3D Printing & CNC

Memilih CNC Mach 3 Atau GRBL (Arduino)? Keunggulan & Kelemahannya

Mach3 VS GRBL Arduino Keunggulan dan Kelemahan

Pengontrol adalah salah satu bagian penting dari semua mesin CNC, laser, atau 3D. Jika tidak ingin membeli pengontrol industri, Kalian memiliki dua pilihan: Mengubah papan Arduino menjadi pengontrol CNC atau mengubah komputer menjadi pengontrol CNC.

Pengontrol berbasis Arduino menggunakan firmware seperti GRBL untuk mengontrol mesin CNC, sedangkan Mach3 atau Mach4  adalah perangkat lunak kontrol untuk komputer. Kami akan membandingkan kedua metode ini secara menyeluruh dari perbedaan perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Secara pribadi, saya lebih suka pengontrol Arduino daripada sistem komputer sebagai pengontrol. Tapi, pilihan tergantung pada preferensi pribadi Kalian. Misalnya, Mach3 suport hingga 6 sumbu sedangkan GRBL cuma suport maksimal 4 sumbu.

Perbedaan Hardware GRBL vs Mach (Arduino vs Parallel Port)

Semua pengontrol Arduino CNC seperti GRBL memiliki pengaturan yang sama dengan pengontrol industri: mereka menggunakan mikrokontroler seperti komputer mini. Papan Arduino memiliki banyak pin untuk tugas kontrol yang berbeda.

Mach3 (Mach4)  menggunakan motherboard komputer dan port paralelnya untuk mengaksesnya.

Dalam metode ini, Kalian harus membeli perangkat gerak eksternal atau papan breakout (BOB) karena dua alasan berikut:

  • Produsen komputer telah lama menghilangkan port paralel, jadi memerlukan perangkat gerak eksternal untuk memperpanjang pin dari USB atau ethernet komputer Anda.
  • Bahkan jika komputer Kalian memiliki port paralel, harus mengisolasi motherboard komputer Anda dari kemungkinan lonjakan arus listrik dan memperpanjang pinnya untuk pengkabelan. kalin harus membeli BOB yang memiliki optoisolator (optocoupler) yamg bagus.
Baca Juga:  Seberapa Ramah Lingkungan Mesin 3D Printer?

 

GRBL vs Mach: Pengontrol Mandiri vs Komputer Khusus

CNC, laser, atau printer 3D  adalah mesin lengkap dengan pengontrol khusus seperti GRBL. Kalian dapat menyambungkannya dengan komputer mana pun dan mengirim kode G.

Tetapi jika membeli Mach3, hanya laptop dengan perangkat lunak kontrol ini yang dapat terhubung ke CNC dan menjadi bagian dari perangkat kerasnya. JIka Digunakan komputer lain harus melakukan setting ulang dan pengaturan ulang, serta gunakan versi windows lama agar stabil jika terjadi update windows biasanya akan terjadi bug.

Kemudahan Penggunaan, Sistem Pembelajaran, dan Antarmuka Pengguna

Seperti yang kami sebutkan, GRBL memiliki banyak perangkat lunak kontrol yang dikembangkan oleh komunitas karena open source. GRBL sangat mudah dipelajari oleh pemula dan pelajar, Ada banyak dukungan GRBL untuk pemula.

Mach3 memiliki sistem yang cukup kompleks karena didesain awalnya untuk kelas industri sehingga membutuhkan pembelajaran yang lebih dalam. Sayangnya Mach3 sudah dihentikan dukungannya oleh produsen karena sudah ada penggantinya yaitu Mach4.

Baca Juga:  3D Printer: Masa Depan Dunia Konstruksi dan Manufaktur
BOB mach3
BOB Mach3

Sistem GRBL memiliki prospek kedepan yang lebih berkembangan karena teknologinya sangat cepat mengadopsi IOT. Misalnya bisa menggunakan kontroller ESP 32, STM 32, dll yang lebih canggih dari papan arduino uno.

Selain itu, berbagai perangkat lunak kontrol GRBL umumnya memiliki UI yang lebih baik daripada Mach3. Namun, Mach4 telah meningkatkan UI-nya secara signifikan.

OpenBuilds Control memiliki fitur GRBL keren di mana Anda dapat menjalankan CNC dengan ponsel Anda bahkan mengintall ulang perangkat lunak atau firmware dengan mudah. Singkatnya, GRBL lebih ramah pengguna dan ramah pemula daripada Mach3.

Kemampuan: GRBL vs Mach3 atau Arduino vs Port Paralel

Keunggulan Mach3 dibandingkan GRBL ada pada kemampuannya:

  • Mach3 (Mach4) dapat mengontrol mesin 6 sumbu (XYZABC) tetapi GRBL hanya dapat mengontrol mesin 3 sumbu. GRBL 1.1 yang lebih baru dapat mengontrol 4 motor stepper.
  • Mach3 mendukung fungsi Makro seperti siklus can. GRBL tidak mendukung ini.
  • Mach3 mengontrol CNC hampir secara real-time.
  • Mach3 menampilkan data yang lebih relevan kepada pengguna terkait posisi mesin. Namun, ini tidak terlalu penting karena Anda selalu dapat menanyakan GRBL jika Anda menginginkan data tertentu.
Baca Juga:  Panduan Keselamatan Umum dalam Penggunaan Laser Cutting

Arduino controller

Tapi ingat bahwa ini bukan keunggulan Mach3 dibandingkan pengontrol Arduino. Ini adalah keunggulan Mach3 dibandingkan GRBL saja. Pengontrol GRBL yang memakai sistem 32 bit bahkan bisa dikontrol dengan wifi dan bluetooth sehingga lebih ringkas dan efisien.

Kesimpulan

Mach3 dan GRBL menggunakan pengaturan perangkat keras yang berbeda untuk pengontrol CNC. GRBL mengubah papan Arduino menjadi pengontrol CNC khusus. Pengaturan hardware ini sama dengan pengontrol industri.

Di sisi lain, Anda dapat mengubah komputer Anda menjadi pengontrol CNC dengan Mach3. Pengaturan perangkat keras ini memerlukan papan breakout dan optoisolator.

Singkatnya, GRBL lebih mudah dan lebih ramah bagi pemula daripada Mach 3. GRBL dikembangkan dengan beragam perangkat lunak untuk kontroller, gratis dan opensource.

Di sisi lain, Mach3 dapat mengontrol CNC 6-sumbu, mendukung siklus Can, dan mengontrol CNC secara real-time. Tetapi pengontrol Arduino lainnya mencapai semua kemampuan ini. Mach3 sudah tidak didukung oleh Artshoft sehingga jika windows melakukan update bisa terjadi eror. Cara paling aman adalah menggunakan windows versi lama dan mematikan fitur update.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami