InteriorProperti

Kamar Lembap? Intip Cara Mengatasinya!

Solusi Jitu Mengatasi Kamar Lembab

Kamar adalah tempat di mana kita menghabiskan banyak waktu. Mulai dari tidur, bermain, bersantai, mengerjakan tugas, hingga bekerja. Banyaknya kegiatan yang bisa dihabiskan di kamar membuat kondisi ruangan tersebut menjadi berbeda-beda. Pada waktu tertentu, terkadang kamar bisa menjadi berantakan, kotor, bahkan lembap.

Lembap pada ruangan bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya sinar matahari dan penggunaan AC terus-menerus. Kamar yang lembap bisa menjadi sumber penyakit dan lumut, itu sebabnya kamar harus rajin dibersihkan secara rutin untuk menghindari hal tersebut. Selain itu, kamar lembap juga akan membuat penghuni menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas.

Permasalahan kamar lembap ini sebenarnya mudah untuk diatasi, hanya jika mereka ingin mengubahnya dan menjalani hidup yang lebih sehat. Untuk itu, bagaimana cara untuk mengatasi kamar yang lembap? Kami punya tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasinya. Berikut ulasannya.

1. Buka Jendela Kamar

Salah satu penyebab utama kamar menjadi lembap adalah jarang dibukanya ventilasi udara. Kamar yang terus-menerus ditutup tanpa pernah merasakan udara dari luar hanya akan memperburuk sirkulasi udara. Hal ini tentu akan membuat udara di dalam kamar mengendap dan menyebabkan lembap.

Untuk itu, Anda harus membuka jendela kamar agar udara dari luar masuk. Pastikan untuk melakukannya setiap hari agar sirkulasi udara di dalam kamar membaik sehingga akan mengurangi kelembapan kamar. Tidak perlu berlama-lama, cukup buka jendela selama lima belas menit pada pagi hari agar udara yang masuk masih bersih dari polusi.

Baca Juga:  Trend Desain Apartemen 2019 Tipe Studio, Bikin Kamu Nyaman dan Produktif

mengatasi kamar lembab dengan mudah

2. Jangan Menyimpan Terlalu Banyak Barang

Kamar memang biasanya menjadi tempat menyimpan berbagai barang. Terlebih, barang-barang yang kita dapatkan juga sering kali memiliki ikatan emosional sehingga rasanya menjadi sulit untuk membuang atau memberikannya kepada orang lain. Hal inilah yang membuat kamar menjadi penuh dengan barang-barang yang kurang penting dan menyebabkan kelembapan.

Barang-barang yang menumpuk tersebut juga bisa menjadi alasan lain mengapa sirkulasi udara di kamar Anda memburuk. Seperti layaknya lemari yang terlalu penuh, kamar juga bisa menjadi sesak jika terlalu banyak barang. Untuk itu, pilihlah dengan bijak barang apa saja yang penting dan gunakan setiap hari. Cara ini efektif untuk mencegah kelembapan yang tidak nyaman di dalam kamar.

3. Gunakan AC atau dehumidifier

Cara selanjutnya untuk mengatasi kelembapan kamar adalah dengan memasang AC atau dehumidifier. Kedua benda ini bisa Anda andalkan untuk mengontrol kelembapan kamar sehingga sangat membantu dalam mengatasi masalah kamar yang terlalu lembap. AC bisa Anda dapatkan di toko peralatan rumah terdekat atau di toko-toko online, salah satunya adalah AC Daikin.

Baca Juga:  Bisakah Menjual Rumah KPR yang Belum Lunas?

Perlu diingat bahwa dengan memasang AC Anda harus rajin untuk membersihkannya. AC bisa menjadi sarang debu yang malah akan memperparah kondisi kelembapan di kamar Anda. Untuk itu, rajinlah membersihkan bagian dalam AC setiap beberapa pekan. Jika Anda tidak bisa atau tidak memiliki waktu untuk membersihkannya, gunakanlah jasa membersihkan AC.

4. Temukan Sumbernya

Dalam upaya mengurangi kelembapan di dalam kamar, Anda perlu memastikan di mana sumber tersebut. Hal ini untuk mempercepat upaya pembersihan sehingga membuat kamar menjadi nyaman kembali. Sumber kelembapan bisa berasal dari mana saja, beberapa di antaranya adalah selang AC yang bocor, minuman yang tumpah, dan lain-lain.

Adanya kebocoran atau tumpahan air bisa menjadi sarang jamur jika tidak buru-buru dibereskan. Namun, jika Anda terlanjur menemukan jamur yang sudah bersarang di tempat-tempat tertentu seperti jendela atau dinding yang rembes, segera bersihkan, perbaiki, atau mengganti dengan yang baru. Jamur yang berkembang biak dan air yang rembes akan membuat Anda lebih mudah terserang penyakit. Untuk itu, selalu cari sumber kelembapan, ya!

Baca Juga:  Pintu Baja Solusi Pintu Super Kuat Tahan Rayap

5. Hindari Menggantung Pakaian Basah

Pakaian yang basah atau handuk biasanya kita gantungkan di belakang pintu kamar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk mengambilnya saat diperlukan atau jika kita hendak mandi. Namun, tahukah kamu bahwa menggantung pakaian atau handuk yang basah bisa menyebabkan kelembapan kamar? Ini terjadi karena uap dari kain yang basah tersebut akan menggantung dan menyebar di dalam ruangan.

Untuk itu, usahakan agar menjemur pakaian atau handuk di luar. Selain untuk menghindari kamar Anda dari kelembapan, hal ini juga bertujuan agar kain-kain tersebut cepat mengering dan tidak berjamur. Tumpukan pakaian yang belum kering tapi sudah terlipat juga bisa menyebabkan kelembapan kamar. Maka dari itu, selalu pastikan pakaian-pakaian yang Anda gunakan sudah mengering sepenuhnya.

Kita memiliki berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya dari olahraga yang cukup atau memakan makanan yang bergizi saja, melainkan dari menjaga kebersihan di dalam ruangan. Kamar yang bersih akan terlihat nyaman dan tidak menjadi sarang penyakit sehingga akan membuat kita jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan kamar yang kotor. Itulah lima tips untuk mengatasi kamar yang lembap. Semoga membantu!

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker