InteriorPengetahuan kayu

Lantai Bambu, Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Bambu

Proses Pembuatan dan harga Lantai Bambu

Lantai Bambu, Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu bambu. Pasar adalah indikator terbaik untuk preferensi klien. Asia Flooring salah satu produsen lantai kayu menggambarkan bahwa Akhir-akhir ini permintaan lantai bambu sangat besar, berarti ini adalah pilihan paling populer bagi banyak pembeli.

Karakteristiknya sangat berbeda, terutama dalam beberapa tahun terakhir, dan jenis lantai ini lebih disukai karena kualitasnya yang baik. Dekorasi lantai bambu terlihat indah di setiap ruangan.

Proses Pembuatan lantai bambu

Bambu secara teknis adalah spesies rumput, bukan kayu. Namun, ketika sudah dewasa, ia menampilkan kualitas tertentu yang mirip dengan kayu keras. Selama berabad-abad, rumpun bambu dewasa telah dipanen dan batang tubular tebal secara manual diiris menjadi strip untuk digunakan sebagai lantai di Asia. Saat ini, metode otomatis yang lebih maju dan akurat menghasilkan potongan bambu dari batang yang sudah dewasa.

Setelah masing-masing strip dikeringkan dengan kiln dan dipilih untuk keseragaman warna, mereka direkatkan bersama di bawah tekanan dan panas. Beberapa strip mungkin dilaminasi vertikal bersama-sama untuk bahan lantai padat konvensional, atau mereka mungkin dilaminasi silang untuk membentuk lantai rekayasa untuk stabilitas dimensi yang ditingkatkan bahkan di bawah beban berat. Strip lantai bambu biasanya digiling menjadi ukuran standar dan konfigurasi seperti lidah-dan-alur, dan tersedia pra-selesai atau belum selesai.

Bambu yang dipasang memberikan estetika alami dan daya tarik visual tingkat tinggi yang sebanding dengan kayu keras konvensional. Untuk memperkaya warna, bambu dapat mengalami proses karbonisasi di mana strip mentah dikukus pada suhu yang sangat tinggi untuk mengubah komposisi gula dan pati, mengubah warna bahan. Durasi proses pengukusan menentukan kedalaman naungan akhir.

Kelebihan Lantai Bambu

Saat memilih dekorasi lantai bambu untuk rumah Anda, selain estetika visual kayu, Perlu juga mengetahui kelebihan dan kelemahan materialnya. Salah satu keuntungan terbesar dari lantai tersebut adalah pemasangannya yang mudah.

Baca Juga:  Perawatan Lantai Vinyl Agar tetap Awet dan Tahan Lama
Desain lantai bambu
Lantai bambu membuat ruangan menjadi eksotik

Karena kayu dianggap sebagai salah satu spesies eksotis, Anda dapat menemukan lantai pra-dicat di pasaran yang menghemat banyak waktu dan tenaga selama pemasangan. Selain itu lantai bambu dapat dipasang pada permukaan yang relatif kasar sementara jenis lantai kayu lainnya memerlukan persiapan awal.

  • Daya tahan luar biasa. Bambu sangat menguntungkan dibandingkan dengan kayu keras konvensional yang biasanya digunakan dalam aplikasi lantai. Spesifikasi pabrikan umumnya menyatakan bahwa lantai harus bertahan minimal 30 tahun hingga 50 tahun untuk dianggap sebagai produk “seumur hidup”. Dalam hal itu, bambu setara atau lebih unggul dari alternatif lantai kayu lainnya. Bambu memiliki kekerasan mulai dari 1130 hingga 1640 pada skala Janka-Ball, standar industri untuk daya tahan kayu peringkat. Ini menempatkannya jauh di atas pinus dan maple dalam kekerasan dan daya tahan dan kira-kira sama dengan ek merah, pilihan yang sangat umum untuk lantai kayu keras. Juga pertimbangkan fakta bahwa bambu semakin menjadi pilihan yang disukai dalam pengaturan komersial dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi dan berpotensi tinggi untuk keausan dan kerusakan lainnya.
  • Murah dan Ekonomis. Bambu umumnya lebih murah daripada kebanyakan kayu keras, domestik atau asing. Di tingkat konsumen, harga bambu per kaki persegi berkisar dari $ 1,50 hingga $ 7,00.
  • Perawatan dan pembersihan mudah. Tidak seperti kayu keras eksotis, bambu tidak memaksakan persyaratan perawatan yang unik atau luar biasa. Pembersihan yang tepat juga tidak memerlukan aplikasi larutan pembersih yang keras atau tidak konvensional atau zat khusus lainnya. Penyapuan rutin dan / atau menyedot debu untuk menghilangkan pasir permukaan yang bisa membuat permukaan menjadi tumpul adalah prosedur standar untuk setiap lantai kayu keras, termasuk bambu. Mengepel basah mingguan dengan air juga dianjurkan. Bila diperlukan, produk pembersih DIY terbaik adalah sesederhana solusi ringan alami 1/4 cangkir cuka dicampur dengan satu liter air hangat.
  • Tekstur Menarik. Rona pirang alami bambu netral dan dengan demikian selaras dengan dekorasi dalam ruangan atau skema warna. Pengamplasan, pewarnaan, dan penyegelan lantai bambu yang solid untuk mendapatkan warna yang lebih gelap, jika diinginkan, adalah prosedur langsung menggunakan metode pemolesan standar yang menghasilkan hasil warna yang dapat diprediksi dan stabil.
  • Ramah Lingkungan. Sebagian besar kayu untuk lantai berasal dari tegakan pohon tua yang mungkin berusia 50 tahun atau lebih. Mengisi kembali hutan yang ditebang ini bisa memakan waktu hingga setengah abad. Namun, karena bambu tumbuh jauh lebih cepat, sebagian besar dipanen ketika tanaman mencapai kematangan hanya 5 hingga 6 tahun, menjadikannya sumber bahan lantai “hijau” yang dapat diperbarui dengan cepat. Karena memotong bambu tidak membunuh akar tanaman, area yang dipotong pulih dengan cepat dan tumbuh kembali berlimpah. Peningkatan ketergantungan pada bambu membantu melestarikan hutan kayu keras yang tumbuh lambat.
Baca Juga:  Memilih Wallpaper Dinding, Panduan Memilih Wallpaper yang Tepat
Corak Bambu
Bambu Bisa difinishing dengan beragam warna

 

Kelemahan Bambu

Kelemahan dari dekorasi lantai bambu adalah kenyataan bahwa beberapa jenis tidak dapat diampelas karena merusak penampilannya selama bertahun-tahun. Sejauh menyangkut pemeliharaan, lantai tersebut harus diperlakukan seperti lantai kayu keras lainnya. Anda harus berhati-hati untuk tingkat kelembaban di ruangan, dan benda-benda kecil seperti batu, harus segera dibersihkan karena akan menggores permukaan.

  • Noda dan perubahan warna. Seperti halnya kayu lainnya, tumpahan zat tertentu yang tidak segera dibuang dapat menodai lantai. Warna bambu yang netral secara alami juga dapat berubah warna di area jika paparan cahaya terhalang oleh objek tertentu untuk periode waktu yang lama. Merupakan ide bagus untuk secara berkala menempatkan kembali setiap tikar, melempar permadani atau barang-barang lainnya untuk memungkinkan pencahayaan yang konsisten dan sinar matahari di seluruh lantai dan menghindari penggelapan di bawah benda-benda ini. Selain itu, penggunaan pembersih yang tidak disetujui atau bahan kimia lainnya dapat menyebabkan perubahan warna.
  • Paparan air. Kebanyakan orang menyadari bahwa lantai kayu jenis apa pun pada umumnya tidak ideal untuk kamar yang sering basah atau sangat lembab. Seperti kayu, bambu dapat membengkak dan / atau kehilangan kekerasan karena paparan kelembaban yang kronis. Sementara bambu yang ditreatment dengan benar sebenarnya sedikit lebih tahan air daripada kebanyakan kayu keras, gunakan di kamar mandi yang sangat lembab di mana kaki basah dan percikan juga meninggalkan genangan air di lantai mungkin bermasalah. Memilih bambu untuk instalasi kamar mandi membutuhkan pertimbangan yang cermat sebelumnya dan perawatan pencegahan ekstra sesudahnya. Percikan dan genangan air harus dihindari sedapat mungkin dan bersihkan ASAP. Bambu yang dipasang di kamar mandi harus disegel di kedua sisi dengan sealant kedap air khusus. Karena paparan uap air lebih insidental dan sporadis di dapur, lantai bambu sering dan berhasil digunakan di lingkungan ini, mengingat peringatan pencegahan yang sama dan perawatan berkelanjutan yang direkomendasikan untuk lantai kayu keras dalam penggunaan yang sama.

Harga Lantai Bambu

Harga lantai ini mendekati harga lantai kayu keras lain seperti merbau dan bengkirai. Salah satu komponen harga yang cukup mencolok adalah treatment dan proses pengerjaannya yang lebih banyak dibanding lantai kayu biasa.

Baca Juga:  Metode Vakum Tekan untuk Pengawetan Kayu Skala Industri

Dipasaran harga lantai bambu berkisar antara Rp. 300.000 – Rp. 400.000 unfinish untuk harga yang sudah tercoating UV biasanya harganya lebih mahal Rp. 100.000-125.000.

 

Kata Kunci:

harga bambu kayu,harga kayu bambu,lantai bambu

Komentar

comments

Tags
harga lantai bambu kelebihan lantai bambu kelemahan lantai bambu lantai bambu motif lantai bambu proses pembuatan lantai bambu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker