Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pertukangan Kayu

Perbedaan Jigsaw dan Scroll Saw, Mana yang Anda Butuhkan?

Perbedaan Jigsaw dan Scroll Saw, Mana yang Anda Butuhkan?. Jika Anda bukan pengrajin kayu atau DIYer yang sangat berpengalaman, beberapa hal mungkin membingungkan saat berbelanja untuk alat-alat pertukangan listrik. Biasanya orang menggunakan istilah jigsaw dan scroll saw secara bergantian. Tapi, ini tidak tepat karena keduanya adalah alat listrik yang berbeda. Meskipun aplikasi atau fungsinya kadang-kadang bisa saling menggantikan.

Untuk mengetahui perbedaan  Jigsaw dan Scroll Saw sebaiknya kita mengetahui cara kerja dan fungsi dari masing-masingnya:

 

Perbedaan Jigsaw dan Scroll Saw: Scroll Saw

Scroll saw adalah alat listrik gergaji meja stasioner dengan bilah yang cukup tipis (sekitar 1/8-inci atau kurang). Pisau pada scroll saw dijepit atas bawah dengan gerakan naik turun secara cepat dan stabil. Scroll saw cocok digunakan untuk memotong pola yang rumit dan membutuhkan ketelitian tinggi.

Kelebihan Scroll Saw

  • Membuat potongan halus. Jika Anda memiliki sesuatu yang memerlukan pemotongan yang sangat halus dan rumit, gergaji gulir adalah pilihan terbaik Anda. Itu membuat beberapa potongan halus dan potongan 90 derajat, sudut tajam dan bahkan gelombang harus mudah diproduksi dengan gergaji ini. Dan itu selalu menyisakan banyak ruang untuk kreativitas dan kesenian.
  • Pemotongan pola yang akurat. Potongan melengkung adalah salah satu aplikasi utama gergaji¬† scroll saw dan dapat membuat beberapa potongan yang sangat akurat.
  • Tidak berisik. Dibandingkan jenis gergaji listrik lain, Scroll Saw cukup tidak menimbulkan kebisingan karena memang menggunakan motor dinamo yang kecil.
  • Bagus untuk kerajinan tangan. Kemampuan gergaji Scroll Saw untuk membuat beberapa potongan super-halus menjadikannya alat yang sempurna untuk kerajinan. Juga, fakta bahwa benda kerja yang bergerak berarti mudah untuk membentuknya sesuai keinginan Anda. Jadi, apakah Anda merancang potongan puzzle atau proyek kerajinan rumit lainnya, ini adalah gergaji yang sempurna.
Baca Juga:  MDF untuk Furniture, Kelemahan dan Kelebihan MDF

 

Kelemahan Scroll Saw

  • Tidak bisa memotong material yang tebal dan keras. Bilah tipis pada gergaji gulir tidak dapat memotong bahan yang tebal dan keras, sehingga hanya akan cocok untuk proyek berorientasi kerajinan dan bukan sebagai alat pertukangan kayu biasa.
  • Mobilitas terbatas, gergaji scroll saw tidak bisa dipindah atau ditenteng dengan tangan karena gergaji Scroll Saw bersifat stasioner dan harus diletakkan diatas meja dan dikunci agar tidak bergerak saat digunakan.

 

Perbedaan Jigsaw dan Scroll Saw: Jigsaw

Jigsaw adalah alat listrik / gergaji yang memiliki bilah sempit dan lurus sekitar 3/8 inci. Tidak seperti gergaji Scroll Saw, mata gergaji dijepit oleh alat di satu ujung dan motor menggerakkannya dengan gerakan naik dan turun.

Baca Juga:  Memilih Klem Kayu Atau Catok Kayu Sesuai dengan Kebutuhan Proyekmu

Jigsaw terdapat banyak varian bahkan ada yang sudah ditenagai oleh baterai sehingga sangat portabel dan mudah dipindahkan. gergaji Jigsaw mempunyai bidang penggunaan yang sangat luas karena mata pisaunya bisa terdiri dari berbagai macam sehingga bisa untuk memotong kayu, besi, plastik, bahkan keramik.

 

Kelebihan Jigsaw

  • Gergaji yang sangat serbaguna. Jika Anda memiliki jigsaw, itu mungkin salah satu alat yang paling sering Anda gunakan karena cukup praktis. Ketika Anda memiliki sesuatu untuk dipotong kemungkinannya adalah mungkin untuk menggunakan jigsaw.
  • Dapat memotong berbagai bahan. Anda tidak selalu dapat memastikan apa yang perlu Anda potong dengan gergaji Anda sehingga yang dapat memotong berbagai bahan berbeda adalah yang terbaik. Jigsaw akan memotong segalanya dari logam dan kayu menjadi PVC, busa, dan plastik.
  • Sangat portabel. Jigsaw alat yang ringan dan hampir tidak memiliki batasan di mana Anda dapat menggunakannya. Baik untuk perbaikan rumah dan digunakan di bengkel. Fleksibilitas dari jigsaw membuatnya menjadi alat yang sempurna untuk perbaikan rumah dan untuk digunakan di bengkel karena Anda dapat menggunakannya untuk memotong hampir semua hal dari kayu menjadi logam dan bahkan karpet.
Baca Juga:  Mengenal Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

 

Kekurangan Jigsaw

  • Tidak terlalu akurat. Jigsaw memotongnya kurang akurat dibanding Scroll Saw dan juga tidak memberikan potongan yang sangat halus.

 

Prinsip pada perbedaan Jigsaw dan Scroll Saw adalah pada portabilitas dan juga akurasinya. Jika Anda butuh alat yang memotong pola dengan halus dan akurat gunakannya sroll saw. Jika Anda membutuhkan alat potong yang praktis mudah dibawa dan bisa memotong beragam media, gunakanlah Jigsaw.

Kata Kunci:

Perbedaan antara juga Saw dan scroll saw

Komentar

comments

Tags
harga jig saw harga scroll saw jigsaw vs scroll saw perbedaan jigsaw dan scroll saw

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker