Energi Hijau

Mengenal Micro-inverter untuk Panel Surya

Mengenal micro-inverter untuk panel surya. Sebuah micro-inverter akan mengambil keuntungan penuh dari produksi masing-masing panel surya. Dan mengubah daya yang dihasilkan oleh setiap panel ke tegangan jaringan.

Sangat berbeda dengan inverter standar, dimana energi yang dihasilkan seluruh panel surya dikumpulkan menjadi satu dahulu baru diubah oleh inverter ke tegangan AC.

mengenal microinverter kelebihan

Menggunakan Micro-inverter artinya setiap panel surya memiliki inverter sendiri-sendiri(micro), sehingga jika ada panel yang tidak maksimal dalam menghasilkan energi tidak berpengaruh pada keseluruhan sistem panel surya.

Setiap microinverter dapat memperoleh daya optimal dengan melakukan MPPT untuk panelnya sendiri. Dari perspektif pemeliharaan / keandalan, kegagalan satu panel atau inverter pada sistem jenis ini akan memiliki dampak minimal pada kinerja sistem secara keseluruhan.

Baca Juga:  Panel surya untuk konstruksi jalan raya. Solusi listrik murah masa depan

Keunggulan Microinverter.

  • secara teoritis dapat menghasilkan lebih banyak listrik tenaga surya. Karena tiap panel surya tentunya tidak mempunyai output energi yang sama, maka dengan microinverter tiap panel surya akan dioptimalisasi output energinya.
  • Microinverter sangat cocok bila panel surya tersebar dibeberapa area, dan saat panel surya seringkali tidak mendapatkan cahaya matahari langsung karena tertutup awan, atau bangunan yang lain.
  • Garansi microinverter yang panjang hingga 25 tahun, jika dibanding dengan inverter biasa yang mempunyai garansi 5-10tahun.
  • Umumnya microinverter mempunyai alat pelacak sendiri untuk memantau kinerja energi yang dihasilkan setiap panel surya. Jika menggunakan inverter standar hanya dapat melacak produksi energi seluruh sistem.
  • Dengan menggunakan microinverter untuk satu panel surya, kedepan akan mudah untuk menambahkan microinverter lagi jika ada panel surya tambahan, tidak perlu merubah seluruh sistem. Berbeda dengan memakai inverter standar yang sulit untuk menambahkan microinverter jika sudah terlanjur menggunakannya.
Baca Juga:  Tesla Powerwall, Generasi Baru Sistem Penyimpanan Energi Perumahan

mengenal microinverter pemasangan

Kekurangan Microinverter.

  • Harga satu unit microinverter cenderung tidak ekonomis, dan mahal.
  • Biaya yang dibutuhkan sangat mahal jika tiap panel mengharuskan dipasang microinverter.

Untuk penggunaan panel surya skala kecil sekitar 1-3 panel microinverter bisa diandalkan. Namun, jika lebih dari 3 panel tentunya biaya yang dikeluarkan juga sangat tinggi. Dengan kemajuan teknologi yang cepat seperti sekarang bukan tidak mungkin harga microinverter akan menurun karena masyarakat umum mulai beralih ke panel surya.

Komentar

comments

Tags
kekurangan microinverter keuntungan microinverter microinverter panel surya sistem panel surya

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker