Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Produk Bahan Bangunan

Polycarbonate, solusi atap rumah minim cahaya

Polycarbonate salah satu solusi atap rumah minim cahaya, polycarbonate cukup kuat dan mudah dibentuk sehingga memudahkan konstruksi pembangunan atap rumah. Polycarbonate adalah solusi alternatif yang tepat untuk mengganti material kaca dan fiberglass untuk rumah yang kurang mendapatkan cahaya alami atau cahaya matahari.

Polycarbonate hadir dengan berbagai macam tingkat transaparansi mulai dari full transparan, semi-transparan, hingga warna solid. Cahaya yang melewati polykarbonat full-transparan sama seperti kaca dan lebih baik dibanding fiberglass. Polykarbonat juga lebih tahan lama dibanding dengan kaca dan fiberglass.

Bagi masyarakat Indonesia umumnya, pilihan utama konstruksi atap rumah adalah genteng. Namun bila posisi bangunan dihimpit oleh bangunan yang tinggi, akibatnya cahaya matahari atau cahaya alami terhalang. Sering dijumpai keadaan bangunan yang seperti itu membuat pemilik bangunan harus mengeluarkan biaya lebih untuk memasang lampu dan membayar listrik. Dengan menggunakan atap polykarbonat tentunya hal tersebut dapat diminimalisir.

Baca Juga:  MU-408 Glitter, Pengisi Nat Keramik dengan Efek Glitter Berkilau

Jika atap menggunakan polykarbonat, maka cahaya alami dapat masuk ke dalam rumah hunian walaupun rumah hunian terhalang oleh bangunan lain yang lebih tinggi. Selain itu sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Chicago di Amerika mengungkapkan bahwa penghuni yang sering terpapar sinar cahaya alami mampu untuk tidur lebih lama, tidur lebih berkualitas, dibandingkan dengan penghuni rumah yang kurang mendapatkan cahaya alami dalam hunian mereka.

Pada umumnya apabila cahaya alami atau sinar matahari masuk melewati atap transparan, maka kondisi suhu di bawah atap transparan semakin panas. Panas ini secara keilmuan karena suhu panas dibawah atap transparan dibentuk oleh radiasi inframerah dari sinar matahari.

Baca Juga:  Pintu Baja Fortress Produksi Motif Serat Kayu Kuat dan Handal

Menurut Solar Spektrum ada tiga jenis radiasi cahaya yang dihasilkan oleh cahaya alami, terutama paparan sinar matahari langsung, yaitu:

  1. Ultra-Violet (UV): Ini adalah radiasi sinar matahari yang berbahaya untuk kesehatan manusia
  2. Visible Light: Ini adalah radiasi sinar matahari yang biasa kita lihat, dan baik bagi kesehatan terutama disaat pagi hari.
  3. Near-Infrared: Ini adalah radiasi sinar matahari yang dikonversi menjadi panas ketika sinar tersebut diserap oleh benda, sehingga menghasilkan penumpukan panas.

Produk polykarbonat yang beredar dipasaran saat ini rata-rata sudah mampu untuk mem-blok paparan sinar ultraviolet(UV) yang merusak kulit. Sedangkan untuk mengatur cahaya alami yang masuk dapat menggunakan pelapisan(coating) warna khusus yang mempunyai kandungan zat aditif penghalang panas saat proses finishing pemasangan polykarbonat pada rumah hunian. Sehingga membantu mengurangi penumpukan panas dibawah atap.

Baca Juga:  Genteng Keramik Kanmuri Full Flat, Inovasi Advance dari Kanmuri

Komentar

comments

Tags
Harga Polycarbonate kelebihan Polycarbonate kelemahan Polycarbonate Polycarbonate ukuran Polycarbonate

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker