3D Printing & CNC

Stepper Motor Nema 34, Spesifikasi dan Aplikasinya Pada Industri

Harga dan Spesifikasi Detail Stepper Motor Nema 34

Stepper NEMA 34 adalah jenis stepper yang lebih besar dan lebih kuat daripada NEMA 23. Ini memiliki dimensi sekitar 86mm x 86mm (3,4 inci x 3,4 inci) dan dapat memberikan torsi yang lebih besar daripada NEMA 23. Beberapa fitur detail dari NEMA 34 adalah sebagai berikut:

  1. Torsi: NEMA 34 dapat memberikan torsi yang cukup besar, biasanya antara 3-5 Nm. Torsi ini dapat digunakan untuk menggerakkan beban yang lebih besar dan lebih berat daripada NEMA 23.
  2. Resolusi: NEMA 34 memiliki resolusi yang tinggi, yang berarti dapat menghasilkan gerakan yang lebih halus dan presisi yang lebih baik. Hal ini membuatnya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan pergerakan yang sangat presisi seperti mesin CNC dan perangkat mekanik lainnya.
  3. Kecepatan: Meskipun motor-stepper NEMA 34 memiliki torsi yang besar, kecepatannya biasanya lebih lambat daripada NEMA 23. Namun, kecepatan yang lambat ini dapat diimbangi dengan presisi dan torsi yang tinggi.
  4. Konstruksi: Motor-stepper NEMA 34 biasanya memiliki konstruksi yang lebih kuat dan lebih tahan lama daripada NEMA 23. Ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam aplikasi industri dan mesin yang membutuhkan kinerja yang stabil dan handal.
  5. Tegangan dan arus: NEMA 34 memerlukan tegangan dan arus yang lebih tinggi daripada NEMA 23. Ini biasanya berkisar antara 2-6 ampere dan dapat beroperasi pada tegangan antara 12-48 volt.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Kerja Laser Cutting?

Kekurangan Nema 34

  1. Ukuran yang besar: NEMA 34 memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan motor-stepper lainnya, sehingga tidak cocok untuk digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan ukuran yang kecil.
  2. Harga yang mahal: NEMA 34 memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan motor-stepper lainnya, sehingga tidak cocok untuk penggunaan di rumah atau untuk aplikasi yang membutuhkan biaya yang rendah.
  3. Arus dan tegangan yang tinggi: NEMA 34 memerlukan arus dan tegangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor-stepper lainnya, sehingga memerlukan sumber daya listrik yang lebih besar dan lebih mahal.

Aplikasi dan penggunaan Stepper Motor nema 34

Berikut adalah beberapa aplikasi umum dari NEMA 34:

  1. Mesin CNC: NEMA 34 sering digunakan pada mesin CNC untuk menggerakkan meja atau spindel. Karena memiliki torsi yang besar, resolusi yang tinggi, dan konstruksi yang kuat, NEMA 34 dapat memberikan kinerja yang sangat presisi dan handal pada mesin CNC.
  2. Peralatan medis: NEMA 34 digunakan pada beberapa peralatan medis seperti mesin pemindai MRI atau mesin pencitraan tomografi (CT) yang memerlukan presisi dan keandalan tinggi.
  3. Printer 3D: NEMA 34 dapat digunakan pada printer 3D untuk menggerakkan meja atau sumbu yang memerlukan torsi yang besar dan presisi yang tinggi.
  4. Robotika: NEMA 34 dapat digunakan pada robot industri atau robot manipulator untuk menggerakkan lengan atau perangkat yang memerlukan torsi dan keandalan yang tinggi.
  5. Mesin pengolahan kayu: NEMA 34 dapat digunakan pada mesin pengolahan kayu seperti mesin pemotong atau mesin gergaji bundar untuk menggerakkan pisau atau roda gergaji.
  6. Mesin pengolahan logam: NEMA 34 dapat digunakan pada mesin pengolahan logam seperti mesin bubut atau mesin penggiling untuk menggerakkan meja atau alat pemotong dengan torsi dan presisi yang tinggi.
  7. Perangkat mekanik lainnya: NEMA 34 juga dapat digunakan pada berbagai perangkat mekanik lainnya seperti mesin pengeboran, mesin pemotong laser, atau mesin pemotong plasma yang memerlukan kinerja yang presisi dan handal.
Baca Juga:  Macam-Macam Material yang Cocok Digunakan untuk Laser Cutting

Spesifikasi Detail Stepper Motor Nema 34

Berikut adalah spesifikasi umum untuk stepper NEMA 34:

  1. Ukuran fisik: NEMA 34 memiliki dimensi fisik 86,4 mm x 86,4 mm (3,4 in x 3,4 in) untuk model dengan 4 kabel dan 116,8 mm x 116,8 mm (4,6 in x 4,6 in) untuk model dengan 8 kabel.
  2. Torsi: NEMA 34 memiliki torsi yang tinggi, berkisar antara 2 hingga 20 Nm tergantung pada model dan jenis motor stepper.
  3. Resolusi: NEMA 34 memiliki resolusi yang tinggi, dengan 200 hingga 400 langkah per putaran.
  4. Arus: NEMA 34 memerlukan arus yang tinggi, berkisar antara 3 hingga 8 A tergantung pada model dan jenis motor stepper.
  5. Tegangan: NEMA 34 memerlukan tegangan yang tinggi, berkisar antara 12 hingga 70 VDC tergantung pada model dan jenis stepper.
  6. Sudut langkah: NEMA 34 memiliki sudut langkah yang relatif besar, berkisar antara 0,9 hingga 1,8 derajat tergantung pada model dan jenis motor stepper.
  7. Konstruksi: NEMA 34 dibangun dengan konstruksi yang kuat dan tahan lama, sehingga cocok untuk digunakan dalam aplikasi industri yang memerlukan kinerja yang stabil dan handal.
  8. Kecepatan: NEMA 34 memiliki kecepatan yang relatif rendah, berkisar antara 500 hingga 3000 RPM tergantung pada model dan jenis stepper.
  9. Jenis poros: NEMA 34 tersedia dalam berbagai jenis poros seperti poros lurus, poros datar, dan poros tirus, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi.
Baca Juga:  Inilah 5 Jenis Mesin CNC yang Paling Sering Digunakan

Spesifikasi di atas dapat bervariasi tergantung pada produsen dan model motor NEMA 34 yang digunakan.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami