarah dan komponen filter listrik.

Loudspeaker sama halnya dengan transduser electroacoustical, merupakan elemen variabel; dalam sistem audio dan paling bertanggung jawab membedakan suara yang dapat didengar antar sound system. Speaker adalah mesin pengubah terakhir atau kebalikan dari mikropon.

Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi vibrasi-vibrasi fisik untuk menghasilkan gelombanggelombang suara. Bila bekerja, speaker menghasilkan getarangetaran yang sama dengan mikropon yang direkam secara orisinil dan diubah ke sebuah pita, CD, LP, dan sebagainya.

Jenis Speaker Berdasarkan Frekuensi

JenisJenis speaker dilihat berdasarkan frekuensi :

1. Sub woofer

Merupakan jenis speaker yang mampu menghasilkan frekuensi suara 20Hz 200Hz, Sehingga kita dapat mendengarkan nada rendah atau full bass. Biasanya sub woofer dipasang pada speaker aktif komputer, speaker mobil, speaker aktif ruangan dan sebagainya. Untuk pemasangannya tentu membutuhkan box terpisah dengan speaker lainnya. Karena getaran yang dihasilkan cukup tinggi, makanya dibuatkan box tersendiri.

2. Woofer

Merupakan jenis Speaker yang dapat menghasailkan frekwensi rendah yaitu sekitar 40Hz 1000Hz. Maka suara yang dihasilkan juga akan ngebass. Jenis ini banyak sekali kita temukan di hampir semua jenis speaker aktif ruangan. Jenis ini banyak sekali dijual ditokotoko elektronik. Disamping itu speaker ini memiliki ukuran yang bermacammacam, misalnya 4 Inch, 6 Inc, 8 Inc, 10 Inc, 12 Inc dan sebagainya. Untuk hasil suara yang bagus tentu harus dipasang pada box dan biasanya digabung dengan midrange dan tweeter.

3. Midrange

Jenis speaker ini mampu menghasilkan frekuensi menengah sekitar 500Hz 5000Hz. Oleh sebab itu suara yang dihasilkan terdengar jelas seperti suara kita. Biasanya jenis ini banyak kita temukan pada speaker aktif 3 way.

4. Tweeter

Tweeter yaitu jenis speaker yang menghasilkan frekuensi sekitar 5000Hz20.000Hz. Sehingga suara yang dihasilkan akan sedikit melengking.

5. Jenis Speaker Full range

Full range Merupakan jenis speaker yang mampu menghasilkan nada rendah, menengah maupun tinggi. Oleh sebab itu jenis ini sering digunakan untuk speaker sound system atau luar ruangan. Karena suara yang dihasilkan dapat terdengar dikejauhan.

Konstruksi Sususan Speaker

Empat Bagian Speaker beserta fungsinya yang utama adalah :

Baca Juga:  Lampu Led COB atau HPL (High Power Led), Panduan untuk Pemula

susunan konstruksi speaker

  1. Conus (sekat rongga). Fungsinya menghasilkan gelombang tekanan akibat gerakan udara di sekitarnya yang disebabkan oleh gerakan kumparan. Gelombang inilah yang kita dengar sebagai bunyi.
  2. Membran. Fungsinya menerima induksi dari magnet sehingga menghasilkan suara sebagai akibat dari getarannya.
  3. Magnet. Fungsinya untuk menginduksi membran dan menghasilkan medan magnet.
  4. Kumparan. Fungsinya untuk mengalirkan energi gerak kepada conus. Perubahan medan magnet di dalam speaker akan menyebabkan kumparan bergerak sebagai akibat interaksi dengan medan konstan magnet.

Bahan penyusun speaker sebagian besar adalah logam sebagai casingnya namun conus sebagai salah satu bagian speaker dapat terbuat dari beberapa macam bahan, kertas (press paper dan non press paper), plastik (plypropylene, mica, polycarbonate), logam (titanium, tembaga, berrylium), dan composite (bahan campuran, contohnya carbon fiber, honeycomb dan optical fiber Kevlar).

Baca Juga:  Memilih Speaker Monitor Studio untuk Mixing Agar Hasil Optimal

Rentang frekuensi suara yang mampu dihasilkan sistem speaker adalah diantara 20 Hz – 20 Khz dan itu adalah sesuai dengan rentang fekuensi pada pendengaran manusia.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker