Berkebun

Menanam Bawang Putih Dalam Pot

Menanam Bawang Putih Dalam Pot. Menanam bawang putih dalam pot bisa jadi proyek yang menyenangkan bagi pemula maupun  yang hobi bertanam. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya manfaat karena kandungan oksidan yang tinggi. Selain itu, menanam bawang putih dalam pot bisa mengontrol kebutuhan bumbu dapur untuk keluarga yang relatif bebas dari pestisida maupun obat-obatan pertanian.

Jika tertarik untuk menanam bawang putih dalam pot maupun halaman rumah hal yang harus diketahui adalah kecukupan sinar matahari karena bawang putih membutuhkan cahaya yang cukup. berikut ini langkah-langkahnya:

 

  • Siapakan Pot atau wadah dengan kedalaman 20 cm. Pastikan pot atau wadah mempunyai lubang drainase di bawahnya.
  • Dapatkan umbi bawang putih yang sesuai untuk penanaman. Anda dapat membelinya di pusat pembibitan tanaman atau dari kebun tetangga. Bawang putih utuh disebut umbi. Sebongkah umbi terdiri dari beberapa butir “siung” yang masing-masing dapat ditanam. Mungkin Anda perlu mendapatkan umbi bawang putih dari toko penyedia kebutuhan berkebun, karena banyak umbi bawang putih yang dijual di pasar swalayan telah terpengaruh oleh bahan-bahan kimia yang mencegahnya bertunas serta tidak akan tumbuh bagus.
  •  Campurlah media tanam pot (tanah berkompos siap pakai) dengan pasir dari kebun. Sebaiknya campurlah dengan perbandingan 3 bagian tanah dan 1 bagian pasir.
  • Isi Pot dengan tanah hingga 3/4 bagian atau sisakan 2,5 cm dari atas bibir pot.
  • Ambil umbi bawang putih dan pisahkan siung-siungnya. Tanamlah siung bawang putih tersebut dengan posisi ujung yang rata (bagian bawah) menghadap ke bawah dan ujung yang lancip menghadap ke atas.
  • Letakkan pot di area yang terpapar sinar matahari langsung kira-kira 8 jam per hari. Tempat terbaik untuk meletakkan pot tersebut adalah ambang jendela dapur.
  • Siram secara Rutin dan berikan pupuk organik untuk mempercepat pertumbuhannya.
  •  Saat tunas bunga mulai muncul, pangkaslah pada bagian dasarnya. Jika Anda memotong bunga tersebut, seluruh energi akan dialihkan untuk membuat umbi lebih besar.
  • Pada usia 4 Bulan Bawang putih mulai bisa dipanen, tandanya daun sudah mulai mengering dan layu.
  • Gantunglah bawang putih hasil panenan tersebut di tempat yang kering dan sejuk, seperti garasi. Bawang putih sebaiknya dikeringkan selama kira-kira satu minggu.
Baca Juga:  Sisa Sayuran yang Bisa Ditanam Ulang
Cara tanam bawang putih
Cara tanam bawang putih

Selain untuk bumbu dapur bawang putih mengandung anti oksidan tinggi, Berikut manfaat bawang putih untuk berbagai jenis penyakit.

 

  • Membantu mengobati jerawat

Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Meski demikian, kita tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

 

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.

Baca Juga:  Berkebun di Apartemen? Mengapa Tidak!, Berikut Panduannya

 

  • Mencegah pembekuan darah

Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

 

  • Mencegah kanker

Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

Kata Kunci:

cara penyemaian bawang putih tanam di pot
Baca Juga:  Cara Membuat Taman Vertikal, Solusi Halaman Rumah Mungil

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker