Harga Bahan BangunanPertukangan Kayu

Mengenal HPL, Merek HPL di Pasaran dan Kisaran Harga HPL

Harga HPL Taco, Eco, Arborite, dan HPL App 2023

Harga HPL Taco, Eco, Arborite, dan HPL App 2023. Saat ini berbagai ragam interor baik furniture, kitchenset, dan ornamen dinding banyak menggunakan material pelapis sintesis.

Material pelapis sintesis ada beragam jenis, diantaranya Viconsit, tacosheet, vinil, dan HPL. HPL boleh dibilang sebagai pelapis yg plg umum digunakan karena tahan lama dan tersedia beragam jenis dan warna.

Viarian jenis dan warna HPL sangat beragam mulai dari warna solid, tekstur, logam, batuan, hingga serat kayu. Harga dan ketebalan juga sangat bervariasi. Ketebalan HPL mulai 0,8 mm hingga 1,5mm dengan dimensi lebar 122cm dan panjang 244 cm.

Sejarah HPL

HPL pertama kali dikembangkan pada tahun 1907 oleh Daniel O’Conor dan Herbert A. Faber, dua insinyur dari Westinghouse Electric. Mereka menemukan metode untuk menggabungkan kertas dengan bahan isolasi yang dikenal sebagai phenolic resin dengan menerapkan tekanan tinggi dan panas. Hasilnya adalah lapisan komposit yang kuat, tahan lama, dan tahan terhadap panas dan api. HPL pertama kali digunakan dalam industri listrik sebagai isolasi untuk peralatan listrik. Namun, seiring berjalannya waktu, aplikasi HPL berkembang lebih jauh dan mencakup berbagai bidang, termasuk konstruksi.

Komposisi HPL

HPL memiliki komposisi yang terdiri dari beberapa lapisan yang dirakit secara bersama-sama untuk membentuk produk akhir yang kuat dan tahan lama. Komponen utamanya meliputi:

  1. Kertas Kraft Berlapis Melamin (Melamine-Impregnated Kraft Paper): Ini adalah lapisan dasar HPL yang terbuat dari serat kertas kraft yang diperkuat dengan resin melamin. Resin melamin memberikan ketahanan terhadap air, panas, dan keausan. Selain itu, lapisan ini juga memiliki sifat isolasi panas yang baik.
  2. Lapisan Dekoratif (Decorative Layer): Ini adalah lapisan yang memberikan estetika pada HPL. Lapisan dekoratif ini dicetak dengan berbagai desain, termasuk kayu, batu, logam, kain, atau pola lainnya. Ini adalah apa yang memberikan HPL tampilan akhirnya.
  3. Lapisan Overlay (Overlay Layer): Lapisan ini adalah lapisan tipis yang terbuat dari kertas kraft yang juga diperkuat dengan resin melamin. Ini bertujuan untuk melindungi lapisan dekoratif dari kerusakan fisik dan mempertahankan keindahan permukaan HPL.
  4. Lapisan Balik (Backer Sheet): Lapisan ini sering terbuat dari kertas kraft atau kertas lainnya yang dilapisi resin melamin. Lapisan balik digunakan untuk menyeimbangkan ketegangan yang terjadi pada lapisan depan HPL dan memastikan kestabilan produk akhir.

Selain komponen utama ini, beberapa tambahan seperti pigmen pewarna, bahan anti-api, dan pengeras dapat digunakan dalam produksi HPL untuk memberikan sifat-sifat tertentu seperti tahan terhadap api atau anti-bakteri.

Proses Produksi HPL

Proses produksi HPL melibatkan beberapa tahap kunci, yang mencakup pemilihan bahan dasar, pencampuran resin, laminasi, pengeringan, pemotongan, dan pemurnian. Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang setiap tahap dalam produksi HPL:

a. Pemilihan Bahan Dasar:

  • Bahan dasar HPL biasanya terbuat dari kertas kraft yang diperlakukan dengan fenolik resin atau resin melamin. Kertas kraft memiliki sifat kekuatan yang baik dan daya tahan terhadap kelembaban.
  • Lapisan dekoratif berisi cetakan gambar atau pola yang akan terlihat di permukaan HPL.

b. Pencampuran Resin:

  • Bahan dasar kertas dicampur dengan resin fenolik atau melamin, yang memberikan kekuatan dan tahan lama pada HPL.
  • Pigmen pewarna juga dapat ditambahkan pada tahap ini untuk memberikan warna dan desain yang diinginkan.

c. Laminasi:

  • Lapisan dekoratif diletakkan di antara dua lembaran bahan dasar yang telah dicampur dengan resin.
  • Seluruh konstruksi ini ditempatkan di dalam sebuah pres yang menerapkan tekanan tinggi (biasanya sekitar 70 hingga 100 bar) dan panas (sekitar 150 hingga 160 derajat Celsius) selama beberapa menit.
  • Tekanan dan panas yang tinggi mengakibatkan bahan dasar dan lapisan dekoratif menyatu bersama-sama secara permanen.

d. Pengeringan:

  • Setelah laminasi selesai, lembaran HPL harus dijalani proses pengeringan yang teliti untuk menghilangkan kelembaban yang mungkin tersisa.
  • Proses ini dapat memakan waktu beberapa jam dan memastikan HPL benar-benar kering dan keras.

e. Pemotongan dan Pemurnian:

  • Lembaran HPL yang sudah kering dipotong menjadi ukuran yang diinginkan sesuai dengan spesifikasi proyek.
  • Permukaan HPL kemudian diproses untuk mendapatkan tingkat kehalusan dan kekilatan yang diinginkan.

Manfaat HPL

HPL memiliki berbagai manfaat yang menjadikannya pilihan yang populer dalam banyak aplikasi. Beberapa manfaat utamanya adalah:

  1. Tahan Lama: HPL tahan terhadap aus, goresan, dan noda. Ini menjadikannya pilihan yang tahan lama untuk permukaan yang mengalami pemakaian tinggi, seperti lantai dan countertop.
  2. Tahan terhadap Air: Karena lapisan kertas kraft berlapis melaminnya, HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban dan air, membuatnya cocok untuk aplikasi di lingkungan dengan kelembaban tinggi.
  3. Estetika yang Variatif: HPL hadir dalam berbagai pilihan desain, termasuk tampilan kayu, batu, logam, dan pola lainnya. Ini memberikan fleksibilitas dalam merancang interior atau eksterior ruang.
  4. Tahan terhadap Panas: HPL memiliki ketahanan terhadap panas yang baik, menjadikannya pilihan yang baik untuk aplikasi yang mungkin terkena panas tinggi, seperti countertop dapur.
  5. Perawatan Mudah: HPL mudah untuk dibersihkan dan memerlukan perawatan minimal. Ini menjadikannya pilihan yang ramah pengguna untuk aplikasi rumah tangga.
  6. Keragaman Warna dan Tekstur: Selain desain, HPL juga tersedia dalam berbagai warna dan tekstur, memungkinkan desainer untuk mencapai tampilan yang diinginkan.
  7. Tahan Terhadap Bahan Kimia: HPL juga tahan terhadap banyak bahan kimia, menjadikannya pilihan yang cocok untuk laboratorium dan fasilitas industri.
  8. Ramah Lingkungan: Beberapa produsen HPL memiliki komitmen untuk penggunaan bahan ramah lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan.
  9. Harga Terjangkau: HPL sering kali lebih terjangkau daripada bahan alternatif seperti marmer atau granit, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk proyek interior dan eksterior.
Baca Juga:  Harga Triplek Palem, Info Harga Triplek Palem Terbaru

 

Aplikasi HPL

HPL digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk:

  1. Lantai: HPL digunakan dalam lantai komersial dan residensial karena tahan aus dan tahan lama.
  2. Countertop Dapur: Karena tahan terhadap panas dan goresan, HPL adalah pilihan yang populer untuk countertop dapur.
  3. Furnitur: HPL digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis furnitur, termasuk meja, lemari, dan rak buku.
  4. **Dinding: **HPL digunakan sebagai bahan pelapis dinding untuk memberikan tampilan estetis dan melindungi dinding dari kerusakan.
  5. **Pintu: **HPL digunakan dalam produksi pintu untuk memberikan tampilan estetis dan daya tahan tambahan.
  6. **Partisi: **HPL digunakan dalam aplikasi partisi untuk ruang kantor, sekolah, dan bangunan komersial lainnya.
  7. **Lemari dan Laci: **HPL digunakan dalam lemari dan laci untuk memaksimalkan daya tahan dan keindahan.
  8. **Fasilitas Kesehatan: **HPL digunakan dalam fasilitas kesehatan karena kemampuannya untuk tahan terhadap bahan kimia dan kelembaban.
  9. **Aplikasi Eksterior: **HPL dapat digunakan sebagai pelapis eksterior untuk bangunan, memberikan tampilan estetis yang tahan lama.

 

Proses Produksi HPL

Proses produksi HPL melibatkan beberapa langkah yang rumit. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam pembuatan HPL:

  1. Pencampuran Resin: Resin melamin dan bahan tambahan seperti pigmen dan pengeras dicampur bersama untuk membentuk resin yang akan digunakan dalam lapisan kertas kraft.
  2. Pengolahan Kertas Kraft: Lapisan dasar HPL, yang terdiri dari kertas kraft yang diperkuat dengan resin melamin, dipersiapkan. Kertas kraft ini diiris menjadi lembaran yang sesuai dengan ukuran akhir HPL.
  3. Pencetakan Lapisan Dekoratif: Lapisan dekoratif dicetak dengan desain yang diinginkan menggunakan teknik cetak tinggi resolusi. Ini adalah apa yang memberikan HPL tampilan estetisnya.
  4. Penyatuhan Lapisan: Lapisan kertas kraft, lapisan dekoratif, lapisan overlay, dan lapisan balik disusun bersama secara berurutan dan disatukan dengan resin yang diterapkan pada setiap lapisan.
  5. Pengeringan: Produk yang disatukan kemudian melewati proses pengeringan untuk menghilangkan kelembaban dan mengeras resin. Proses ini melibatkan pemanasan dalam tekanan tinggi.
  6. Pemotongan: HPL yang telah mengering dipotong menjadi lembaran-lembaran sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  7. Pengepakan: Lembaran HPL yang telah selesai kemudian dipacking untuk dikirim ke distributor atau konsumen akhir.

Proses produksi HPL memerlukan pengawasan ketat untuk memastikan kualitas dan konsistensi produk. Ini termasuk pengendalian suhu, tekanan, dan waktu pemanasan selama proses pengeringan.

Merek HPL yang beredar dipasaran sangat banyak dan beragam. Namun pemimpin pasar HPL adalah merek Taco HPL dengan kualitas prima namun harga tdk terlalu mahal.

Merek yang lain adalah Grasmerino, Artform, Arborit, Violam, ORI. Berbagai merek ini juga memepunyai beberapa grade bahkan merek yang sudah mapan seperti TACO juga menyediakan merek lain yang lebih murah misalnya ECO HPL, ini dimaksudkan untuk merebut pasar disemua segmen.

 

Mengenal HPL: Kelebihan HPL

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.
HPL memiliki varian produk ‘edging’ yang mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggiran yang tipis.
  1. Prosesnya cukup praktis (tanpa finishing tukang semprot), mudah dan lebih cepat pengerjaannya.
  2. Cost dan biayanya lebih rendah
  3. Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus finishing, cukup tukang kayu saja.
  4. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
  5. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
  6. Pemakaian HPL lebih cepat selesaidibanding dengan finishing spray.
  7. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
  8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
  9. Ketahanan yang lebih baik terhadap panas, goresan, zat kimia.
  10. Relatif lebih murah.

Mengenal HPL: Kekurangan HPL

Namun disamping kelebihan-kelebihan tersebut, ada pula kelemahan material HPL ini, antara lain:
  1. Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
  2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.
  3. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.
  4. Lapisan HPL sering lepas jika proses lem nya tidak sempurna
  5. Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco.
  6. Dibanding Decosit, HPL sedikit lebih mahal.
  7. Bagian edging harus difinishing lagi.
  8. Kurang natural dibandingkan cat melamik, dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang dipakai.
Baca Juga:  Biaya Granit 2023 untuk Kitchen Set dan Table Top Granit

 

Mengenal HPL: Harga HPL

Harga HPL sangat bervariasi tergantung merek dan tipenya, sebagai gambaran berikut ini adalah Update Harga HPL yang kami dapatkan dari Distributor wilayah Baliwerti Surabaya

Harga HPL Taco Per Lembar :

 

NoMerkKodeHarga
1Taco HPLAa / B / H PutihRp 107.000
2Taco HPLAa / B / H PolosRp 115.000
3Taco HPLAa / B / H Warna KayuRp 140.000
4Taco HPLAd / G Dove PolosRp 148.600
5Taco HPLD / G Gloss PolosRp 149.600
6Taco HPLSolid BrushRp 225.600
7Taco HPLTektureRp 226.600
8Taco HPLNew TextureRp 224.600
9Taco HPLVir LineRp 227.600
10Taco HPLFloral (Bu)Rp 223.600
11Taco HPLAsian Oak – Th 262 B – WoodgrainRp 164.600
12Taco HPLLight Grey Gloss – Th 014 GRp 175.350
13Taco HPLSagrada – Th 1241 Fc – PatternRp 183.750
14Taco HPLLight Pesaro – Th 864 Jg – Woodgrain GlossRp 206.600
15Taco HPLGolden Foil – Th 610 Al – Pattern TexturedRp 243.600
16Taco HPLChocolate Afromosia TH 852 JRp 187.500
17Taco HPLElite Pear TH 102 AARp 155.000
18Taco HPLGray Leger StoneRp 289.000
19Taco HPLAustralian Oak TH 359 HRp 155.000
20Taco HPLNew Rhumbia TH 372 HRp 155.000
21Taco HPLBrown Sapeli TH 375 HRp 155.000
22Taco HPLFine Bamboo TH 308 HRp 155.000
23Taco HPLNoble Cherry TH 215 AARp 155.000
24Taco HPLBright Mapple TH 276 BRp 155.000
25Taco HPLBlack Dove TH 003 DRp 165.000
26Taco HPLBrown Deluxe TH 1218 FCRp 187.000
27Taco HPLSpice Cherry TH 109 AARp 155.000
28Taco HPLAlumunium brush TH 602 ARp 540.000
29Taco HPLCrimson Maple TH 846 JGRp 215.000
30Taco HPLAuckland Oak TH 1202FCRp 187.500
Merk & KodeHarga/Lembar
Eco Woodgrain Eco 001Rp 114.300
Eco Woodgrain Eco P 042Rp 116.300
Eco Solid Eco 006Rp 100.200
Eco Woodgrain Eco P 058 RlRp 155.100
HPL GREENLAM – GST 124, Mysore IvoryRp 135.000
HPL VIOLAM Vienna Elm [VS 0333 S]Rp 175.000
HPL VIOLAM Cherry Oak [VS 0021 S]Rp 175.000
HPL VIOLAM Nakuro Oak [VD 0027 S]Rp 200.000
HPL VIOLAM Virginia Linosa [VS 0010 S]Rp 175.000
HPL VIOLAM White Zebra [VS 0151 S]Rp 175.000
HPL VIOLAM Harlem Pine [VS 0082 S]Rp 175.000
HPL / FORMIKA Warna Putih Kilat Ukuran 122 Cm X 244 CmRp 145.000
HPL Haveel Yeha Walnut QZ9114Rp 177.000
HPL Haveel White Oak 9602Rp 177,500
HPL Haveel White Elm OP9328Rp 195.000
HPL Haveel Rhumba Wood 9891Rp 177.500
HPL Haveel Natural Kanori QZ9321Rp 177.500
HPL HOMEGA WHITE PUTIH (001 PM,003PG Glossy)Rp 98.000
HPL HOMEGA 004PM Black MattRp 135.000
HPL Arborite a 1003 mRp 290.000
HPL ARBORITE Black Glossy [A 1022-G]Rp 250.000
HPL Arborite A8103M – Elegant TeakRp 225.000
HPL Skylam by GrasmerinoRp 155.000
HPL Tiero X067DMRp 310.000
HPL TIERO X 0100 DM (P)Rp 252.000
Carta hpl CT 0298 G Clear White GlossyRp 120.000
HPL CARTA CT 0521 BRUSHED Gold | MetalRp 495.000
Carta HPL 5110 T KNIGHT WOODRp 170.000
HPL CARTA CT 0114 T – Venecian blue | SOLIDRp 127.000
HPL CARTA CT 0516 – Brushed Stainless METALRp 495.000
HPL CARTA CT 0206 T – Black | SOLIDRp 125.000
HPL CARTA CT 1835 T – Light GabardineRp 180.000
HPL CARTA CT5263T – Cocoa Teak | WoodgrainRp 153.000
HPL CARTA CT 0153 T – Ice WhiteRp 145.000
Baca Juga:  Mesin Router, Trimmer, Profil dan Cara Penggunaannya

Harga HPL Eco Per Lembar

NoMerkKodeHarga
1Eco HPLWoodgrainEco 001 Rp 114.300
2Eco HPLWoodgrain Eco P 042Rp 116.300
3Eco HPLSolid Eco 006Rp 100.200
4Eco HPLWoodgrain Eco P 058 RlRp 155.100

Harga HPL App Timber Per Lembar

NoMerkKodeHarga
1App Timber HPLH Natural Zebrawood (Suede)Rp 199.400
2App Timber HPLFumed Maple (Raw Veneer)Rp 272.400

Harga HPL Arborite Per Lembar Sesuai Motif

NoMerkMotifHarga
1HPL ArboriteMotif KayuRp 274.000 – 411.500
2HPL ArboriteSolid ColorRp 225.000 – 336.000
3HPL ArboritePatternRp 336.000 – 397.000

Harga HPL Pelangi Berbagai Motif

Tertarik untuk menggunakan HPL pelangi sebagai bahan pelapis interior? berikut ini adalah harga HPL Pelangi berbagai tipe. Harga berikut ini sudah termasuk PPN 10%.

NO COLLECTION SERIES TYPE Update Price List 
A.1 PELANGI SOLID COLOR − 2440 x 1220 x 0.7 mm
 

 

 

SOLID COLORPL−SLMMATTE01/03/2021Rp. 160.000
PL−SLSSUEDE01/03/2021Rp. 165.000
PL−SLGGLOSSY01/03/2021Rp. 170.000
A.2 PELANGI WHITE SERIES − 2440 x 1220 x 0.7 mm
WHITE SERIESPL−WSMMATTE01/03/2021Rp. 150.000
PL−WSSSUEDE01/03/2021Rp. 155.000
PL−WSGGLOSSY01/03/2021Rp. 160.000
B PELANGI WOODGRAIN − 2440 x 1220 x 0.7 mm
WOODGRAINPL−WDMMATTE01/03/2021Rp. 172.500
PL−WDSSUEDE01/03/2021Rp. 175.000
PL−WDGGLOSSY01/03/2021Rp. 178.500
PL−WDT *)TEXTURED01/03/2021Rp. 180.500
PL−WGMMATTE01/03/2021Rp. 200.000
PL−WGSSUEDE01/03/2021Rp. 200.000
PL−WGGGLOSSY01/03/2021Rp. 200.000
PL−WHSSUEDE01/03/2021Rp. 209.000
PL−WHTTEXTURED01/03/2021Rp.  212.500
C PELANGI STONE & MARBLE − 2440 x 1220 x 0.7 mm
MARBLE & STONEPL−MIS− SUEDE01/03/2021Rp. 215.000
PL−MIG− SUEDE01/03/2021Rp. 225.000
PL−STS− GLOSSY01/03/2021Rp. 180.500
PL−STG− GLOSSY01/03/2021Rp. 200.000
D Harga HPL PELANGI FABRIC − 2440 x 1220 x 0.7 mm
FABRIC − White CottonPL−FBS− SUEDE01/03/2021Rp. 215.000
FABRIC − White CottonPL−FBG− SUEDE01/03/2021Rp. 225.000
FABRIC − Grey CottonPL−FBG− GLOSSY01/03/2021Rp. 225.000
EHarga HPL PELANGI DYNAMIX 3D SERIES − 2440 x 1220 x 0.7 mm 
PL − 2004−WHTAmberTEXTURED 3D01/03/2021Rp. 425.000
PL − 2005−WHT EulaniaTEXTURED 3DRp. 425.000
PL − 2007−WHT Mocna OakTEXTURED 3DRp. 425.000
PL− 8356−LLStainless SteelHAIRLINERp.  825.000
PL−8210−MR MirrorMIRRORRp. 2.000.000

Kata Kunci:

harga hpl, harga hpl per lembar, harga hpl per meter, harga hpl taco, harga bahan hpl, harga pelapis kayu hpl, harga hpl taco per lembar, harga hpl motif kayu, jenis hpl, harga taco hpl, daftar harga hpl, jenis hpl dan harga, Hpl taco, harga hvl, hpl harga

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

7 Comments

  1. Selamat pagi, mau tanya untuk tingkatan merk hpl ada apa saja ya? mulai dari yang paling mahal sampai murah? terimakasih

    1. merek dari yang murah eco hpl (ada juga merek lain), lalu taco, kemudian artform, grasmerino, arborite, hafele, sampai ada yang jutaan..sebenarnya pada merek2 tersebut juga tersedia berbagai kualitas dan tingkat harga

      1. Kalau mengenai katalog2nya terutama yang hardfile, bisa saya dapatkan dimana ya? apakah ada info? karena saya kesusahan menghubungi, yang sudah coba saya cari yang merk taco.. tapi belum dapat. Terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami