Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Mesin dan Power ToolsPertukangan KayuVideo Tutorial Pertukangan

Mesin Belt Sander, Fungsi dan Cara Menggunakan Amplas Belt Sander

Mesin Belt Sander, Fungsi dan Cara Menggunakan Amplas Belt Sander. Belt sander merupakan mesin amplas yang terdiri dari sepasang drum yang berputar untuk memutar amplas pita sehingga mampu menghaluskan permukaan dengan efektif. Amplas mesin belt sander mempunyai pergerakan yang sangat agresif dan bagi pemula cukup sulit untuk digunakan.

Secara efektif fungsi belt sander adalah sebagi berikut:

  • Mengamplas permukaan kayu atau substrat yang masih kasar.
  • Mengupas cat saat proses refinishing.
  • Menghaluskan permukaan yang cukup luas.

Mesin beltsander ada bermacam tipe diandaranya:

  • Belt sander stasioner yang bersifat tetap pada meja.
  • Belt sander portable yang digunakan dengan tangan.

mesin belt sander

Belt sander yang paling sering dijumpai dan digunakan adalah belt sander portable karena cukup fleksibel untuk digunakan dan mobilitasnya mudah. Sama seperti mesin amplas lainnya belt sander juga menggunakan grit amplas sesuai yang beredar dipasaran. Secara ukuran mesin belt sander portabel ada dua tipe yaitu berdasarkan ukuran lebar amplas. Ada yang berukuran 3″ dan ada yang berukuran 4 Inchi.

Baca Juga:  Jenis-jenis Alat Ukur untuk Pekerjaan Kayu

 

Cara Menggunakan Mesin Belt Sander

Untuk memudahkan memahami lebih detil belt sander silahkan lihat video Ulasan dan Tutorial dibawah ini:

Menggunakan belt sander ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu:

  • Persiapan bahan safety: masker, kaca mata, kaus tangan.
  • Sebelum mulai pengamplasan, Anda harus memilih sabuk pengamplasan yang tepat untuk pekerjaan itu. Mulailah dengan amplas yang memiliki grit kasar, seperti 40, 80, atau 100; ini akan membantu menghilangkan sebagian besar permukaan yang kasar. Kemudian gunakan amplas dengan grit yang lebih halus, seperti 180, untuk menyelesaikan proyek. Untuk memasukkan sabuk ke dalam sander, lepaskan tuas, biasanya ditemukan di sisi sander, dan geser ke roda. Tekan tuas tertutup untuk mengamankan.
  • Amankan bahan yang diamplas ke permukaan kerja dengan klem. Langkah ini mencegah papan dari tergelincir saat mengampelasnya.
  • Nyalakan sander dan biarkan berjalan selama beberapa detik untuk meningkatkan kecepatan. Dimulai dengan bagian belakang sander, dengan mudah lepaskan mesin belt sander pada kayu. Lakukan gerakan yang panjang, bahkan merata di sepanjang serat kayu. Berikan tekanan yang stabil pada sander, tetapi hindari menekan terlalu kuat karena ini dapat merusak papan. Periksa pekerjaan Anda sesering mungkin.
  • Setelah selesai, lepaskan sabuk sander dari papan. Periksa kantong serbuk kayu. Setelah penuh, lepaskan kantong dari mesin belt sander, kosongkan, dan pasang kembali. Selanjutnya, ganti sabuk pengamplasan dengan yang lebih halus, dan ulangi proses pengamplasan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.
Baca Juga:  Mengenal Jenis Mesin Amplas (Sander) dan Fungsinya

 

Harga Mesin Belt Sander di Pasaran

Harga  belt sander sangat bervariasi tergantung pada merek, sebagai contoh mesin belt sander merk Bosch, makita, dan Dewalt bisa berkisar diangkat Rp. 2.500.000 РRp. 4.000.000. Sementara merek China bisa ditebus dengan harga murah mulai Rp. 800.000 РRp. 1.500.000.

Komentar

comments

Tags
amplas belt sander amplas pita cara menggunakan mesin belt sander harga mesin belt sander mesin belt sander mesin belt sander bosch mesin belt sander makita mesin belt sander maktek mesin belt sander murah mesin belt sander wipro tutorial belt sander

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker