ArsitekturPLTS

Menggabungkan Panel Surya dengan Arsitektur untuk Energi dan Estetika

Energi Surya Menggerakkan bangunan Hijau masa Depan

Ada gerakan global untuk menjauh dari penggunaan bahan bakar fosil demi energi terbarukan. Orang-orang, pemerintah, dan perusahaan menjadikan emisi karbon sebagai prioritas dengan beralih dari ketergantungan pada menipisnya sumber yang tidak dapat diperbarui menjadi sumber teknologi bersih yang dapat diperbarui.

Tren ini telah mendorong industri bangunan hijau karena permintaan untuk struktur yang bertanggung jawab terhadap lingkungan meningkat. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa aktivitas bangunan hijau akan terus meningkat, dengan hampir setengah dari responden mengklaim bahwa sebagian besar proyek pembangunan masa depan mereka akan berwarna hijau pada tahun 2021.

 

Energi Matahari Menggerakkan Bangunan Hijau Masa Depan

Fotovoltaik adalah proses mengubah energi dari sinar matahari menjadi listrik. Ini adalah metode paling populer untuk memanfaatkan energi matahari dan mengubahnya menjadi sumber daya yang dapat digunakan. Untuk melakukan ini, sel surya dalam panel surya menggunakan bahan semikonduktor menangkap foton yang mengetuk elektron bebas dari atom, dan dengan demikian menghasilkan aliran listrik.

Secara global, pada 2023 PV surya akan mencapai 4% dari semua output energi, namun, ini menunjukkan tingkat pertumbuhan tercepat dari semua sumber energi baik di AS maupun di seluruh dunia. Dari 2018 hingga 2019 instalasi PV surya global meningkat sangat besar, 17,5%.

Baca Juga:  Harga Panel Surya 2020, Solar Panel Berbagai Merek, Type, dan Ukuran

Arsitek menghadapi kenyataan bahwa matahari ada di sini untuk tinggal dan mereka harus mengadopsi desain baru yang menggabungkan energi terbarukan ini untuk memenuhi permintaan untuk menggunakan energi matahari untuk membangkitkan listrik. Beberapa proyek arsitektur di seluruh dunia telah membuktikan bahwa arsitektur merangkul tantangan ini dan menghasilkan cara yang elegan untuk menggabungkan fotovoltaik ke dalam desain bangunan.

 

Bagaimana Arsitek Memasukkan Fotovoltaik

Tantangan yang dihadapi arsitek adalah kebutuhan untuk merancang bangunan dengan panel surya yang diposisikan sedemikian rupa untuk mengoptimalkan kinerja mereka, memungkinkan sel-sel mereka menangkap cahaya paling banyak untuk menghasilkan output daya yang optimal sambil secara estetika menyenangkan dan bertemu dengan klien.

Eksperimen saat ini sedang terjadi di ruang ini, dengan para ilmuwan dan arsitek menguji berbagai cara menggunakan fotovoltaik. Di bawah ini kita melihat solusi paling inovatif untuk menggabungkan photovoltaics dengan arsitektur.

 

  • Gelanggang Olahraga Los Angeles Clipper oleh AECOM

Stadion LA clippers dirancang oleh AECOM untuk membuat suar arsitektur yang tidak hanya melebihi standar lingkungan saat ini tetapi juga meningkatkan pembangunan ekonomi. Bangunan ini memiliki atap yang dirancang khusus dengan panel surya yang ditempatkan sedemikian rupa sehingga mencapai efisiensi energi maksimum. Kompleks ini diperkirakan menghasilkan $ 268 juta kegiatan ekonomi untuk wilayah Inglewood setiap tahun.

Baca Juga:  Dioda Bypass Panel Surya, Fungsi dan Sistem Rangkaiannya

 

  • Cottage Prefab di Seattle oleh Wittman Estes dan NODE

Wittman Estes dan NODE bermitra untuk menciptakan rumah 1 kamar tidur mandiri dan terjangkau, dengan kemampuan untuk berjalan sepenuhnya pada tenaga surya PV. Perusahaan-perusahaan menciptakan serangkaian model yang dibangun dari komponen prefabrikasi, memberi mereka potensi untuk dikirim hampir di mana saja dan disiapkan dalam beberapa hari. Inovasi memiliki implikasi untuk membawa rumah terjangkau bertenaga surya kepada massa.

 

  • Space Lab Penelitian IKEA10

IKEA telah merancang sebuah desa kayu mini untuk menunjukkan bagaimana masyarakat masa depan dapat menciptakan dan menghidupi energi matahari. Sistem yang diusulkan menggabungkan panel surya ke setiap bangunan yang menghasilkan daya yang dimiliki oleh seluruh masyarakat. Proyek ini menunjukkan bagaimana masyarakat masa depan dapat dibangun untuk secara berkelanjutan mempertahankan diri mereka melalui matahari.

 

  • Fasilitas Energi Sentral Universitas Stanford oleh Arsitek ZGF

Fasilitas Energi Sentral di Stanford dirancang secara cerdik untuk menyamarkan panel surya besar yang digunakannya untuk memberi daya dirinya sebagai teralis naungan yang elegan. Desain menunjukkan bagaimana arsitektur dapat digunakan untuk secara mulus menggabungkan struktur terbarukan yang kikuk ke dalam bangunan.

Baca Juga:  Modul Surya, Panduan Memilih Modul Panel Surya

 

  • La Jolla di California oleh ZGF Architects

La Jolla adalah laboratorium biologi energi nol bersih pertama di AS, yang menggabungkan atap panel surya yang menghasilkan listrik berlebih untuk grid tersebut, memenangkannya penghargaan gedung hijau AIA tahun ini.

 

Inovasi Masa Depan

Para ilmuwan sedang bereksperimen dengan menambahkan lapisan transparan sel surya ke kaca melalui lukisan warna-warni untuk membuat kaca surya. Selain itu, panel PV vertikal sekarang digabungkan dengan panel atap, LA 28th Street Apartments adalah contoh sempurna dari bangunan yang memimpin jalan dalam desain dinding surya.

Di masa depan, kita dapat berharap untuk melihat pengembangan lebih lanjut dari inovasi-inovasi ini yang menggabungkan fotovoltaik dan arsitektur untuk tidak hanya membantu adopsi energi terbarukan tetapi melakukannya dengan cara yang masih menyenangkan secara estetika.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker