Audio & VideoKelistrikan dan Elektronika

Perbedaan Mixer Dengan SoundCard Audio Interface

Mixer Vs Soundcard untuk Recording mana yang Terbaik?

Perbedaan Mixer Dengan SoundCard Audio Interface. Secara umum, ada dua perangkat audio yang digunakan orang: antarmuka audio dan mixer. Beberapa menyertakan keduanya dalam pengaturan audio mereka sementara yang lain memilih hanya satu, tergantung pada kebutuhan produksi mereka.

Tetapi untuk dapat menentukan mana yang harus Anda gunakan, apakah Anda membuat podcast atau berfokus pada produksi audio tingkat profesional, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami penggunaan setiap perangkat.

Jika masih bingung dengan perbedaan mixer dengan soundcard, berikut ini adalah ulasannya:

Apa Itu SoundCard Audio Interface?

Sederhananya, Sound car (antarmuka audio) adalah perangkat yang menghubungkan mikrofon (dan sumber suara lain seperti alat musik) ke komputer. Mengapa tidak bisa menggunakan mikrofon USB dan menghubungkannya langsung ke komputer?.

Sebab Sound Card audio interface dirancang khusus untuk mengambil suara dari sumber audio langsung Anda dan mengirimkannya ke komputer Anda untuk diputar atau direkam — dan tidak seperti jack mikrofon atau kartu suara 3,5 mm bawaan di kompute, ini benar-benar menjaga kualitas audio. Serta bisa memisahkan antara suara vikal dengan intrument, sehingga terdengar profesional dan mudah di edit.

Perangkat ini memiliki output FireWire atau USB yang memungkinkan koneksi langsung ke komputer dan bahkan memiliki preamp bawaan sehingga dapat memperkuat sinyal audio mikrofon agar cukup kuat untuk merekam dan mixing.

Baca Juga:  Crossover Pasif VS Aktif pada Sistem Speaker dan Audio

Sound Card Audio Interface ada berbagai bentuk dan ukuran, dengan kualitas studio yang jauh lebih besar untuk mengakomodasi lebih banyak input.

Untuk podcasting reguler di mana Anda mungkin memiliki co-host atau orang yang diwawancarai, atau mungkin sesi rekaman cover lagu dengan satu vokalis dan satu gitaris, antarmuka audio dua input sudah sangat handal. Tetapi jika merekam konferensi dengan beberapa panelis atau band empat instrumen, kita memerlukan antarmuka audio (sound card) yang lebih besar dengan empat atau lebih saluran input dan output.

 

Apa Itu Mixer?

Mixer sering dibandingkan (dan bingung) dengan Soundcard, padahal mixer memiliki tujuan yang sama sekali berbeda dan lebih rumit. Mixer menawarkan kontrol lebih besar atas apa yang dikirim ke komputer.

Baca Juga:  Shunt Pada Rangkaian Baterai Bank PLTS, Fungsi & Manfaatnya

Mixer sudah didesain dengan satu set tombol dan penggeser, yang berfungsi sebagai fader volume, equalizer, dan efek bawaan yang dapat dikontrol seperti reverb, delay, dan chorus — biasanya untuk setiap input baris individual.

Mixer sangat berguna untuk pertunjukan langsung dan situasi lain di mana ada kebutuhan untuk memodifikasi audio yang berasal dari beberapa mikrofon dan instrumen (yang dimainkan secara bersamaan) untuk menciptakan campuran yang jelas dan solid. Dengan mixer yang bagus, tidak perlu khawatir tentang suara tertentu yang mengalahkan suara lainnya.

Saat ini sudah ada mixer dengan USB atau FireWire internal, yang menghilangkan kebutuhan akan antarmuka audio terpisah. Ada juga program produksi musik yang menawarkan pencampuran virtual tanpa perangkat keras.

Namun, banyak produser musik profesional memilih untuk memiliki perangkat mandiri sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak input, efek, preamp, filter, dan lain-lain dengan kualitas lebih tinggi. Penyesuaian manual pada mixer memungkinkan membuat penyesuaian yang lebih akurat dan intuitif untuk setiap sinyal audio.

 

Perbedaan Mixer dengan Soundcard untuk Rekaman, Pilih Mana?

Jika Anda seorang pemula dengan studio rumahan yang cukup kecil atau kebutuhan perekaman yang sangat mendasar, Anda mungkin tidak memerlukan beberapa fitur yang ditemukan di sebagian besar mixer. memiliki soundcard sudah cukup mumpuni karena simple dan bisa diedit dengan beragam software.

Baca Juga:  Perbedaan MCB DC dengan MCB AC Pada Aplikasi Kelistrikan

Selain itu Soundcard bisa memisahkan sinyal antara vokal dengan instrument sehingga mempermudah saat diedit. Dengan menggunakan soundcard kita bisa menambahkan berbagai efek pada software saat editing.

Mixer khusus dapat menjadi opsional jika Anda hanya cenderung merekam dari satu hingga dua sumber suara apalagi secara live yang tidak memungkinkan melakukan editing saat siaran langsung. Jika Anda menginginkan audio berkualitas tinggi, perangkat ini mutlak diperlukan.

Jika memiliki anggaran yang lebih, ruang, dan minat untuk mencoba, kita bisa membeli keduanya, terutama jika  ingin bereksperimen dengan mixer dan menemukan segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk mengubah suara. Jika Anda tertarik untuk akhirnya menjadi produser audio atau rekaman, maka itu pasti sepadan dengan investasinya.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker