DIY ProjectPengetahuan kayu

Oven Kayu Tenaga Matahari, Cara Membuat Pengering Kayu Tenaga Matahari

Oven Kayu Tenaga Matahari, Cara Membuat Pengering Kayu Matahari. Cahaya matahari adalah anugerah, apalagi jika kita hidup di wilayah katulistiwa. Di Amerika dan Eropa pun yang musim panasnya cuma sebentar, mereka banyak membuat mesin oven kayu dengan tenaga panas matahari.

Prinsip utama membuat oven kayu tenaga matahari adalah sistem pencahayaan yang masuk dan kekedapan dinding kamar oven.

Pernahkah kita memasuki mobil yang sudah lama terkena matahari saat parkir? Begitu kita masuk merasakan panas yang luar biasa bahkan mencapai 50 Celcius. Hal ini disebabkan mobil mempunyai peredam dinding yang berkualitas dan tidak bocor sehingga panas matahari  terakumulasi di dalamnya. Prinsip yang sama akan kita terapkan saat membuat oven kayu tenaga matahari.

Tiga syarat utama yang harus dipenuhi dalam Teknik Pengeringan kayu, yaitu:
  • Cukup energi panas
Energipanas digunakanuntuk memanaskan/menguapkan air dari dalam kayu, terutama pada kayu yang kadar airnya sudah mencapai 30 %. Untuk mengeringkan kayu tersebut hingga ke kadar air di bawah 15 % memerlukan penambahan panas.
  • Cukup kelembaban
Kelembaban ini disesuaikan dengan tingkat kadar air kayu.
  • Sirkulasi udara
Sirkulasi udara yang baik dapat menghantarkan panas secara merata mengenai seluruh permukaan kayu dari setiap tumpukan. Makin cepat peredaran udara semakin cepat kayu mengering dan semakin merata tingkat kekeringannya. Sirkulasi udara yang normal untuk pengeringan adalah 2 m/detik.

Oven Kayu Tenaga Matahari: Desain Bangunan

Kita akan membuat tempat oven kayu yang bisa menampung sekitar 4-6 kubik kayu. bahan yang kita perlukan adalah:
  • Papan kayu untuk Dinding
  • Rockwool untuk peredam dinding agar panasnya bertahan.
  • Atap Kaca atau Plastik transparan untuk menangkap cahaya matahari.
  • Lem sealant untuk menutup semua celah untuk menghindari kebocoran panas dalam ruangan.
  • Triplek untuk pelapis dinding bagian dalam.
  • Cat warna hitam untuk ruangan dalam agar bisa menyerap panas optimal.
Baca Juga:  Mengenal Kayu Bengkirai, Kegunaan dan Harga Kayu Bengkirai

Perhatikan desain gambar berikut ini

oven kayu tenaga matahari

Dari desain diatas terlihat bahwa atap miring transparan mejadi tempat untuk menangkap cahaya matahari. panas kemudian didistribusikan melalui kipas yang berada diatas kayu agar merata. Uap air dikeluarkan melalui ventilasi di bawahnya.

pengering kayu matahari

Pengering kayu tenaga surya
Foto: forestryforum.com

oven kayu tenaga surya

Selain model diatas berikut ini adalah model-model pengembangannya. Desain tersebut tidak harus mutlak, bisa disesuaikkan dengan keadaan. yang paling penting adalah kekedapan dinding harus benar-benar dijaga, terutama pelapisan dinding dengan rockwool atau glasswool.

desain oven kayu tenaga surya
Foto:wagnermeters.com

Kata Kunci:

cara open kayu,tips cara membuat oven kayu sederhana,Harga oven kayu sederhana,gambar design ruangan oven kayu,cara oven kayu,cara membuat pengering kayu sederhana,cara membuat pengering kayu,cara membuat oven kayu aman,cara bikin oven kayu manual,Bikin tempat open kayu

Baca Juga:  Perbedaan Kualitas Kayu Jati Sulawesi VS Jati Jawa

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker