Konstruksi

Mesin Press Hidrolik, Pengenalan Dasar dan Cara Kerjanya

Desain dan cara Kerja mesin Press Hidrolik

Mesin Press Hidrolik, Pengenalan Dasar dan Cara Kerjanya. Mesin press adalah sebuah alat yang dibuat untuk memampatkan sebuah benda , sumber tenaganya bisa berasal dari mesin hydraulic, tenaga manusia, dan motor listrik.

Dewasa ini sistem hidrolik banyak digunakan dalam berbagai macam industri makanan, minuman, permesinan, otomotif, hingga industri pembuatan robot. Oleh karena itu, pengetahuan tentang komponen dari sistem hidrolik sangat penting dalam semua cabang industrial.

Sistem hidrolik banyak memiliki keuntungan. Sebagai sumber kekuatan untuk banyak variasi pengoperasian. Keuntungan sistem hidrolik antara lain adalah ringan, mudah dalam pemasangan dan untuk perawatan tidak terlalu banyak .

Untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas. sekarang ini sistem hidrolik banyak dikombinasikan dengan sistem lain seperti sistem elektrik/elektronik, pneumatik, dan mekanik sehingga akan didapat unjuk kerja dari sistem hidrolik yang lebih optimal.

Baca Juga:  Tips Meningkatkan Produktifitas Perusahaan Konstruksi

Sistem hidrolik adalah sistem yang menggunakan fluida sebagai media untuk menggerakkannya. Dalam hidrolika terdapat beberapa cabang, tetapi cabang yang dapat diterapkan untuk peralatan ini menyangkut cairan dalam ruang tertutup di bawah tekanan. Hukum dasar hidrostatika atau mekanika zat cair adalah seperti yang didefinisikan oleh Blaise Pascal pada tahun 1635 sebagai berikut: ”Tekanan pada benda cair tertutup terpencar dengan sama rata tanpa berkurang kepada setiap bagian cairan dan permukaan yang menahannya”(Smith,1990)

Penggunaan sistem hidrolik telah mengalami suatu perkembangan yang demikian pesatnya, sehingga sistem hidrolik dimanfaatkan dalam semua cabang industri. Pada umumnya, sistem hidrolik digunakan pada industri-industri permesinan.

Bagian Mesin press Hidrolik

Bagian-bagian utama dari sebuah mesin press hidrolik meliputi:

  • Bingkai / frame baja yang berfungsi sebagai penahan struktur dari energi kolateral hasil dari tekanan hidrolik, umumnya tersedia dalam bentuk yang berbeda-beda sesuai aplikasi pengepresan
  • Meja baja berfungsi untuk menopang obyek saat hendak ditekan dan diatur ulang posisinya agar tetap sejajar dengan posisi obyek pada besi pres
  • Silinder baja hidrolik yang dapat dipanjangkan sesuai jarak penerapan daya tekan pada obyek
  • Pompa hidrolik menggunakan fluida hidrolik untuk menciptakan tekanan yang menggerakkan silinder untuk menghasilkan output gaya tekan sesuai dengan panel pengatur tekanan pada mesin
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Sertifikat Tenaga Konstruksi dari Kementrian PUPR

desain mesin press hidrolik

Prinsip Kerja Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik bekerja dengan langkah-langkah berikut:

  • Hal ini berdasarkan hukum Pascal, hukum Pascal menyatakan bahwa intensitas tekanan dalam fluida statis ditransmisikan secara merata ke semua arah.
  • Mesin press hidrolik terdiri dari dua silinder dengan diameter berbeda. Salah satu silinder berdiameter besar dan berisi Ram, sedangkan silinder lainnya berdiameter kecil dan berisi plunger.
  • Kedua silinder tersebut dihubungkan dengan sebuah pipa.
  • Silinder dan pipa berisi cairan yang melaluinya tekanan disalurkan.
  • Ketika gaya kecil f diterapkan pada plunger ke arah bawah, tekanan dihasilkan pada cairan yang bersentuhan dengan plunger.
  • Tekanan ini ditransmisikan secara merata ke segala arah dan bekerja pada RAM ke arah atas seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  • Beban yang lebih berat ditempatkan pada ram kemudian diangkat.
Baca Juga:  Penawaran Proyek Konstruksi, Tips Mengajukan Penawaran Proyek

Jenis Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu:

  • Pers hidrolik empat kolom
  • Press hidrolik kolom tunggal (juga dikenal sebagai tipe-C)
  • Vertical hydraulic Press
  • Horizontal hydraulic press
  • Universal hydraulic Press

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker