Alat Berat

Manajemen Penghematan BBM Alat Berat

Tips menghemat Bahan Bakar Alat berat untuk proyek

Manajemen Penghematan BBM Alat Berat. BBM adalah sumber kehidupan perusahaan konstruksi mana pun, karena peralatan tersebut tidak dapat beroperasi tanpanya. Hal ini membuat bahan bakar minyak menjadi bagian yang sangat diperlukan dari perusahaan konstruksi, dan salah satu yang tidak dapat diabaikan dalam hal mempertimbangkan efektivitas biaya setiap proyek, tidak peduli ukurannya.

Meskipun biaya BBM jenis diesel relatif murah itu tidak berarti biaya tersebut menjadi tidak signifikan bagi keuntungan perusahaan konstruksi mana pun. . Oleh karena itu, perusahaan yang bisa bersaing adalah perusahaan yang memiliki biaya bahan bakar yang terkontrol dan dipantau dengan benar. Hal ini terutama berlaku untuk perusahaan yang memiliki area pengisian bahan bakar sendiri di lokasi dengan tangki penyimpanan bahan bakar yang perlu diisi ulang secara teratur.

Itulah mengapa perusahaan konstruksi sebaiknya berinvestasi dalam kemampuan pengelolaan bahan bakar yang diperlukan dari penyedia yang telah membuktikan diri mereka mahir dalam memberikan layanan pengelolaan bahan bakar yang canggih.

Manajemen Pasokan Bahan Bakar

Perusahaan konstruksi menghadapi tekanan operasional yang luar biasa terkait dengan pencegahan kehabisan bahan bakar, dan mengetahui bagaimana dan kapan harus membeli bahan bakar pada tingkat yang optimal.

Mereka juga menghadapi tantangan dalam upaya mengintegrasikan teknologi pengelolaan bahan bakar yang canggih dengan sistem pasokan bahan bakar yang ada, seperti:

  • Menerapkan pemantauan tangki otomatis dan sistem kontrol bahan bakar tanpa pengawasan dengan benar yang dapat mendorong nilai bisnis yang lebih besar melalui akses ke penggunaan bahan bakar secara real time.
  • Solusi dan layanan manajemen bahan bakar yang memiliki kemampuan untuk memberikan perusahaan konstruksi dengan operasi pengisian bahan bakar mereka sendiri sebuah platform lengkap untuk mengelola operasi bahan bakar tersebut.
  • Solusi dan layanan pengelolaan bahan bakar yang membantu mengurangi biaya bahan bakar secara keseluruhan melalui operasi pengadaan yang lebih strategis, biaya transportasi yang lebih rendah, pengelolaan inventaris yang dioptimalkan, dan pengelolaan keuangan yang lebih bertarget, yang semuanya dapat menghasilkan peningkatan keuntungan
  • Perawatn Mesin yang kontinyu dan berkelanjutan juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar alat berat. Usahakan metode perawatan mesin di record dengan baik sehingga performa selalu optimal yang berujung pada efisiensi bahan bakar.
Baca Juga:  Kredit Alat Berat? Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengajukan Leasing

Selain itu, memastikan tingkat persediaan bahan bakar yang akurat sangat penting bagi perusahaan konstruksi, karena kehabisan bahan bakar bisa sangat mahal dan mengganggu kesuksesan keseluruhan proyek. Tidak peduli seberapa besar perusahaannya, mungkin ada kurangnya koordinasi dan komunikasi antara berbagai operasinya.

Hal ini dapat mengakibatkan proses pelaporan persediaan bahan bakar tambahan yang seringkali tidak perlu yang dapat menyebabkan runout yang mengganggu atau kebutuhan pengisian bahan bakar yang tidak efisien, dengan kesalahan yang berpotensi menyebabkan biaya bahan bakar yang lebih tinggi atau waktu henti peralatan yang menghambat.

Manajemen yang tepat memungkinkan perusahaan memitigasi risiko lingkungan dan mengurangi biaya pemeliharaan di lokasi dengan mengelola kepatuhan, mengoptimalkan rutinitas pemeliharaan, dan menentukan prioritas lokasi kerja.

Baca Juga:  Operator Challenge Caterpillar, Tantangan Operator Alat Berat dari Trakindo

Selain faktor manajemen diatas yang harus diperhatikan adalah kualitas dari bahan bakar yang digunakan. Hal ini karena dengan menggunakan minyak diesel berkualitas tinggi akan menjaga keawetan mesin.

Keuntungan menggunakan minyak diesel yang berkualitas:

  1. Putaran mesin menjadi lebih ringan
  2. Injector otomatis terawat jadi awet
  3. Spare part menjadi lebih awet
  4. Temperatur mesin terjaga, mesin tidak overheat
  5. Mesin tidak mengalami detonasi
  6. Produktifitas terjaga, pekerjaan lancar

 

Edukasi Operator Alat Berat

Sayangnya, banyak operator alat berat yang sering mengabaikan setandar operasional saat sedang mengoperasikan alat berat. Karena itulah, mulai banyak produsen yang menambahkan teknologi limited idle time pada alat berat yang diproduksinya. Selain dari idle time ini, masih ada beberapa cara lain untuk menghemat energi pada alat berat,

seperti yang disebutkan dalam situs motherearthnews.com , yaitu:

  • Batasi waktu idle saat start up dan shut down

Idle time di sini, bukanlah idle time pada saat alat berat sedang dioperasikan, melainkan idle time saat proses pemanasan (start up) dan pendinginan (shut down). Alat berat yang banyak diproduksi saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya, termasuk juga untuk masalah ini. Saat ini, alat berat tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pemanasan dan pendinginannya, sehingga membatasi waktu idle time untuk kedua proses ini sangatlah penting, namun juga aman bagi mesin.

  • Kurangi kecepatan mengemudi

Meskipun alat berat memiliki batas maksimal kecepatan hingga nilai tertentu, bukan berarti Anda harus memanfaatkan batas maksimal tersebut. Mengendarai alat berat dalam kecepat normal dan tidak terlalu terburu-buru dapat mempengaruhi besar energi yang digunakan.

  • Optimalkan gear up dan throttle bawah

Jangan hanya berpikir meningkatkan kemampuan mesin saja, tetapi juga harus mengetahui bagaimana pengaruh penggantian gigi terhadap konsumsi bahan bakar. Sebab, dengan mengurangi RPM mesin tanpa overloading pada ground speed , maka efisiensi bahan bakar dapat meningkat hingga 15 – 30 % pada setengah kekuatan dan 5 -15 % pada tiga per empat daya.

  • Menjaga tekanan ban

Tekanan ban yang tidak disesuaikan dengan yang dianjurkan dapat sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar, meningkat hingga mencapai 3 %. Untuk mengatasi ini, pastikan bahwa tekanan ban sesuai dengan aturan sebelum penggunaan alat berat.

  • Antisipasi kebutuhan reposisi

Memindahkan alat berat semaunya saat tidak dibutuhkan juga dapat membuat konsumsi energi semakin meningkat.

Baca Juga:  Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker