Pertukangan Cat & Finishing

Teknik Dasar Mengecat dengan Spray Gun (Alat Semprot)

Cara Menyetel Spray Gun dengan Benar

Panduan Mengecat Lengkap Dengan Spray Gun. Teknik Dasar Mengecat dengan Spray Gun (Alat Semprot). Alat cat semprot atau spray gun merupakan peralatan wajib bagi bengkel body repair atau workshop furniture. Spraygun adalah suatu peralatan pengecatan yang menggunakan udara kompresor untuk mengaplikasi cat yang diatomisasikan pada permukaan benda kerja.

Spraygun menggunakan udara bertekanan untuk mengatomisasi / mengabutkan cat pada suatu permukaan. Prinsip pengecatan semprot dengan menggunakan spray gun sama halnya seperti pada atomisasi semprotan obat ntamuk.

Apabila udara bertekanan dikeluarkan dari lubang udara pada air cap, maka tekanan negatif akan timbul pada ujung fluida, yang selanjutnya menghisap cat pada cup. Kemudian cat yang dihisap ini disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi (dikabutkan).

Jarak Pengecatan dengan Spray Gun

Jarak antara spray gun dan area yang dicat untuk masing-masing cat berbeda, tergantung dari proses dan obyek yang akan dicat. Apabila spray gun dipegang terlampau dekat dengan permukaan yang dicat, maka akan berakibat jumlah cat yang teraplikasi menjadi banyak dan menghasilkan lapisan yang lebih tebal dan dapat meleleh.

Sebaliknya, apabila spray gun dipegang pada jarak yang lebih jauh, volumenya akan berkurang sehingga akan menghasilkan lapisan yang tipis dan kasar, jarak spraygun secara umum 15-20 cm, untuk jenis acrylic lacquer : 10 – 20 cm dan enamel: 15 – 25 cm

Sudut Spray Gun

Sudut Spray Gun itu merupakan orientasi (arah) daripada spray gun dalam hubungannya terhadap permukaan panel. Spray gun harus dipegang agak lurus secara konsisten terhadap permukaan panel, balk pada arah vertical maupun horizontal. Apabila tidak demikian, maka hasilnya akan menjadi kurang rata

Baca Juga:  Harga Roller Cat Berbagai Ukuran dan Tipe - Tips membeli Roll Cat

 

Kecepatan Langkah Pengecatan

Jika terlalu lambat, cat akan meleleh, bila terlalu cepat maka hasil pengecatan kurang rata. Jika kecepatannya kurang stabil maka akan diperoleh hasil pengecatan yang tidak rata dan kurang mengkilap. Kecepatan gerak spraygun harus konstan, yang dianjurkan kira-kira 900 – 1200 mm/detik

Pola Tumpang Tindih (Overlapping)

Overlapping adalah suatu teknik pengecatan pada permukaan benda kerja, sehingga penyemprotan yang pertama dan berikutnya akan menyambung.

Tujuannya adalah:

  • Menghindarkan terjadinya tipis
  • Menghindarkan adanya perbedaan warna
  • Untuk mendapatkan ketebalan lapisan cat yang merata
  • Mencegah tidak adanya cat pada lapisan pertama dan berikutnya.
    Overlapping Pada Bidang Vertical
    Overlapping Pada Bidang Horisontal
    Overlapping Pada Bidang Permukaan Sambungan

pada artikel berikutnya akan kami ulas mengenai jenis spray gun dan teknik detailnya.

 

Cara Menyetel Spray Gun

Untuk menyetel sebuah spray gun, tentunya kita juga harus memahami bagian-bagian dari spray gun. Nah, gambar di bawah ini merupakan bagian-bagian dari sebuah spray gun secara umum.

Bagian Spray Gun

  • Tabung cat, berfungsi untuk menampung cairan cat yang akan disemprotkan.
  • Cup nozzle, berfungsi untuk menyetel arah semprtotan secara vertikal atau horizontal.
  • Knop pengatur luas semprotan, berfungsi untuk mengatur luas dan sempit semprotan cat yang keluar.
  • Knop pengatur volume cat, berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cat yang disemprotkan.
  • Tuas penekan atau trigger, berfungsi untuk menyemprot dan menghentikan semprotan cat.
  • Knop pengatur angin, berfungsi untuk mengatur tekanan angin yang keluar dari spray gun.

menyetel spray gun yang benar yaitu sebagai berikut.

  1. Bacalah buku panduan cara penggunaan yang ada. Biasanya di dalam buku tersebut diuraikan cara melakukan setting pada setiap bagian-bagian spray gun.
  2. Hubungkan spray gun dengan udara bertekanan atau mesin kompresor. Pastikan area sambungan tidak bocor yang dapat menyebabkan tekanan angin berkurang dan angin cepat habis.
  3. Siapkan cat yang akan digunakan untuk pekerjaan pengecatan. Kemudian masukan ke dalam tabung cat pada spray gun. Untuk hasil yang sempurna, disarankan untuk menyaring cat tersebut ketika memasukan ke dalam tabung cat.
  4. Setting knop pengatur volume cat. Untuk mengaturnya, putarlah berlawanan dengan arah jarum jam jika ingin membuka dan memperbanyak jumlah cat yang keluar. Sedangkan untuk mengurangi jumlah cat, putarlah searah dengan jarum jam. Kita bisa membuka sekitar satu putaran terlebih dahulu untuk percobaan.
  5. Setting knop pengatur angin. Untuk membuka angin, putarlah berlawanan dengan jarum jam. Dan untuk mengurangi tekanan angin, putarlah searah jarum jam. Tekanan angin yang terlalu besar, dapat menyebabkan hasil pengecatan tipis dan boros cat. Sedangkan jika tekanan angin terlalu kecil, maka cat tidak dapat disemburkan dan dapat menngakibatkan spray gun mampat.
  6. Setting pengatur luas semprotan. Jika kita memutar searah jarum jam, maka semprotan cat akan semakin menyempit. Begitu sebaliknya, jika memutar berlawanan dengan arah jarum jam, maka semprotan cat akan semakin meluas. Aturlah sesuai luas permukaan benda kerja yang akan dicat.
  7. Setting cup nozzle. Untuk mengatur cup nozzle, kendurkan terlebih dahulu mur penguncinya. Kemudian arahkan kedua ujung cup nozzle tersebut sesuai keinginan. Jika kita akan mengecat secara vertikal, maka posisikan cup nozzle tersebut agar cat yang keluar secara horizontal.
  8. Lakukanlah penyetelan pada nomer 4, 5, 6, dan 7 secara berulang-ulang dengan menyemprotkan spray gun pada benda percobaan hingga memperoleh semprotan cat yang diinginkan. Setelah penyetelan benar-benar tepat, barulah menyemprotkan pada benda yang akan dicat.

Kata Kunci:

cara mengecat tembok dengan spray gun,cara mengecat yg benar menggunakan spray gun,https://www crafter id/teknik-dasar-mengecat-dengan-spray-gun-alat-semprot/,cara mengecat dinding kayu dengan kompresor,cara mengecat gunpla menggunakan spraycan,tutorial mengecat sepray gun,cara mengecat dengan cat candy,cara mengecat besi dengan kompresor,cara mengatur spray gun untuk mengecat,Cara megecet tembok pake kompesor

Baca Juga:  Masalah dalam Pengecatan dengan Spray Gun dan Solusinya

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker