Pertukangan Kayu

Memilih Antara Partikel Board vs MDF untuk Funiture

Memilih antara partikel board cs mdf untuk furniture. Saat ini material pengganti kayu banyak sekali digunakan untuk furniture, salah satunya adalah MDF dan Partikel Board.

Partikel banyak digunakan untuk berbagai furniture dengan harva dan kualitas menengah ke bawah sebab harga partikel paling murah dibawah mdf, block board, dan plywood.

Mengenal Papan Partikel atau Partikel Board

Terbuat dari komposit yang dipress dwngan sistem pemanas. partikel board terbuat dari limbah berbasis kayu diikat dengan resin formaldehida.  Partikel board merupakan bahan bangunan padat yang digunakan sejak 1960-an.

Baik untuk berbagai aplikasi termasuk countertops, lemari, pintu, lantai, dinding panel, dan furnitur, partikel lebih padat daripada kayu dan karena itu lebih kuat.

partikel atau particle board

Namun partikel sangat tidak tahan terhadap perubahan cuaca dan kelembaban. Untuk berbagai furniture out door yang terpapar panas dan lembab, partikel board sangat tidak direkomendasikan.

Mengenal MDF (Medium Density Board)

MDF, jauh lebih padat daripada partikel. Ini juga merupakan bahan bangunan berbasis kayu komposit ditekan bersama-sama dari kombinasi serat kayu sisa, lilin, dan resin formaldehida. Seperti partikel, MDF digunakan sebagai pengganti kayu lapis. Dibandingkan dengan kayu solid, MDF jauh lebih murah dan cocok untuk dilapisi veneer, HPL, maupun tacosheet.

Ketika harus memilih antara MDF atau partikel, Anda pada dasarnya mendapatkan hal yang sama, meskipun MDF jauh lebih padat dan karena itu lebih kuat dari partikel.

Keduanya mengandung bahan kimia beracun dalam produksi mereka, akan retak jika terlalu banyak terpapar kelembaban, dan tidak cocok untuk finishing produk kayu. Selain itu bahan perekatnya juga bisa mengganggu kesehatan.

Namun demikian, harga dari kedua komposit berbasis kayu lebih murah daripada kayu solid dan beberapa kayu lapis. Satu-satunya hal yang menarik menggunakan mdf atau partikel board adalah harganya yang murah dan kekuatannya yang baik asal tidak kena lembab.

Sekarang pilihan tentu kembali kepada produsen terkait dengan target pasarnya. Apakah untuk kelas dengan harga murah atau dengan harga yang premium. Konsumen juga bisa mempertimbangkan untuk menentukan pilihan.

Kata Kunci:

cara finishing mdf,mengecat papan mdf,cat yang cocok untuk mdf,cat duko untuk mdf,jual mdf semarang,cara mengecat duco bahan dasar mdf,cara duco mdf,cat primer mdf,roster bata di semarang,https://googleweblight com/i?u=https://www crafter id/tag/finishing-mdf-dengan-cat-duco/&grqid=Q67EmLVG&s=1&hl=id-ID

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker