3D Printing & CNC

Perbedaan Mesin Milling CNC dengan Mesin Bubut CNC yang Perlu Anda Ketahui!

Mesin CNC atau Computer Numerical Control merupakan angin segar bagi perindustrian manufaktur. Bagaimana tidak, teknologi ini menawarkan sistem otomatisasi mesin produksi sehingga memungkinkan produksi massal produk dalam waktu singkat dan dengan hasil berkualitas tinggi. Mesin ini meminimalisir terjadinya kesalahan yang umum terjadi jika produksi menggunakan mesin manual dengan bantuan manusia.

Teknologi CNC saat ini sudah tertanam di berbagai jenis mesin. Dua jenis yang paling umum dipakai adalah mesin milling CNC (frais) dan bubut CNC. Kedua mesin tersebut sama-sama mendukung pengerjaan terkomputerisasi sehingga mesin beroperasi melalui kendali program khusus di komputer. Tak perlu campur tangan manusia terlalu banyak sehingga dengan adanya mesin ini akan serta merta memangkas biaya produksi.

Mesin milling dan bubut tadi sama-sama berguna untuk memotong dan membentuk berbagai jenis material namun memiliki perbedaan mendasar dalam beberapa aspek. Agar mudah mengenali keduanya, simak perbedaannya di bawah ini.

Baca Juga:  Inilah 5 Jenis Mesin CNC yang Paling Sering Digunakan

Cara Kerja

Aspek yang paling mudah untuk membedakan kedua mesin ini bisa dilihat dari cara kerjanya. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa jika alat pemotong berputar dengan benda kerja diam maka itu mesin milling, sedangkan mesin bubut kebalikannya yaitu benda kerjanya yang berputar dengan alat pemotong tetap diam.

  1. Mesin milling CNC mempunyai alat pemotong yang aktif berputar dengan kecepatan tinggi, karena mesin ini umumnya diperuntukkan guna membentuk permukaan benda kerja atau operasi sejenis yang pada dasarnya tidak membutuhkan rotasi benda kerja.
  2. Mesin bubut CNC banyak digunakan untuk membentuk material silinder atau bulat sehingga perputaran ditumpukan ke benda kerja untuk mencapai hasil yang maksimal.

Konfigurasi Sumbu

Mesin milling CNC memiliki konfigurasi sumbu paling minimal berjumlah 3 sumbu yaitu X, Y, dan Z. Sedangkan mesin bubut CNC bisa bekerja dengan setidaknya 2 sumbu saja. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai metode berbeda dalam mengeksekusi material.

  1. Pada mesin milling, benda kerja dalam posisi pasif di meja kerja. Material dibentuk sesuai program memakai bor atau alat potong yang berputar dengan sangat cepat. Alat potong tersebut menempel pada komponen spindle yang mampu melakukan pergerakan di tiga sumbu. Oleh karena hanya terdapat tiga sumbu, alat ini mungkin tidak bisa menjangkau wilayah tertentu apalagi jika benda kerja perlu dirotasikan beberapa kali.
  2. Pada mesin bubut CNC, sumbu-sumbu terletak di komponen chuck atau pencekam yang berputar. Material dilepaskan dengan memakai alat potong stasioner. Metode ini memungkinkan untuk membuat bagian simetris di sepanjang poros.
Baca Juga:  10 Sofware 3D Printing Terbaik yang Gratis dan Berbayar 2021

Kegunaan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin milling CNC dan mesin bubut CNC memiliki cara kerja dan metode yang berbeda. Hal ini dikarenakan kedua mesin ini mempunyai peruntukkannya masing-masing sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  1. Mesin milling CNC mampu untuk melakukan kerja pengeboran, perataan tepi, pemotongan, dan pembentukan material. Alat multifungsi ini banyak digunakan untuk membuat hal berikut ini:
  • Pahatan atau ukiran
  • Piala
  • Spare part kendaraan
  • Bagian konstruksi bangunan
  • Roda gigi
  1. Mesin bubut CNC berguna untuk menekuk, memotong, mengampelas, mengebor, pembuatan luar dalam, dan membentuk material. Sama-sama multifungsi, alat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat:
  • Tongkat bisbol
  • Mangkok atau vas
  • Baut atau sekrup
  • Tembikar
  • Laras pistol
  • Plat logam berpola
Baca Juga:  Pengenalan Dasar Mesin CNC dan Komponen Pendukungnya

Mesin bubut ini fungsinya terbatas pada benda kerja berbentuk silindris atau bulat. Belakangan ini, keterbatasan tersebut diatasi dengan melanjutkan pengerjaan benda kerja di mesin milling yang terpisah. Mesin bubut CNC versi terbaru dilengkapi dengan fitur milling untuk membuat bentuk yang lebih rumit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami