Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Kelistrikan dan Elektrik

Multimeter Auto Range, Cara Menggunakan dan Kelebihannya

Multimeter Auto Range, Cara Menggunakan dan Kelebihannya. Perkembangan teknologi pengukuran komponen elektronika dan tegangan listrik terus berkembang. mulai dari multimeter analog hingga digital. Salah satu perkembangan multimeter digital adalah mulimeter auto range.

Disebut auto range sebab dia bisa menyesuaikan secara otomatis tanpa kita harus memutar kenob. Semakin banyak orang yang berinvestasi  multimeter auto range karena dapat membantu mengukur hambatan dan tegangan dengan cara yang mudah. Perangkat autorange memungkinkan Anda untuk menggunakan multimeter tanpa harus secara manual menyesuaikan kenop atau tombol pada perangkat.

perbedaan multimeter

Kelebihan Multimeter Auto Range

Tidak masalah multimeter macam apa yang Anda miliki, Anda pasti akan menemukan banyak nilai di dalamnya. Salah satu nilai lebih multimeter ini adalah memberi Anda keuntungan dari menghemat waktu.

Multimeter digital autoranging dapat secara otomatis mendeteksi:

● Tegangan.
● Kapasitansi.
● Hambatan.
● Watt.
● Imbalance.
● Dan banyak komponen listrik lainnya!

Aspek autoranging dari multimeter digital akan secara otomatis menemukan kisaran nilai komponen listrik.

Baca Juga:  Baterai Listrik Tenaga Surya untuk Rumah Tangga? Perhatikan Ulasan Ini

Sebagai contoh, katakanlah Anda perlu menggunakan multimeter pada resistor listrik. Apakah Anda tahu kode warna pada resistor ini? Apakah Anda tahu komponen yang Anda ukur?

Sebagian besar jawabannya adalah “tidak”. Dan tidak apa-apa! Itulah sebabnya ada multimeter digital autoranging, untuk membantu Anda menemukan rentang dan menguraikan kode resistor.

 

Cocok untuk Pemula dan Kalangan Hoby

multimeter auto range sangat cocok digunakan untuk pemula maupun yang hobi rakit-rakit elektro. Kita tidak perlu memutar kenop berkali-kali untuk menentukan jarak ideal pengukuran. Sebab multimeter ini akan secara otomatis mendeteksi nilai komponen yang diukur.

Selain itu multimeter ini biasanya dilengkapi dengan detektor tegangan non contact. Yaitu mendeteksi sumber tegangan listrik hanya dengan menempelkannya. Selain itu biasanya juga bisa digunakan untuk mendeteksi suhu dan berfungsi sebagai termometer.

 

Bagian Multimeter Auto Range

Multimeter autoranging sering dibangun dengan cara yang sama seperti banyak multimeter digital lainnya, dengan kelebihan yang dibangun pada bagian-bagian listrik. Rincian komponen dasar jenis meter ini adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Kapasitor, Mengenal kapasitor Sebagai Komponen Dasar Elektronika

bagian multimeter

 

Unit Display

Unit tampilan memberikan multimeter digital senama. Biasanya menampilkan hingga empat digit sekaligus, dan juga dapat menampilkan tanda negatif selama beberapa jenis pembacaan. Ini adalah tampilan layar yang sederhana, seperti halnya kalkulator, meskipun merek yang lebih maju mungkin datang dengan lampu latar yang menyala dan tampilan multi-fungsi untuk tampilan dan pemahaman yang lebih baik.

Tombol Pilihan

Tombol pilihan adalah tempat keajaiban terjadi. Di sinilah Anda dapat mengatur multimeter autoranging Anda untuk membaca berbagai hal, seperti hambatan dan tegangan. Meskipun autoranging meter Anda dapat mendeteksi pembacaan ini secara otomatis, Anda masih perlu mengaturnya ke jenis pembacaan yang benar untuk membuatnya bekerja.

Port

Port adalah bagian multimeter yang paling canggih secara teknis. Anda akan pasang dua probe ke port. Kedua port diklasifikasikan sebagai COM, yang berarti “umum”, dan 10A, yang merupakan port khusus. Probe COM adalah unit hitam yang selalu terhubung ke bagian pentanahan sirkuit. Ini adalah langkah penting untuk menstabilkan peralatan Anda dan pekerjaan listrik Anda.

Baca Juga:  MPPT Vs PWM Mana yang Terbaik untuk Sistem Surya?

Port 10A digunakan untuk mengukur arus yang lebih besar dari 200mA. Perlu diingat bahwa segala jenis port dengan plug pisang akan kompatibel dengan multimeter digital Anda.

 

Rekomendasi dan Harga Multimeter Auto Range

Multimeter auto range mempunyai rentang harga yang cukup bervariasi. Beberapa merek papan atas seperti Fluke mempunya harga Rp. 2-3 Juta. Namun Ada juga kelas entry level dan medium seperti merek Dekko dengan rentang harga Mulai Rp. 150.000. Beberapa merek lebih murah juga ada di pasaran khususnya buatan China yang beredar dengan beragam merek.

Merek yang berkualitas biasanya mempunyai fitur yang lebih banyak. Tingkat akurasi yang sangat tinggi. Garansi, kemampuan menahan arus dan tegangan tinggi, dan juga kualitas keawetan komponen.

 

Kata Kunci:

Multimeter autorange adalah

Komentar

comments

Tags
cara menggunakan Multimeter Auto Range fungsi Multimeter Auto Range harga Multimeter Auto Range Multimeter Auto Range Multimeter Auto Range murah Multimeter Auto Range terbaik

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker