PLTS dan Turbin Angin

Efek Shading Panel Surya dan Pengaruhnya Terhadap Output Daya

Pengaruh Bayangan Pada Panel Surya dan Cara Mengatasinya

Efek Shading Panel Surya dan Pengaruhnya Terhadap Output Daya. Daya yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga suryayang terhubung ke jaringan besar sangat bergantung pada radiasi matahari. Permasalahan partial shadingsecara umum diakibatkan oleh adanya bayangan pohon dan gedung yang menutupi permukaan array panel surya.

Tertutupnya sebagian permukaan panel surya ini mengakibatkan penurunan daya keluaran yang cukup berarti. Semakin banyak area yang terhalang (partial shading) dari paparan matahari langsung maka daya keluaran panel surya semakin berkurang. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ketika intensitas partial shading semakin tinggi dan mencapai titik kritis tertentu, daya keluaran panel surya akan konstan

Apa sajakah faktor penyebab shading?

Peneduh, biasanya disebabkan karena awan, penghalang lingkungan seperti pepohonan atau di dekat bangunan, peneduh sendiri antara panel dalam baris paralel, kotoran, debu danberbeda dengan tetesan burung yang mirip sampah, dll. Efek peneduh ini juga statis sebagai akibat dari posisi penghalang atau dalam beberapa kasus dinamis, misalnya, bayangan awan bergerak.

Pengaruh Shading Terhadap Kinerja Panel Surya?

Panel surya dihubungkan ke rangkaian-paralel kombinasi tergantung pada kisaran tegangan masukan inverter. Jika naungan dari pohon atau cerobong asap jatuh bahkan pada satu panel array, keluaran dari seluruh jaringan akan hampir menjadi nol untuk periode naungan.

pengaruh shading pada listrik tenaga surya

Hal ini karena panel-panel disatukan sedemikian rupa sehingga keluaran dikurangi menjadi tingkat arus yang melewati panel terlemah. Jika ada string terpisah dan tidak berbayang, itu akanmasih daya keluaran seperti biasa. Dampak naungan pada keseluruhan sistem tergantung pada bagaimana panel dipasang bersama.

Cara Mengatasi masalah bayangan?

  • Pemosisian sistem PV

Sebelum memasang sistem PV surya, Anda harus melakukan analisis situs yang cermat dengan mempertimbangkan semua waktu sepanjang hari untuk semua musim dalam setahun untuk menghindari naungan. Pohon atau bangunan terdekat yang tumbuh yang mungkin muncul di masa depan juga perlu dipertimbangkan sebelum menyelesaikan lokasi untuk Sistem PV.

  • Bypass Diode

Bypass Diode untuk menurunkan efek bayangan

Efek destruktif dari pemanasan hot-spot dapat dielakkan melalui penggunaan dioda bypass. Dioda bypass dihubungkan secara paralel, tetapi dengan polaritas yang berlawanan, ke sel surya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

dioda bypass mengatasi shading

Dalam operasi normal, setiap sel surya akan bias maju dan oleh karena itu dioda bypass akan bias balik dan secara efektif akan menjadi sirkuit terbuka. Namun, jika sel surya dibiaskan terbalik karena ketidaksesuaian arus hubung singkat antara beberapa sel yang terhubung seri, maka dioda bypass bekerja, sehingga memungkinkan arus dari sel surya yang baik mengalir di sirkuit eksternal daripada bias maju masing-masing. sel yang bagus. Bias balik maksimum melintasi sel yang buruk dikurangi menjadi sekitar satu penurunan dioda, sehingga membatasi arus dan mencegah pemanasan hot-spot.

  • Micro Inverter dan pengoptimal daya

Baik Microinverter dan pengoptimal daya digunakan untuk mengatasi masalah bayangan parsial. Ini memungkinkan setiap panel surya untuk bekerja secara individual sehingga produksi energi sistem tidak dipengaruhi secara tidak proporsional hanya oleh satu atau dua panel yang terkena bayangan.

 

 

Berbagai Jenis Shading

Ada berbagai jenis peneduh matahari, tergantung pada objek yang membuat peneduh.

  • Peneduh sementara

Peneduh sementara meliputi peneduh akibat awan, kotoran burung, debu atau daun yang berguguran.

  • Peneduh yang dihasilkan dari bangunan

Naungan yang dihasilkan dari bangunan sangat penting karena melibatkan bayangan langsung. Contoh dari jenis naungan ini adalah cerobong asap, konduktor penerangan, antena parabola, antena, tonjolan atap dan fasad, struktur bangunan offset, superstruktur atap, dan masih banyak lagi.

  • Bayangan dari lokasi

Peneduh dari lokasi berasal dari lingkungan sekitar gedung. Mungkin ada pepohonan atau semak-semak, kabel yang melintang di atas gedung, gedung tetangga atau gedung yang jauh yang sama-sama dapat menyebabkan cakrawala menjadi gelap.

  • Bayangan sendiri

Dengan sistem pemasangan rak, naungan modul dapat disebabkan oleh deretan modul. Dalam kasus ini, kemiringan dan pemisahan antara baris modul perlu dioptimalkan.

  • Bayangan langsung

Peneduhan langsung dapat menyebabkan kehilangan energi yang tinggi karena kedekatannya dengan objek bayangan yang menghalangi panel surya PV untuk menangkap cahaya.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker