Energi HijauKelistrikan dan Elektrik

Tipe Pemasangan Solar Panel untuk Menghasilkan Energi Maksimal

Tipe pemasangan solar panel untuk menghasilkan energi maksimal didapatkan dengan pemasangan panel surya yang tepat, yaitu bagaimana dan dimana panel surya akan dipasang sehingga penyerapan energi surya dapat maksimal.

Maka, tipe pemasangan panel surya mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menghasilkan energi listrik selain dari material sel panel surya itu sendiri. Tipe pemasangan seperti apakah yang dapat menghasilkan energi maksimal?

Dua cara pemasangan panel surya yang umum digunakan, yaitu:

Pemasangan Panel Surya di Atap Hunian atau Bangunan.

Pemasangan di Atap hunian adalah yang paling umum, tetapi perlu diketahui jika memasang panel surya diatas atap adalah arah atap bangunan apakah menghadap matahari atau tidak untuk mendapatkan energi maksimal.

Tipe Pemasangan Panel Surya atap

Di Indonesia Jika atap miring ke arah utara dan selatan maka serapan energi matahari tidak maksimal dibanding jika atap miring ke arah timur dan barat.

Baca Juga:  Perawatan Listrik Tenaga Surya Agar Awet dan Optimal

Pemasangan Flush.

Pemasangan ini dilakukan dengan menyusun pemasangan panel surya pada sudut yang sama dengan atap, dengan kata lain pemasangan tipe flush menempatkan panel surya pada ketinggian yang paralel dengan atap.

Tipe ini dianggap paling sederhana, mudah dan ekonomis. Dan sering merupakan pilihan terbaik untuk pemasangan panel surya secara umum, tetapi tergantung pada sudut atap bangunan untuk menghasilkan efisiensi maksimal.

Pemasangan Tilted.

Jika atap tidak terlalu miring atau bahkan datar seperti atap gedung, maka mempertimbangkan memasang panel surya di atap dengan miring (tilted) adalah salah satu alternatifnya.

Dengan  menyesuaikan sudut pemasangan akan meningkatkan efisiensi energi, namun pemasangannya juga cukup lama dan tidak sederhana.

Baca Juga:  Rekomendasi Merek Panel Surya Bagi Peminat Energi Bersih Terbarukan

Sehingga perlu konsultasi kepada installer(pemasang) berapa efisiensi yang didapatkan jika memasang dengan miring.

Pemasangan Panel Surya di Atas Permukaan Tanah.

Untuk tipe ini sangat direkomendasikan apabila bangunan mempunyai sebidang tanah yang cukup untuk menampung panel surya selain pemasangan tipe ini juga mudah, dan pemeliharaannya juga tidak rumit. Namun jika tanah tidak rata akan cukup menyulitkan.

Tipe Pemasangan Panel Surya tanah

Ada tiga cara yang biasa dipakai untuk memasang panel surya diatas permukaan tanah, yaitu:

Pole Mounts.

Tipe pemasangan ini sederhana, yaitu panel surya dipasang pada tiang dudukan yang dibuat untuk satu atau serangkaian panel surya.

Pemasangan tiang dapat dengan mudah digabungkan dengan pelacak surya untuk memastikan panel surya mengikuti arah matahari sepanjang hari dan perubahan musim sehingga mampu mendapatkan efisiensi tertinggi.

Baca Juga:  MPPT Vs PWM Mana yang Terbaik untuk Sistem Surya?

Rak atau Rangka.

Memasang panel surya di rak atau rangka juga merupakan solusi yang baik untuk pemasangan di tanah.

Struktur rangka ini permanen dan menahan panel surya pada posisi yang sama dengan sudut yang sama dengan posisi matahari berubah.

Secara efisiensi memang kurang sempurna untuk mendapatkan energi surya karena sifatnya yang permanen, tetapi cara ini adalah pilihan paling ekonomis.

Pondasi dan Perataan dasar.

Tipe ini menempatkan panel surya di atas lempengan beton atau pondasi sebagai dasar dan menggunakan tiang pancang untuk menahan panel surya.

Pilihan pemasangan tipe ini jarang diaplikasikan karena tidak umum dan membutuhkan dana lebih untuk membuat pondasi panel surya dari material beton.

Komentar

comments

Tags
pemasangan atap panel surya pemasangan panel surya pemasangan panel surya di tanah tipe pemasangan panel surya

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker