Farm & GardenPLTS

Manfaat Panel Surya untuk Pertanian

Agrovoltaic APV panel surya untuk mendapatkan hasil panen lebih banyak

Manfaat panel surya untuk pertanian tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum, padahal menurut sebuah studi di Universitas Arizona panel surya tidak hanya memberikan energi listrik saja namun juga dapat membantu pertumbuhan tanaman pertanian untuk menghasilkan panen yang lebih banyak,

Tanaman pertanian seperti cabai, dan tomat dapat tumbuh dan berkembang lebih baik sehingga hasil panen meningkat. Universitas Arizona telah melakukan penelitian untuk hal tersebut, dan hasilnya cukup signifikan jika komoditas pertanian seperti cabai merah dan dan tomat ditanam dibawah panel surya mampu meningkatkan hasil panen kedua komoditas tersebut.

Manfaat Panel Surya untuk Pertanian kebun apv

Agrovoltaic (APV) merupakan istilah yang digunakan oleh peneliti dalam hal peningkatan hasil pertanian dengan menggunakan panel surya (photovoltaic).

Baca Juga:  Gaya Aquascape, ide desain, dan Model Aquascape yang Populer

Studi agrivoltaic menunjukkan bahwa sistem agrivoltaics secara signifikan mempengaruhi tiga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan reproduksi tanaman: suhu udara, sinar matahari langsung dan kebutuhan akan air dari atmosfer sekitar.

Penggunaan panel surya untuk pertanian menurut studi tersebut sangat sesuai digunakan didaerah pertanian beriklim panas. Komoditas pertanian yang ditanam dibawah panel surya didaerah panas membantu mengurangi panas berlebihan panel surya yang dapat menurunkan daya output energi listrik yang dihasilkan.

Manfaat Panel Surya untuk Pertanian agriphotovoltaic

Komoditas pertanian yang ditanam dibawah panel surya mampu menghasilkan suhu siang hari yang lebih sejuk dan suhu malam hari yang lebih hangat daripada sistem penanaman tradisional dengan sistem lahan terbuka. Juga defisit tekanan uap yang lebih rendah dalam sistem agrivoltaics, menyebabkan  ada lebih banyak uap air di udara.

Baca Juga:  Workshop PLTS Atap & Smart Building Surabaya Disambut Antusias Peserta

Sistem irigasi yang dilakukan pada tanaman agrivoltaic dapat mendukung pertumbuhan tanaman selama berhari-hari, bukan hanya berjam-jam, seperti dalam praktik pertanian saat ini.

Temuan ini menunjukkan penggunaan air untuk irigasi dapat dikurangi tetapi tetap mempertahankan tingkat hasil panen.

Di daerah panas dengan kondisi air terbatas, tentunya agrivoltaic dapat mengurangi biaya untuk irigasi yang biasanya menggunakan disel untuk menyedot air dari dalam tanah.

Dengan agrivoltaic kelembaban tanah tetap sekitar 15% lebih tinggi daripada mengairi sesuai jadwal umumnya pada pertanian lahan terbuka.

Banyak manfaat yang didapat dengan menggunakan panel surya baik untuk kebutuhan energi terbarukan rumah tangga, industry, maupun pertanian. Maka, dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat kedepan trend pemakaian panel surya diprediksi akan meningkat.

Baca Juga:  Aquascape Sebagai Elemen Penunjang Interior Hunian

Komentar

comments

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker