Pertukangan BangunanPertukangan Cat & Finishing

Tahapan Mengecat Dinding Rumah yang Tepat dan Efisien

Tahapan Mengecat Dinding Rumah yang Tepat dan Efisien. Yang harus dilakukan untuk memulai proses pengecetan adalah menyiapkan permukaan yang akan dicat. Pastikan permukaan dinding bersih dan kering untuk mencegah terjadinya pengelupasan. Kerjakan pengecatan pada siang hari. Mulai dari dekat jendela menuju ke ruang dalam. Bila mengecat seluruh ruangan, kerjakanlah mulai dari langit-langit yang diteruskan ke dinding dekat kusen jendela, pintu-pintu, dan kemudian ke bagian bawah.

Lakukanlah pembuangan sisa saat melakukan pengecatan karena kita harus bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan menghindarkan membuang limbah/sisa cat ke dalam saluran pembuangan. Terakhir adalah membiarkan sisa cat mengering di wadahnya sebelum dibuang
ketempat sampah.

 

Mengecat Dinding: Pemberian Cat Dasar

Cat dasar untuk tembok dibagi dua, yaitu cat dasar yang berupa varnish dasar air yaitu cat tanpa pigmen dengan dasar emulsi acrylic 100%. Cat dasar
ini biasanya disebut Wall Sealer Water Base. Wall Sealer sangat baik untuk tembok baru yang banyak retak rambut untuk mengisi celah-celahnya dan untuk menguatkan lapisan cat lama yang mulai mengapur.

Kedua adalah cat dasar yang berupa cat tembok warna putih dengan dasar emulsi acrylic 100% dan mempunyai daya tahan alkali yang tinggi, daya rekat serta daya isi yang baik serta kadar bahan anti jamur cukup tinggi. Cat dasar ini disebut Alkali Resisting Primer atau Undercoat Tembok.
Cara pemakaiannya adalah encerkan cat sesuai dengan petunjuk pabrik, jangan berlebihan, karena dapat menghilangkan fungsi cat dasar. Beri satu
atau dua lapis cat dasar.

 

Mengecat Dinding: Langkah Pengecatan

  • Reaksi pengerasan (curing) semen pada plesteran harus sudah sempurna, minimal harus ditunggu selama 28 hari.
  • Periksa kelembapan tembok. Gunakan alat protimeter, yaitu alat pengukur kadar air. Kadar air harus sudah di bawah 18%.
  • Periksa kadar alkali tembok.Gunakan kertas lakmus untuk mengukur pH (derajat keasaman/alkali). Kadar alkali harus menunjukkan kurang lebih
    pH 8. Kalau lebih dari pH 8, berarti reaksi semen belum sempurna dan tembok belum layak dicat.
  • Kalau kadar air sudah rendah, tetapi kadar alkali masih tinggi, berarti masih ada semen bebas yang belum beraksi karena kekurangan air. Basahkan permukaan tembok dengan air bersih.
  • Bila semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, bersihkan permukaan dari bekas percikan semen, efflorescene (pengkristalan garam), pengapuran, debu, kotoran, dan minyak. Gosok permukaan tembok dengan kertas ampelas kasar atau sikat sambil permukaan tembok dibasahi air bersih. Kemudian keringkan dengan kain lap yang bersih.
  • Cuci permukaan tembok dengan larutan asam chlorida (HCl) 10–15% untuk menetralkan alkali yang masih ada dan juga mengetching permukaan tembok agak lebih kasar sehingga daya lekat lebih baik.
  • Bila permukaan tembok berlumut atau berjamur, cuci dengan larutan kaporit 10–15%.

 

Mengecat Dinding: Pemberian Cat Akhir

  • Persiapan permukaan harus telah sempurna.
  • Bagian-bagian tembok yang tidak akan dicat, alat-alat rumah tangga seperti kursi, meja, lantai sudah ditutup plastik atau kertas koran.
  • Siapkan alat-alat pengecatan yang dibutuhkan, seperti kuas, roller, ember, pengaduk, tangga, dan lain-lain.
  • Periksa kaleng cat, apakah sesuai dengan ketentuan pabrik. Catat nomor batchnya (lot).
  • Aduk cat sampai rata dan pengenceran sesuai dengan kebutuhan pabrik.
  • Selang waktu antara setiap lapis harus cukup lama. Secara teoritis adalah 2–4 jam, tetap sebaiknya minimal 8 jam atau semalam.
  • Ventilasi ruangan harus sebaik mungkin dan kalau dapat pengecatan dilakukan waktu cuaca terang dan kering. Pengenceran cat jangan langsung di dalam kalengnya, kecuali kalau dapat habis pada hari itu juga.
  • Tutup rapat-rapat kaleng yang yang masih ada sisa catnya untuk menghindari pembusukan.

 

Kata Kunci:

cara mencat dinding rumah yang masih kasar,cara mencat rumah terbaik,tahapan mengecat dinding

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker