KonstruksiNews

Penerapan Komputasi Kuantum di Dunia Konstruksi

Komputasi Kuantum Akan Diadopsi Secara Massif di Dunia Konstruksi

Penerapan Komputasi Kuantum di Dunia Konstruksi. Komputasi kuantum diatur untuk merevolusi hampir semua industri. Mesin super cepat ini menawarkan industri apa pun yang mengandalkan komputasi, cara untuk menyelesaikan masalah yang berada di luar kemungkinan bahkan untuk superkomputer saat ini, untuk bekerja lebih cepat dan mengoptimalkan proses dan meningkatkan kualitas.

Komputer kuantum dapat memproses informasi dengan kecepatan fenomenal karena menggantikan transistor yang ditemukan di komputer tradisional dengan qubit, yang dapat menyimpan informasi baik sebagai 1s dan 0s daripada 1s atau 0s. Ini berarti bahwa ia dapat memproses perhitungan secara paralel dan bukan linier.

Dengan komputer tradisional, ketika jumlah variabel dalam masalah komputasi meningkat, seperti halnya kebutuhan daya dan sumber daya. Quantum tidak memerlukan pertumbuhan daya dan sumber daya yang eksponensial ini, dan tidak hanya dapat memproses masalah 100 kali lebih cepat, tetapi juga dapat memproses masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh komputer tradisional.

Baca Juga:  Jenis Marka Jalan dan Model Penandaannya Secara Internasional

Komputasi kuantum akan dimanfaatkan oleh konstruksi dalam berbagai cara, yang akan kita bahas di bawah ini.

 

  • Deteksi Korosi

Quantum membuka pintu untuk menciptakan sensor yang lebih sensitif dan efisien daripada yang sekarang. Dalam konstruksi, kemungkinan sensor ultra-sensitif berarti bahwa korosi dapat dideteksi dengan lebih efektif. Korosi adalah masalah mendasar dalam industri konstruksi, menghancurkan jaringan pipa dan jembatan.

Sensor dapat digunakan untuk memeriksa kualitas logam yang digunakan dalam konstruksi dengan mendeteksi perubahan kecil pada magnet, yang akan mengingatkan pekerja akan korosi sebelum teknik saat ini dapat mendaftarkannya.

 

  • Survei yang Lebih Efisien

Survei adalah bagian utama dari setiap proyek konstruksi. Tanah yang direncanakan akan dibangun harus dievaluasi, dan laporan terperinci tentang apa yang terjadi di bawah permukaan harus disatukan. Sensor Quantum secara teoritis dapat digunakan untuk mendeteksi jalur pipa, kelainan atau penghalang bawah tanah, atau menambang poros dan lubang pembuangan sebelum pekerjaan dimulai. Ini akan berdampak pada penghematan waktu dan uang dari penundaan yang disebabkan oleh hambatan tak terduga.

Baca Juga:  Sensor Pintar, Aplikasinya dalam Peningkatan Kualitas Proyek Konstruksi

 

  • Perencanaan yang lebih baik

Untuk memungkinkan perencanaan pembangunan gedung yang efisien, perusahaan konstruksi modern bergantung pada proses model 3D di mana rencana arsitektur, teknik, mekanik, listrik, dan plumbing dipertimbangkan bersamaan dengan urutan kegiatan. Komputer tradisional saat ini memproses semua sumber informasi ini untuk membantu mengembangkan rencana yang efisien untuk konstruksi.

Namun, metode saat ini menghadapi kesulitan menghasilkan rencana yang tidak menghasilkan bentrokan antara tim yang berbeda. Apa yang sekarang bertujuan untuk dilakukan oleh industri adalah menciptakan sistem menggunakan pembelajaran mesin yang akan dapat mengidentifikasi dan menangani bentrokan dengan memproses algoritma yang kompleks. Komputasi kuantum menawarkan cara untuk memproses informasi-tugas berat ini dengan cepat, untuk menghasilkan rencana yang dapat diandalkan dalam sekejap.

Baca Juga:  Paket Tesla PowerWall Mulai Dijual di Jepang

 

  • Waktu Penyelesaian Lebih Cepat

Dengan menggunakan kekuatan pemrosesan komputer kuantum yang unggul, solusi dapat dioptimalkan, dan masalah kompleks dapat diselesaikan dengan cepat. Industri konstruksi saat ini mengandalkan komputasi untuk perencanaan, survei, perancangan, grafik, pra-penawaran, penganggaran, penjadwalan, kontrol kualitas dan biaya, dan manajemen peralatan. Dengan komputasi kuantum, semua proses ini dapat diselesaikan lebih cepat, artinya waktu penyelesaian proyek berkurang.

 

  • Prospek

Komputasi kuantum sedang dalam tahap awal pengembangan, dengan komputer pertama baru mulai menunjukkan kepada dunia apa yang mampu mereka lakukan. Ini akan menjadi beberapa tahun lagi sebelum kita melihat mereka bekerja dengan baik di sektor apa pun, termasuk sektor konstruksi. Namun, ketika mereka tiba, kita dapat mengharapkan dampaknya mendalam, mempercepat dan menyederhanakan proses, dan meningkatkan perencanaan dan survei.

 

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker