Farm & GardenInterior

Teknik Pembuatan Aquascape yang Menarik

Aturan Dasar Pembuatan Aquascape

Teknik Pembuatan Aquascape yang Menarik. Membuat aquascape adalah aktifitas yang menyenangkan, namun sebelum membuatnya kita harus memikirkan berbagai desain, tema, dan konsep yang akan kita usung, termasuk tampilan atau visual yang diinginkan.

Seni aquascape membutuhkan banyak kreativitas dan imajinasi. Namun, seaneh kedengarannya bagi pemula, ada beberapa konsep matematika yang terlibat dalam desain dan tata letak aquascape.

 

Aturan Sepertiga Viusal

Aturan Sepertiga pertiga mungkin salah satu yang paling penting yang perlu Anda perhatikan ketika merencanakan tata letak akuarium Anda. Pada dasarnya ini berarti bahwa Anda perlu menggambar garis imajiner yang akan memandu Anda di mana Anda dapat menempatkan aksen visual yang akan menarik perhatian penonton.

Dasar Aquascape

Bagilah permukaan menjadi sembilan bagian yang sama dengan membayangkan sepasang garis vertikal dan horizontal paralel. Persimpangan dalam imajiner adalah tempat di mana titik fokus Anda seharusnya.

aturan sepertiga visual aquascape

Ini berarti bahwa pada awalnya, mata pemirsa akan diarahkan ke salah satu titik fokus (bukan di tengah akuarium) dan kemudian secara bertahap pindah ke elemen lain dan aksen visual. Ingatlah bahwa tujuan utama dari aquascaping adalah untuk menciptakan pemandangan yang menyenangkan.

Baca Juga:  Toilet Kubikal, Toilet Cubicle Lebih Praktis dan Efisien Dibanding Toilet Konvesional

Rasio Emas – kira-kira sama dengan 1,618 juga dikenal sebagai “phi”, dikenal oleh desainer, arsitek (dan ahli matematika). Anda memiliki rasio emas ketika membagi garis menjadi dua bagian sedemikian rupa sehingga jika bagian yang lebih panjang dibagi menjadi yang lebih kecil, hasilnya akan sama dengan membagi seluruh garis menjadi bagian yang lebih panjang.

 

Teknik Pembuatan Aquascape: Titik fokus

Titik fokus adalah tempat di mana pengamat melihat pertama kali. Pilihan terbaik untuk akuarium ukuran kecil adalah memiliki satu titik fokus utama dan sejumlah titik sekunder yang juga akan menarik perhatian pengunjung.

Aquascapes besar biasanya memiliki lebih dari satu titik fokus tetapi Anda harus berhati-hati ketika mendesain tata letak karena memiliki terlalu banyak titik fokus karena aksen visual bukan ide yang baik karena mereka membanjiri mata penonton.

 

Teknik Pembuatan Aquascape: Perspektif dan Keseimbangan

Menciptakan perspektif adalah teknik lain dan ada banyak cara dan metode untuk merancang aquascape yang seimbang. Latar belakangnya sangat penting. Kecuali Anda berencana untuk menempatkan akuarium Anda di tengah ruangan, Anda pasti harus memikirkan latar belakang.

Baca Juga:  Stiker Dinding, Perbedaan WallPaper dan Wallsticker Sebagai Pelapis Dinding

Mengapa Anda membutuhkan latar belakang? Karena semua selang dan kabel tersembunyi di belakangnya dan itu membantu untuk membuat perspektif yang baik. Biasanya, bahan-bahan seperti kayu, gabus, kertas timah dan cat digunakan sebagai latar belakang.

Dalam Teknik Pembuatan Aquascape kita harus mencoba menemukan keseimbangan visual antara latar depan, tengah, dan latar belakang aquascape. Mungkin lebih rumit daripada kedengarannya karena untuk menciptakan aquascape yang seimbang dalam hal daya tarik visual memang membutuhkan beberapa pengalaman. Salah satu kiat ahli adalah menggunakan batu dan kayu di tengah untuk meniru bukit. Menambahkan kedalaman pada keseluruhan tampilan dapat dicapai dengan menggunakan tanaman yang tumbuh rendah di latar depan dan menempatkan kayu apung atau batu yang menonjol di latar belakang.

 

Memilih Lapisan Dasar, Tanaman, dan Ikan

Pilih lapisan dasar yang terlihat alami. Jelas, level dasar harus memenuhi persyaratan tanaman yang Anda rencanakan untuk tumbuh tetapi perlu diingat bahwa ini juga merupakan lapisan dekoratif alami dan setiap substrat yang terlihat secara artifisial harus dihindari.

Baca Juga:  Desain Interior, Teori Umum dan Sejarah Desain Interior

Memilih tanaman air yang tepat, ukuran, warna, dan bentuknya akan membantu Anda menciptakan kontras visual, menambah kedalaman perspektif dan memberikan tampilan yang lebih alami pada aquascape. Mulailah dengan titik fokus, lalu tambahkan tanaman rendah dan sedang dan pertumbuhan tinggi harus ditanam terakhir.

Memilih ikan, sebagai elemen dari aquascape, adalah tugas yang sulit karena ada banyak faktor yang perlu Anda perhitungkan. Sebagai contoh, Anda perlu mengetahui perilaku spesies ikan tertentu, siklus pembiakannya, kebiasaannya, dll. Biasanya, spesies berukuran kecil digunakan yang bergerak di jalur. Spesies dengan warna cerah disarankan karena mereka menambah warna dan membuat akuarium terlihat lebih cerah.

Perawatan sangat penting untuk setiap Teknik Pembuatan Aquascape. Anda harus menjaga akuarium tetap bersih dan aman baik untuk tanaman maupun ikan. Selain itu, Anda perlu berhati-hati dan mempertahankan komposisi aquascape yang berarti bahwa air harus diubah secara teratur dan Anda harus terus memantau keseimbangan cahaya, karbon dioksida, dan tingkat nutrisi.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker