Beton dan SemenPertukangan Bangunan

Material Perbaikan Struktur Beton yang Rusak dan Cacat

Bahan Untuk Perbaikan Struktur Beton

Material Perbaikan Struktur Beton yang Rusak dan Cacat. Ada berbagai jenis bahan yang digunakan untuk perbaikan struktur beton. Misalnya, mortar atau nat semen Portland yang tidak dimodifikasi, mortar atau beton semen Portland yang dimodifikasi lateks, mortar non-susut yang dipasang cepat, dan beton polimer.

Pilihan bahan-bahan tersebut didasarkan pada kinerja dan biaya mereka. Selain memperbaiki kompatibilitas bahan dengan struktur yang rusak dan kemudahan aplikasi.

Ketika kerusakan disebabkan oleh serangan kimia, mungkin perlu menggunakan semen atau lapisan pelindung yang berbeda. Beton yang diperbaiki gagal terutama karena kegagalan atau kegagalan sebagian dari ikatan antara pekerjaan lama dan baru.

Standar ikatan yang dikembangkan antara beton lama dan baru terkait langsung dengan perawatan yang diambil dalam persiapan beton dasar. Oleh karena itu, tidak hanya pekerjaan perbaikan yang berhasil memerlukan pemilihan bahan perbaikan yang sangat baik tetapi juga perlu mempraktikkan prosedur eksekusi yang tepat.

Baca Juga:  Scaffolding Atau Perancah yang Digunakan Pada Konstruksi

 

Kriteria Material Perbaikan Struktur Beton

  • Kemudahan aplikasi
  • Biaya
  • Keterampilan dan peralatan tenaga kerja yang tersedia
  • Umur simpan material
  • Kehidupan pot bahan
  • Jenis kerusakan
  • Kompatibilitas bahan perbaikan dengan beton yang rusak
  • Penampilan permukaan setelah finish
  • Koefisien ekspansi termal material
  • Co-efisien dari permeabilitas material
  • Properti ketahanan korosi material
  • Daya tahan bahan perbaikan beton tersebut
  • Kecepatan perbaikan beton

 

Material Perbaikan Struktur Beton

Berikut adalah beberapa bahan perbaikan umum yang digunakan untuk perbaikan atau rehabilitasi atau penguatan struktur beton:

1. Mortar atau Nat Semen Portland yang tidak dimodifikasi

Mortar atau nat semen Portland adalah bahan perbaikan yang paling umum digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada struktur beton. Material dipilih karena sudah tersedia dan memiliki biaya rendah.

Bahan ini terdiri dari semen Portland biasa dan agregat yang cocok. Mortar semen umumnya digunakan untuk pekerjaan perbaikan kecil dan beton semen biasanya dipilih di mana area yang besar akan diperbaiki.

Baca Juga:  Jenis dan Proses Pembentukan Baja Struktural (Hot and Cold Forming)

 

2. Lateks Modifikasi Semen atau Beton

Bahan perbaikan ini digunakan untuk mencegah serangan klorida pada struktur beton karena penggunaan rasio air-semen yang rendah. Ini sama dengan mortar atau grout semen Portland biasa dengan penambahan emulsi lateks. Kekuatan bahan ini sama dengan mortar atau nat biasa. Ingress dapat dikurangi karena rasio air-semen yang lebih rendah.

Penambahan latex modifier mempengaruhi kekuatan dan daya tahan semen. Penggunaan material ini harus didasarkan pada kondisi layanan struktur.

Beton pengubah lateks yang direkomendasikan untuk bagian dengan kedalaman hingga 30mm, harus memiliki perbandingan 1: 3-3.5 sebagai perbandingan semen dan agregat halus.

Rasio air harus 0,3 dengan rasio semen padat lateks 0,1 sampai 0,2 berat. Beton pengubah lateks yang direkomendasikan untuk bagian yang lebih dalam dari 30mm harus memiliki proporsi 1 bagian semen menjadi 2,5-3 bagian agregat halus menjadi 1,5-2 bagian agregat kasar.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Semen dan Kegunaanya

 

3. Beton Polimer Atau Epoxy

Retakan pada permukaan beton karena susut beton diperbaiki oleh material ini. Bahan ini mengembangkan ikatan yang baik dengan beton lama. Penggunaan pencampuran yang cocok dikombinasikan dengan bahanini juga meningkatkan kekuatan dan meningkatkan ikatan dan kemampuan kerja sekaligus mengurangi waktu perawatan.

Beton polimer paling populer yang digunakan adalah sistem beton epoksi dengan bahan pengawet atau monomer metil metakrilat dengan inhibitor dan promotor. Sistem epoksi tersedia secara luas dalam bahan perbaikan yang diformulasikan. Bahan perbaikan ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan untuk digunakan dalam perbaikan berbagai jenis kerusakan beton.

Komentar

comments

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker