InteriorTips & Trik

Kamar Mandi Berdiri, Solusi Modern Untuk Kamar Kos.

Kamar mandi berdiri merupakan salah satu alternatif untuk efisiensi ruang disamping memberikan citra modern dan minimalis untuk desain interior rumah dan hunian, sangat tepat untuk rumah dan hunian yang sempit dan kamar kos dengan kamar mandi dalam.

Citra modern dan minimalis dapat dibangun dengan hanya memberikan elemen dasar kamar mandi seperti: kaca, gantungan handuk, dan tempat untuk peralatan mandi. Sementara untuk bak air dapat diganti dengan shower, karena bak air kamar mandi cukup mengurangi luas ruang. Sehingga dalam ruang yang kecil hal tersebut tidak efisien.

Tipe kamar mandi berdiri memang jarang diaplikasikan oleh masyarakat umum dan pengembang perumahan. Hal tersebut dimungkinkan karena masyarakat umum menggunakan kamar mandi untuk berbagai keperluan seperti mencuci baju misalnya, sering dijumpai juga dikombinasikan dengan toilet.

Baca Juga:  Tips Membersihkan Lem dari Permukaan Kayu

Untuk membangun sebuah konstruksi kamar mandi berdiri pun juga tidak terlalu rumit. Dan bahkan dapat menghemat material bangunan, sehingga budget dapat dialokasikan untuk hal lain.

ruang-kamar-mandi-berdiri-simpel
kamar-mandi-berdiri

Perlu diperhatikan untuk membangun kamar mandi berdiri adalah letak dan ukuran. Dimana sebaiknya letaknya sesuai dengan rencana drainase bangunan agar memudahkan air limbah tersalurkan dan menghemat biaya material pipa.

Ukuran kamar mandi berdiri pun cukup menghemat ruang bangunan dengan kisaran 1,2m2-1,5m2 untuk satu ruang kamar mandi berdiri.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah penempatan tangki air untuk shower, dapat diusahakan dengan menaruh tangki air tepat diatas ruang kamar mandi berdiri. Sementara material dinding dan lantai dapat menggunakan keramik dengan motif yang menarik atau polos untuk memberi kesan lapang pada ruangan.

Baca Juga:  Problematika Ruang Dalam Desain Interior dan Solusinya

Untuk memberikan kesan mewah dapat menggunakan kaca tebal untuk satu bidang dinding, kemudian memasang kerai plastik sebagai  penghalang pandangan. Dapat juga diganti menggunakan kaca bermotif yang didesain sesuai dengan tema yang dipilih untuk menghalangi pandangan.

Pada akhirnya, kamar mandi berdiri adalah sebuah solusi alternatif untuk pemanfaatan ruang kecil disamping memberikan citra modern dan minimalis untuk kamar kos maupun hunian.

Komentar

comments

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker