Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pertukangan Kayu

Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya

Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya. Mesin router memiliki fungsi untuk membuat macam-macam profil, sponing kusen pintu maupun jendela , alur, dan meratakan pinggir kayu

Mesin router tangan digunakan untuk membuat profil, memingul benda kerja, meratakan pelapis sintetik (formika), membuat alur dan banyak pengerjaan lainnya. Jenis pengerjaan menentukan jenis pisau yang digunakan.

Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

  • Jika Ingin mendownload Katalog berbagai Jenis Mata Profil Router Klik Link Ini

Mesin router mempunyai dua ukuran utama yatu mesin router dengan Collet (as) 12 mm dan mesin router yang mempunyai AS (gagang) 6 mm, mesin router dengan As 6mm biasa disebut dengan mesin trimmer.

Baca Juga:  Download Katalog Huben, Asesoris dan Hardware Furniture Sejuta Umat

Mesin router bisa mempunyai beragam fungsi sesuai dengan mata router yang digunakan. Pada artikel yang lain akan kami ular tentang bermacam jenis mata router dan fungsinya.

Mesin router yang beredar mereknya sangat beragam mulai dari Makita, Bosch, Maktek, Dewalt, Skill, Modern, Bitech.

Meja Router
Inovasi Mesin router bida menggunakan meja yang mempermudah pekerjaan karena labih akurat

Selain penggunaanya secara handheld (dipegang tangan) mesin router juga bisa diterapkan dengan mengunakan meja sebagai dudukan. Meja router ini akan sangat mempermudah pekerjaan karena hasilnya lebih presisi dan stabil. Meja router selain yang buatan pabrk juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kayu atau plywood.

Prinsip dasar kerja alat ini mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena Router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profil (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

Baca Juga:  Mesin Moulding Kayu, Jenis dan Fungsi Mesin Moulding Kayu

Mesin ini adalah salah satu dasar dari semua mesin kayu yang saat ini terdapat di pabrik ataupun perusahaan penjual mesin.

Alat utama yang digunakan dalam mesin Router adalah pisau baja yang bentuknya mirip mata bor. Baja yang digunakan adalah baja khusus untuk putaran tinggi yang terbuat dari carbide tipped steel. Pisau tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi dan “memakan” tepian kayu hingga terbentuk lekukan yang diinginkan.

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, pisau Router dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Pisau pembuat alur
    Digunakan untuk membuat bermacam-macam alur, membuat penghias kaki meja, dan bisa juga untuk membuat sambungan.
  • Pisau pembentuk pinggiran kayu
    Pada ujung pisau ini berupa bantalan peluru dan biasanya dengan bantuan pengantar saat digunakan untuk menggarap kayu. Fungsinya untuk
    membentuk tepian kayu.
  • Pisau perata pinggir
    Pengunaan pisau ini biasanya mengunakan pengantar khusus karena bentuknya yang unik.
  • Pisau pembuat alur kecil
    Digunakan untuk membentuk berbagai macam lekukan hias pada tepian kayu.
Baca Juga:  Memilih Dinamo untuk Table Saw

Ragam Jenis Mata Router

berbagi jenis mata profil kayu
Aneka jenis mata router dan profil kayu yang beredar di pasaran

Untuk Mengetahui Lebih Detail tentang Mesin Router Silahkan Simak Video Dibawah Ini

 

Kata Kunci:

perbedaan mesin router dan trimmer,jenis mata profil dan fungsinya,jenis mata profil kayu dan fungsinya,jenis mata pisau mesin profil kayu,mata mesin profil,mata profil kayu,mata pisau mesin profil,jenis mata profil,perbedaan mesin trimmer dan router,jenis mata profil kayu

Komentar

comments

Tags
cara mengganti mata router harga mesin router harga router bosch harga router dewalt harga router makita jenis-jenis mata router memasang mata router mengenal mesin router mesin profil mesin router mesin trimmer

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

4 Comments

  1. Terima kasih artikelnya,
    Kalau bit dengan ukuran pisau 2 inch (5cm), sebaiknya pakai router dengan power berapa? ada rekomendasi merek dan besar HP motor router?

    1. itu pakai spindle pak…minimal 5 hp pake 3 phase, whatnya sekitar 3500 watt, ada juga yang cuma 3 hp tapi kurang kuat,,,

  2. Router yang ada di dalam video, bisa dipakai untuk granite, beton dan marble nggak?
    Apakah sama routernya untuk kayu dan batuan tersebut?
    Salam,

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker