Kelistrikan dan Elektronika

Fungsi MCB dan Manfaat MCB dalam Instalasi Listrik

Cara Kerja MCB dan Teknis Pemasangan MCB

MCB (Miniature Circuit Breaker) atau pemutus tenaga berfungsi untuk memutuskan suatu rangkaian apabila ada arus yamg mengalir dalam rangkaian atau beban listrik yang melebihi kemampuan. Misalnya adanya konsleting dan lainnya.

Pemutus tenaga ini ada yang untuk satu phase dan ada yang untuk 3 phase. Untuk 3 phase terdiri dari tiga buah pemutus tenaga 1 phase yang disusun menjadi satu kesatuan. Pemutus tenaga mempunyai 2 posisi, saat menghubungkan maka antara terminal masukan dan terminal keluaran MCB akan kontak.

Pada posisi saat ini MCB pada kedudukan 1 (ON), dan saat ada gangguan MCB dengan sendirinya akan melepas rangkaian secara otomatis kedudukan saklarnya 0 (OFF), saat ini posisi terminal masukan dan keluaran MCB tidak sambung.

 

Jenis MCB

Otomat-L (Untuk Hantaran)

Pada Otomat jenis ini pengaman termisnya disesuaikan dengan meningkatnya suhu hantaran. Apabila terjadi beban lebih dan suhu hantarannya melebihi suatu nilai tertentu, elemen dwi logamnya akan memutuskan arusnya. Kalau terjadi hubung singkat, arusnya diputuskan oleh pengaman elekromagnetiknya. Untuk arus bolak-balik yang sama dengan 4 In-6 In dan arus searah yang sama dengan 8 In pemutusan arusnya berlangsug dalam waktu 0.2 detik.

 

Otomat-H (Untuk Instalasi Rumah)

Secara termis jenis ini sama dengan Otomat-L. Tetapi pengaman elektromagnetiknya memutuskan dalam waktu 0,2 sekon, jika arusnya sama dengan 2,5 In–3 In untuk arus bolak-balik atau sama dengan 4 In untuk arus searah. Jenis Otomat ini digunakan untuk instalasi rumah. Pada instalasi rumah, arus gangguan yang rendah pun harus diputuskan dengan cepat. Sehingga jika terjadi gangguan tanah, bagian-bagian yang terbuat dari logam tidak akan lama bertegangan.

Baca Juga:  Menghitung Kebutuhan Panel Surya untuk Rumah Tangga

OtomatG

Jenis Otomat ini digunakan untuk mengamankan motormotor listrik kecil untuk arus bolakbalik atau arus searah, alatalat listrik dan juga rangkaian akhir besar untuk penerangan, misalnya penerangan pabrik. Pengaman elektromagnetiknya berfungsi pada 8 In11 In untuk arus bolakbalik atau pada 14 In untuk arus searah. Kontakkontak sakelarnya dan ruang pemadam busur apinya memiliki konstruksi khusus. Karena itu jenis Otomat ini dapat memutuskan arus hubung singkat yang besar, yaitu hingga 1500 ampere.

membaca kode MCB
Arti kode mcb listrik

Cara Kerja Miniatur Circuit Breaker

Thermis

Prinsip kerjanya berdasarkan pada pemuaian atau pemutusan dua jenis logam yang koefisien jenisnya berbeda. Kedua jenis logam tersebut dilas jadi satu keping (bimetal) dan dihubungkan dengan kawat arus. Jika arus yang melalui bimetal tersebut melebihi arus nominal yang diperkenankan maka bimetal tersebut akan melengkung dan memutuskan aliran listrik.

Magnetik

Prinsip kerjanya adalah memanfaatkan arus hubung singkat yang cukup besar untuk menarik sakelar mekanik dengan prinsip induksi elektromagnetis. Semakin besar arus hubung singkat, maka semakin besar gaya yang menggerakkan sakelar tersebut sehingga lebih cepat memutuskan rangkaian listrik dan gagang operasi akan kembali ke posisi off. Busur api yang terjadi masuk ke dalam ruangan yang berbentuk pelat-pelat, tempat busur api dipisahkan, didinginkan dan dipadamkan dengan cepat.

Miniature Circuit Breaker (MCB) di desain dengan fungsi utama untuk :

  • mengamankan kabel terhadap beban lebih dan arus hubung singkat.
  • melewatkan arus tanpa pemanasan lebih.
  • membuka dan menutup sebuah sirkuit di bawah arus pengenal.
Baca Juga:  Harga MCB Schneider Berbagai Tipe dan Jenis 2022
gambar bagian dalam mcb
gambar bagian dalam mcb

 

Memilih MCB

Pemilihan pemutus tenaga ditentukan oleh beberapa hal :

 Standar

  1. SPLN 108 / SLI 175, bila digunakan oleh pemakai umum (instalasi perumahan kapasitas pemutusan rendah)
  2. IEC 60947 bila digunakan oleh ahlinya (aplikasi industri kapasitas pemutusan tinggi).

Kapasitas pemutusan

Kapasitas pemutusan suatu pemutus tenaga harus lebih besar dari arus hubung singkat pada titik instalasi di mana pemutus tenaga tersebut dipasang. Pada diagram garis suatu sistem, disarankan untuk juga menyebutkan besar kapasitas pemutusan di samping arus pengenal pemutus tenaga yang digunakan.

Arus pengenal

Arus pengenal pemutus tenaga harus disesuaikan dengan besarnya arus beban yang dilewatkan kabel dan lebih kecil dari arus yang diijinkan pada kabel.

Tegangan

Tegangan operasional pengenal pemutus tenaga harus lebih besar atau sama dengan tegangan sistem

Jumlah kutub

( 1 phase atu 3 phase)

Bentuk kurva trip

  • Kurva c: Mengontrol arus sebesar 5 sampai 10 In dan melindungi sirkit dari arus hubung singkat tinggi di dalam suatu distribusi.
  • Kurva d dan k : Memutuskan arus antara 10 sampai 14 In, untuk aliran arus awal yang tinggi seperti LV/LV trafo.
  • Kurva Z : 2,4 sampai 3,6 In untuk perlindungan tehadap sirkit elektronik
  • Kurva MA: 12 In hanya untuk perlindungan terhadap arus hubung singkat dan aliran arus yang awal yang tinggi seperti motor dan koil.
  • Kurva B: 3 sampai 5 In, untuk perlindungan terhadap arus hubung singkat yang rendah pada generator.
Baca Juga:  Baterai Panel Surya, Panduan Sebelum Memilih Baterai Tenaga Surya

Ketentuan pemasangan MCB:

MCB harus menyertakan fixed unadjustable time/current tripping characteristicyang dikalibrasi berdasarkan Standard Internasional/B.S 3871 Bagian 1 pada temperatur 40 derajat Celcius. Kemampuankemampuan lainnya harus seperti yang ditentukan untuk MCCB.

Semua sirkuit MCB yang melindungi sirkuit luar harus yang otomatis dan dilengkapi dengan pelindung yang sesuai terhadap beban lebih dan hubung singkat. Kapasitas pemutusan hubung singkat dari circuit breakertidak boleh kurang dari tingkat kesalahan yang terjadi maksimum di titik dimana sirkuit tersebut bertanggung jawab atas pemilihan dan pemberian jenis circuit breaker yang tepat untuk perlindungan jenis sirkuit yang berbeda. MCB masuk dari panelpanel distribusi dimana feederdipasang dengan meteran listrik PLN harus dari jenis yang diizinkan oleh PLN

Kata Kunci:

fungsi mcb,memasang termis l,kegunaan mcb listrik,jenis mcb dan arusnya,jenis mcb dan kegunaannya,fungsi mcb listrik,Manfaat mcb,manfaat ncb,mata bor untuk memasang pipa listrik di tembok,mCB thermis

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami