Konstruksi

Manajer Teknik Konstruksi, Peran dan Fungsinya dalam Proyek

Manajer Teknik Konstruksi, Peran dan Fungsinya dalam Proyek. Manajemen rekayasa konstruksi, atau CEM, melibatkan penerapan pengetahuan teknis dan ilmiah untuk proyek-proyek konstruksi infrastruktur. Sementara teknik berfokus pada desain dan manajemen konstruksi berkaitan dengan mengawasi konstruksi aktual, CEM sering merupakan perpaduan dari kedua disiplin ilmu, desain jembatan dan manajemen atau pelaksanaan proyek.

Manajer teknik konstruksi dapat memiliki latar belakang pendidikan di tingkat sarjana dan pascasarjana serta pengalaman dalam teknik manajemen konstruksi. Keahlian mereka dapat diterapkan secara luas pada industri arsitektur, teknik, dan konstruksi (MEA).

 

Apa yang Dilakukan Manajer Teknik Konstruksi?

Manajer teknik konstruksi adalah pemain kunci dalam keberhasilan penyelesaian proyek konstruksi. Selama karirnya, seorang manajer teknik konstruksi cenderung bekerja dan mengawasi berbagai proyek.

Ini mungkin termasuk desain sistem drainase dan air limbah, konstruksi bangunan, atau bahkan proyek infrastruktur yang lebih besar seperti mengembangkan jalan raya atau jalur kereta api. Yang lain memilih untuk fokus pada satu jenis konstruksi tertentu dan membangun karier di sekitarnya. Beberapa spesialisasi umum meliputi:

  • Bisnis komersial atau konstruksi perumahan
  • Desain sistem kelistrikan
  • HVAC / mekanik
  • Konstruksi jalan raya / berat (bangunan jembatan, desain bandara, sistem pengelolaan limbah air, dll.)
Baca Juga:  Panel surya untuk konstruksi jalan raya. Solusi listrik murah masa depan

 

Latar Belakang Teknis dan Kepemimpinan

Manajer sering diminta untuk menggunakan komputer dan perangkat lunak manajemen konstruksi untuk menghasilkan dan menganalisis desain untuk proyek mereka.

Mereka bertanggung jawab untuk membentuk tim insinyur yang memenuhi syarat yang dapat memastikan penyelesaian proyek yang diberikan. Manajer teknik konstruksi juga perlu memiliki pengetahuan yang tepat untuk mengendalikan estimasi dan perencanaan biaya terkait untuk suatu proyek.

 

Tanggung Jawab kerja Manajer Teknik Konstruksi

Manajer teknik sering bekerja di luar kantor pusat tetapi sering melakukan kunjungan ke lokasi kerja dan kadang-kadang terlibat dalam pekerjaan di lokasi dengan tenaga kerja. Mereka juga mengunjungi lokasi secara teratur untuk memeriksa pekerjaan yang sedang dilakukan dan untuk memastikan bahwa standar yang tepat dalam proyek konstruksi dipertahankan.

Baca Juga:  Kaca Tempered untuk Bangunan dan Konstruksi

Seorang manajer teknik juga memiliki sejumlah tanggung jawab lain. Ia sering dipanggil untuk mensurvei lokasi kerja sebelum permulaan proyek, menangani masalah lingkungan dan hukum atau kode setempat yang harus diikuti. Sebelum pekerjaan dimulai, seorang manajer teknik biasanya menyiapkan laporan tentang temuan mereka dan bekerja sama dengan orang lain yang terlibat dengan proyek, termasuk lembaga pemerintah, asosiasi lingkungan, kontraktor, dan subkontraktor.

 

Keahlian dan Keahlian Profesional

Manajer konstruksi harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang hukum, peraturan, dan kode bangunan, terutama yang memiliki dampak langsung pada proyek yang dihadapi. Mereka juga harus dapat memperkirakan total biaya proyek yang diberikan dengan pertimbangan untuk:

  • Inspeksi situs
  • Tes tingkat drainase, air limbah, dan ketinggian
  • Peralatan dan material
  • Tenaga kerja
Baca Juga:  Pondasi Beton Pracetak, Keunggulan & Kelemahan Pondasi Pracetak

Manajer konstruksi juga bertanggung jawab untuk mengelola cara kerja berbagai entitas lain yang terlibat dalam proyek. Mereka bertanggung jawab untuk menyediakan pengawasan ahli dari awal hingga akhir sambil juga menjaga agar proyek berjalan sesuai atau lebih cepat dari jadwal dan sesuai anggaran. Pekerjaan ini membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan keterampilan interpersonal dan perhatian terhadap detail. Seperti jenis insinyur lainnya, manajer teknik konstruksi perlu memiliki keterampilan memecahkan masalah, analitis, dan matematika yang kuat.

Kata Kunci:

manajer konstruksi

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker