Pertukangan KayuTips & Trik

Memilih Dinamo untuk Table Saw

Memilih Dinamo untuk Table Saw. Table saw merupakan mesin kerja kayu yang sangat penting karena digunakan untuk memotong dan mengiris kayu dengan presisi. Salah satu komponen penting dari table saw adalah dinamo atau motor penggerak.

Saat ini ada dua jenis motor penggerak table saw yang umum beredar dipasaran ada yang menggunakan sistem direct (langsung as motor menyambung dengan as mata gergaji) misalnya merek table saw portable bosch, stanley, dan makita. Adapula yang menggunakan sisten in-direct dengan dinamo yang terpisah dari as mata gergaji, untuk menggerakkan mata gergaji maka dibutuhkan fan belt atau pita yang menghubungkan dinamo dengan mata gergaji.

Table saw dengan sistem fan belt mudah diganti-ganti dinamonya karena sistemnya terpisah, jika terjadi kerusakan dinamo langsung bisa diganti dengan cadangannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih dinamo sebagai motor penggerak table saw. diantaranya:

  • Daya (Horse power), umumnya tablesaw untuk pekerjaan ringan baik workshop maupun hobi mempunyai daya antara 1,5 Hp – 2 HP. 1 Hp setara dengan kekuatan listrik 750 watt, jadi jika kita menggunakan dinamo 2 hp maka listrik yang dikonsumsi 1500 watt/hour. table saw umumnya bisa bekerja efektif dengan daya 1,5-3 hp.
  • 1 Phase dan 3 Phase, Dinamo yang beredar dipasaran jika mempunyai daya diatas 3 HP biasanya memakai listrik 3 phase (bedakan antara HP dan PHASE). Untuk table saw skala industri dengan beban kerja yang berat dan kontinyu biasanya menggunakan daya antara 5HP-7HP dengan sistem 3 phase . umumnya listrik rumah tangga atau workshop kecil menggunakan 1 phase, sehingga harus diperhatikan saat hendak membeli dinamo table saw.
Baca Juga:  Paku Tembak, Panduan Membeli Mesin Paku Tembak

Demikian sedikit gambaran mengenai Memilih Dinamo untuk Table Saw, semoga bermanfaat.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami