PLTS dan Turbin Angin

Rangkaian Panel Surya Seri dan Paralel, Apa Perbedaannya?

Wiring Panel Surya Seri Vs Paralel Mana yang Paling Efisien

Rangkaian Panel Surya Seri dan Paralel, Apa Perbedaannya?. Perbedaan penting antara wiring panel surya secara seri atau paralel adalah pengaruhnya terhadap tegangan dan arus listrik dari rangkaian yang dihasilkan. Dalam rangkaian seri, Kita menjumlahkan tegangan setiap panel untuk mendapatkan tegangan keseluruhan dari array. Namun, arus listrik dari keseluruhan rangkaian tetap sama.

Dengan panel-panel yang terhubung secara paralel, tegangan (Voltase) rangkaian keseluruhan tetap sama dengan tegangan untuk setiap panel tetapi arus listrik dari rangkaian keseluruhan adalah jumlah ampere setiap panel surya.

 

Rangkaian Panel Surya Secara Seri

Saat menghubungkan panel surya dalam satu rangkaian, Kita menghubungkan setiap panel satu dengan yang lain membentuk rangkaian string. Kabel yang terhubung dari terminal negatif panel dihubungkan ke terminal positif panel berikutnya dan seterusnya.

Baca Juga:  Baterai CATL Siap Digeber Selama 16 Tahun, Masa Depan Energi Bersih

rangkaian seri panel surya

Dalam rangkaian seri, Kita menjumlahkan tegangan setiap panel untuk mendapatkan tegangan keseluruhan dari array. Namun, arus listrik dari keseluruhan rangkaian tetap sama.

 

Rangkaian Paralel

Alih-alih menghubungkan setiap panel ke panel berikutnya, dengan koneksi paralel, setiap panel terhubung ke kabel terpusat. Ada satu kabel untuk menghubungkan kabel dari semua terminal positif dan satu kabel untuk kabel dari terminal negatif.

rangkaian paralel panel surya

Dengan panel-panel yang terhubung secara paralel, tegangan rangkaian keseluruhan tetap sama dengan tegangan untuk setiap panel tetapi arus listrik dari rangkaian keseluruhan adalah jumlah ampere setiap panel surya.

 

Koneksi Dalam praktek Lapangan

Saat memasang sistem PV surya sedang, kemungkinan akan ada kombinasi koneksi paralel dan seri. Misalnya, Anda memiliki 9 panel, dengan 3 string dari 3 panel. Ini berarti 3 panel secara seri, dengan 3 senar secara paralel.

Untuk sistem ini, Anda dapat menggunakan pengontrol 150 V MPPT, karena Tegangan kira-kira 150 Volt (3 x 50 Volt dari setiap panel secara seri), lihat gambar di bawah ini.

rangkaian panel surya

Secara umum, usahakan untuk menjaga Voltase array PV setinggi mungkin (= lebih banyak panel yang seri), sehingga sistem akan mulai bekerja lebih awal. Sistem akan mulai bekerja jika Voltase array lebih tinggi dari voltase baterai.

Semakin rendah arus listrik, semakin sedikit kerugian loss tegangan yang di kabel, jadi ini juga berarti lebih banyak panel secara seri.

Namunkelemahan dari sistem seri adalah jika ada satu koneksi kabel yang bermasalah semua sistem akan terdampak dan panel surya tidak menghasilkan listrik. berbeda dengan sistem paralel meskipun ada kabel satu yang terputus atau salah satu panel bermasalah sistem tetap berjalan meskipun daya berkurang. Namun pada prakteknya dilapangan selalu menggunakan kombinasi keduanya.

Baca Juga:  Tesla Energy dan Listrik Tenaga Surya Tesla Akan Genjot Ekspansi

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker